(Dharmadesana Dharmaraja Buddha Hidup Lian Sheng Pada Upacara Musim
Semi Avalokitesvara Bodhisattva dan Transmisi Sadhana Dhumapuja di
Vihara Ling Shen Ching Tze Seattle Tanggal 16 Februari 2008)
Sembah
sujud kepada Y.M. Liaoming, Guru Sakya Zhenggong, Gyalwa Karmapa XVI,
Guru Thubten Dhargye, sembah sujud pada Triratna mandala.
Acarya
pemimpin upacara, Gurudhara, para acarya, para lama, dharmacarya,
pandita dharmadhuta, pandita lokapalasraya, para umat, para umat yang
menyaksikan lewat internet dan para tamu undangan yang terhormat, salam
sejahtera. (tepuk tangan hadirin). Terlebih dahulu saya akan menjawab
pertanyaan yang barusan diajukan oleh Ketua Sun, sebenarnya Beliau tidak
mengatakan apapun, tapi, Beliau sedang mendoakan kita semua. Meskipun
kita tinggal di Amerika, namun kita peduli pada Seattle, peduli pada
Taiwan, juga peduli kepada umat manusia di seluruh dunia. Saya punya
Rompi Naga yang berwarna biru, ada juga yang hijau ; Pemilihan presiden
di Taiwan mengandung pertentangan antara kubu biru dan kubu hijau,
Ketua Sun termasuk kubu biru, sedangkan di Seattle ada juga yang hijau,
sehingga saya tidak dapat memakai yang berwarna biru maupun hijau,
jadi saya hanya bisa memakai yang berwarna hitam putih. (tepuk tangan
dan tawa hadirin). Di antara umat sekalian ada yang hijau dan ada yang
biru, tapi kita tidak membeda bedakan status, begitu Anda meninggalkan
kampung halaman, Anda harus tetap peduli pada kampung halaman Anda.
Kita tetap harus peduli pada Taiwan, peduli pada tempat kelahiran kita,
juga harus peduli pada Seattle, kelak kita harus bersiap melakukan
yang terbaik terhadap kampung halaman kita di Taiwan, juga harus
membalas budi jasa masyarakat Seattle. (tepuk tangan hadirin) Kita
tidak membicarakan masalah politik, tapi kita membantu orang yang
berbakat, Buddha memandang semua makhluk adalah sama, tidak peduli
mereka termasuk warna apa, kelak siapapun yang menjadi presiden, yang
memiliki kemampuan boleh menjadi presiden, yang mampu memimpin negara
ini dengan baik boleh menjadi presiden. Seperti ketua Sun, dia dapat
mengatur beberapa hal dengan baik, maka dia bisa menjadi seorang ketua.
Jadi, dalam berbagai hal kita memilih orang yang memiliki kemampuan,
memilih demi negara. Amerika juga sedang mengadakan pemilihan, demikian
juga kita dengan sekuat tenaga berusaha membaktikan diri kepada umat.
Ini adalah hal pertama yang ingin saya bicarakan.
Hal ke
dua, adalah "cinta" yang telah dibicarakan oleh Acarya Lian Bao, cinta
itu "tiada □". Dia mengatakan □, □ harus disingkirkan, tiada, cinta itu
tiada, pada hakekatnya tiada yang namanya cinta. Barusan yang
dikatakannya bagus sekali, cinta ego yang berubah menjadi cinta
universal. Sebenarnya cinta universal adalah sama sekali tiada cinta,
maka disebut cinta universal, sama sekali tidak ada kata cinta, Anda
hanya melakukan segala sesuatu dengan sepenuh hati berdasarkan hati
nurani, dengan demikian masih ada cinta yang bagaimana lagi? Sebenarnya
Mahaguru juga pernah berpikir, saya mengatakan pada Acarya Lian Bao,
saya tidak usah jadi Mahaguru lagi, saya ingin jadi Lian Bao. Tapi Lian
Bao bisa, Mahaguru tidak bisa. Karena Lian Bao ada cinta besar dan
cinta kecil, cinta tua dan cinta muda, semuanya Beliau ada, hal ini
bisa menyebabkan semakin jauh dengan Buddha dan malah semakin dekat
dengan bayi. Anda sekalian juga tahu, bahwa Lian Bao yang berusia
60-an, istrinya 20-an, barusan melahirkan seorang bayi, menurut Anda
bukankah ini semakin jauh dengan Buddha? Tapi masih mending, paras
bayinya sangat bagus, semoga kelak dia dapat menjadi seorang biksu,
semoga bayi ini di masa yang akan datang dapat menghadap Mahaguru. Saat
dia dewasa nanti, saya tidak tahu sudah umur berapa, bagaimanapun juga
saat itu saya akan memaksakan diri mengupasamapada Anda, dengan
demikian barulah dekat dengan Buddha. (tawa Mahaguru)
Sekarang
kita membicarakan Gurudhara, Gurudhara mengatakan bahwa di tahun baru
ini mendoakan semuanya beruntung, di tahun tikus ini keberuntungan
besar datang, "tikus" adalah "jumlah" (dalam lafal mandarin keduanya
sama sama dilafalkan "shu"), menghitung uang sampai tangan menjadi
kram, tidur sampai bangun dengan sendirinya. Ini adalah sebuah restu.
Kemarin Chen Chuan-fang menceritakan sebuah lelucon kepada saya, Beliau
mengatakan bahwa di dunia ini semua orang sedang berbohong, tiada yang
mengucapkan kebenaran. Semua orang tahu bahwa uang itu tidak dibawa
lahir dan tidak dibawa mati. Di mulut demikian, tapi kenyataannya,
cinta mati terhadap uang. Semua juga tahu bahwa bermain saham adalah
tidak baik, tapi, dia masih saja ingin bermain saham, kemudian menjadi
"kepiting besar", dipenjara . Dia juga mengatakan, sudah tahu bahwa
wanita adalah air bencana, mulutnya mengatakan wanita adalah air
bencana, tapi begitu yang satu lewat, masih jatuh cinta pada yang lain.
Cinta satu, cinta dua, cinta tiga, cinta empat, demikian seterusnya.
Anda lihat, yang dikatakan semua itu bohong! Wanita adalah air bencana,
masih saja dicintai! Masih juga mencintai harta! Begitu pentingnya,
semua orang bisa mengatakan bahwa Sukhavati adalah yang paling baik,
surga yang paling baik, tapi tiada yang mau kesana. (Mahaguru tertawa)
harta tidak dibawa lahir maupun mati, selama cukup itu sudah baik,
malahan semua orang mati-matian mencintainya. Ingin mengeruk uang,
semakin banyak semakin baik, sudah pasti tidak cukup. Demikian juga
dengan seks. Ketua Sun mengatakan dia ada rematik di kaki, begitu ia
membicarakan seks, langsung mengatakan kenapa bukan saya? (Mahaguru
tertawa) hari ini istrimu pasti tidak datang. Mengenai Xiao Song, saya
tahu yang dibicarakannya adalah Song Xian-zhi, cerita masa lalunya,
sangat romantis. Sungguh, bisa menyebabkan semakin jauh dengan Buddha.
SADHANA DHUMAPUJA DAPAT MENYINGKIRKAN RINTANGAN YANG NAMPAK MAUPUN TIDAK NAMPAK
Hari
ini saya hendak mewariskan sadhana Dhumapuja, bila hendak membicarakan
Dhumapuja secara ringkas, saya dapat menyelesaikannya dengan cepat ;
Bila ingin menjelaskan Dhumapuja secara detail, mungkin perlu beberapa
jam, pasti tidak habis dibicarakan. Sebentar lagi masih ada lelang,
masih banyak acara lainnya! Jadi bagaimana bisa selesai diterangkan.
Saya
beritahu Anda, sadhaka mempunyai rintangan, orang awam-pun juga ada
rintangan. Ketua Sun barusan mengatakan mengenai keinginan yang terkabul
; Bila ingin keinginanya terkabul, hendaknya bersadhana Dhumapuja.
Bila tidak melakukan Dhumapuja, bisnis yang tadinya akan berhasil,
tiba-tiba bisa menjadi habis. Perkawinan yang akan diadakan, gagal
seketika. Tadinya akan menjadi presiden, tiba-tiba gagal. Semua ada
rintangan, rintangan ini berasal dari mana? Ada yang berasal dari
perselisihan antar sesama, dari yang tak kelihatan juga ada, bahkan
kekuatan yang tak kelihatan sangat dahsyat. Karena manusia berada dalam
kendali dan pengaruh kekuatan yang tak kelihatan di alam semesta ini,
segalanya, kehidupan lampau Anda, semua jodoh Anda, semua penagih
utang, yang kelihatan maupun tidak, semua ada. Bila Anda ingin
menyingkirkan rintangan yang kelihatan maupun tak kelihatan, Anda harus
melakukan Dhumapuja. Untuk melakukan Dhumapuja terlebih dahulu harus
ada tungku Dhumapuja, (Mahaguru mengangkat tungku Dhumapuja) ini adalah
tungku Dhumapuja, yang digunakan untuk latihan pribadi ; Bila Anda
ingin melakukannya bersama, bisa menggunakan mangkuk, hiolo tidur juga
bisa dipakai, disesuaikan dengan bahan yang kita gunakan untuk
Dhumapuja. Ini adalah tungku Dhumapuja yang digunakan dalam Tantrayana,
ini bisa dibuka, bahan perembahan Dhumapuja bisa diletakkan di dalam,
setelah dinyalakan, asapnya dapat keluar melalui lubang ini. Setelah
asapnya keluar, perlahan Anda menjapa mantra, bervisualisasi, melakukan
sesuai dengan tatacara.
Kemana asap ini akan pergi?
Pertama, bila Anda ingin mempersembahkan pada Buddha dan Bodhisattva,
adalah pada jam lima sampai sembilan pagi. Bila sore hari melakukannya
adalah persembahan untuk arwah penagih utang. Ada waktunya sendiri.
Dalam Tantrayana ada ketentuan bahwa di dalamnya harus ada beberapa
macam bahan, pertama adalah bubuk cendana, kedua adalah tepung terigu
yang sudah disangrai tanpa minyak. Bisa ditambah sedikit bubuk susu,
tepung beras bulu, tepung kacang tanah, dan tepung yang dibuat dari
lima macam biji-bijian. Ketiga adalah gula merah dan gula putih yang
dicampur. Keempat adalah potongan kecil kain merah, putih, biru, hijau,
dan kuning, yang digunting-gunting menjadi bentuk segiempat. Kelima
adalah benda yang mudah terbakar atau batang dupa, digunakan untuk
menyalakan api. Barang persembahan yang paling sederhana adalah tepung,
gandum, tepung beras, mentega, dan susu. Susu dan mentega ini sedikit
saja sudah cukup, dicampur, setelah dikeringkan bisa dibakar. Tungku
Dhumapuja seperti ini, buatlah biskuit yang berbentuk bundar. Bila
menggunakan dupa horizontal, maka buatlah biskuit yang panjang. Saat
kita membuat barang persembahan Dhumapuja ini, kita harus menjapa "OM
AH HUM". OM adalah mengubahnya menjadi sebesar alam semesta. AH adalah
menyucikan persembahan, HUM adalah menambahkan rasa Dharmanya. Juga
harus menjapa "RANG YANG KANG", RANG adalah api yang berkobar, YANG
adalah angin yang meniup asap, Kang adalah memenuhi angkasa. Saat
melakukan ini, menjapa "RANG YANG KANG . OM AH HUM". Saat memberikan
persembahan, membentuk mudra garuda, yang bermakna bahwa asap ini
terbang ke berbagai penjuru alam semesta. Bila Dhumapuja diperuntukkan
bagi Buddha, kita letakkan di hadapan altar. Bila diperuntukkan bagi
arwah penagih utang atau makhluk halus yang merintangi Anda, maka
diletakkan di ruang terbuka, harus di tempat yang ada sirkulasi
udaranya, barulah asapnya bisa keluar. Bila Anda melakukanya di altar,
jendela harus dibuka. Di teras anginnya lebih lancar, supaya asap bisa
terbang ke angkasa. Sama seperti biasa, kita harus melakukan tujuh
tahap dalam Tantrayana, sama seperti saat kita memulai sadhana, yaitu
mahanamaskara, mahapuja, catursarana, perisai perlindungan diri,
sataksara, catur brahmavihara. Catur brahmavihara adalah semoga semua
makhluk memperoleh kebahagiaan dan benih kebahagiaan, semoga semua
makhluk terbebas dari dukha dan benih dukha, semoga semua makhluk
selalu bersukacita, semoga semua makhluk bebas dari rasa suka dan
benci, memiliki keseimbangan batin. Ini disebut juga maitri, karuna,
mudita, dan upeksha. Setelah menyelesaikan tujuh tahap, Anda berubah
menjadi yidam, yidam Dhumapuja adalah Avalokitesvara Berlengan Empat,
yaitu yidam sadhana kita hari ini. Mantra dari Avalokitesvara Berlengan
Empat adalah "OM MANI PADME HUM XIE". XIE adalah bijaksara-Nya. Saat
Anda telah menyelesaikan tujuh tahap, dan ketika asap telah naik, Anda
harus melakukannya sambil bervisualisasi. Bila Anda melakukannya di
hadapan Buddha, maka Anda menghadap Buddha, bila Anda melakukannya di
teras, maka Anda menghadap teras.
Begitu Dhumapuja
dilakukan, Anda bervisualisasi yidam, cakra candra di angkasa, muncul
bijaksara XIE, kemudian berubah menjadi Avalokitesvara Berlengan Empat,
di hati Anda memancarkan bijaksara HUM biru keluar, berubah menjadi
kaitan, mengait Avalokitesvara Berlengan Empat masuk ke hati Anda, saat
itu Anda berubah menjadi Avalokitesvara Berlengan Empat. Saat Anda
telah menyelesaikan tujuh tahap, mulai bervisualisasi cakra candra di
angkasa, bijaksara XIE, berubah menjadi Avalokitesvara Berlengan Empat,
Avalokitesvara di angkasa, kemudian bijaksara HUM di hati Anda
memancarkan cahaya biru, mengundang Avalokitesvara Berlengan Empat ke
puncak kepala Anda, duduk di atas teratai hati Anda, kemudian perlahan
Avalokitesvara Berlengan Empat membesar seukuran tubuh Anda, dalam
sekejap, Anda berubah menjadi Avalokitesvara Berlengan Empat. Setelah
Anda berubah menjadi Avalokitesvara Berlengan Empat, bervisualisasi
kesunyataan, mantra visualisasi kesunyataan adalah "OM SIBAWA SUDA
SARWA DARMA SIBAWA SUDUO HANG" bervisualisasi semuanya berubah menjadi
angkasa. Anda adalah Avalokitesvara, kemudian mengokohkan diri sendiri,
menjapa "OM MANI PADME HUM" 108 kali.
Saat Anda
bervisualisasi seluruh angkasa adalah sunya, asap yang muncul dari
tungku ini juga meluas seperti angkasa, asap yang keluar berubah
menjadi pakaian yang sangat indah, makanan minuman, peralatan, rumah,
mobil, kulkas, peralatan elektronik, semua benda keperluan sehari-hari
muncul dalam visualisasi Anda. Makanan memenuhi alam semesta, semua
peralatan memenuhi semesta, semua pakaian indah memenuhi alam semesta,
berubah menjadi lima persembahan yang menakjubkan. Anda juga bisa
memvisualisasikannya berubah menjadi ratnamanikam yang memenuhi angkasa,
saat ini visualisasi Anda adalah mempersembahkan seluruh asap kepada
para makhluk halus dan arwah penagih utang yang menghalangi. Mereka
semua akan menyingkir setelah memperoleh persembahan dari Anda. Yang
memiliki ikatan jodoh tidak baik dengan Anda, karena menerima
persembahan Anda, mereka akan menyingkir dan tidak lagi merintangi semua
permohonan Anda. Maka, penyebab permohonan bisa terkabul adalah karena
Anda telah memberi persembahan kepada penagih utang yang tidak
kelihatan. Yang kelihatan pun juga dapat menerima pengaruh dari
Dhumapuja. Saat ini, Anda harus menjentikkan jari 7 kali, setelah mereka
menerima persembahan Anda, Anda harus menjapa mantra, yaitu "OM
ABULADI BULAYA SUOHA." 7 kali. Saat menjapa 7 kali, sambil menjentikkan
jari 7 kali. "OM ABULADI BULAYA SUOHA." Menjentikkan jari sekali, "OM
ABULADI BULAYA SUOHA." Menjentikkan jari sekali, total menjentikkan
jari 7 kali.
Kemudian bagaimana syair persembahan? Yaitu
mengucapkan "Seluruh Dhumapuja dari pancaguna. Dipersembahkan kepada
Para Buddha, Bodhisattva, Vajra Dharmapala, Dakini, dan Para Dewa."
Saat di altar memberikan persembahan kepada Buddha dan Bodhisattva
harus mengucapkannya. Bila persembahan bagi penagih utang, maka
mengucapkan "Mempersembahkan kepada Dewaraja Aharagandha Madhuka, Raja
Kinnara dan kerabatnya. Raja Aharagandha Pancajati dan rakyatnya. Raja
Naga, Putri Naga, dan para kerabatnya. Dewa Gunung, Dewa Air, Dewa
Sungai dan Laut. Mempersembahkan pada semua bardo, pada semua makhluk
yang menderita, semoga mereka semua terpuaskan dengan sempurna, semoga
para bardo terbebas dari ketakutan. Semoga memperoleh sambhogakaya
Buddha yang sempurna, semoga segera merealisasikan pencerahan,
menjalankannya dengan perlindungan, mampu merelakan, tiada cacat dan
terlahir di alam kebajikan. Semoga menjalankan Anuttara Saddharma."
"Semoga dengan kekuatan pahala yang kulakukan, menyingkirkan semua
rintangan dan ombak catur mahadhuka, semoga menyelamatkan semua
makhluk." Terakhir adalah menjapa Sataksara 3 kali, ini untuk menambal
kekurangan dalam sadhana. Saya telah membaca buku tatacara Dhumapuja
dengan cepat, selesai dengan cepat. (tepuk tangan pendengar)
DHUMAPUJA KE ATAS MEMPERSEMBAHKAN KEPADA BUDDHA
KE BAWAH MEMPERSEMBAHKAN KEPADA PENAGIH UTANG
Kita
tahu dalam Tantrayana sering melakukan homa, begitu homa dimulai,
mobil pemadam kebakaran langsung datang. Di Amerika, Anda melakukan
homa juga sama, segera ada yang melaporkan, mobil pemadam kebakaran
langsung datang. Sama halnya bila Anda melakukan homa di dalam kota,
asapnya terlalu besar. Maka Dhumapuja paling baik! Cocok untuk
dilakukan perorangan, juga cocok untuk dilakukan secara berkelompok.
Kenapa mengajarkan Anda Dhumapuja? Karena waktu lalu saya kembali
Taiwan, sampai di Cetya Hualian dan Cetya Donghai, siswa di Donghai
bertanya kepada Mahaguru, kenapa tidak mentransmisikan Dhumapuja,
Dhumapuja bisa dilakukan siapa saja. Sedangkan peralatan homa sangat
banyak, apalagi begitu dibakar, mobil pemadam kebakaran langsung
datang, para pemadam kebakaran juga datang, sangat sulit melakukan
homa. Dia memohon untuk mewariskan Dhumapuja, ini adalah sebab dari
transmisi Dhumapuja. Adalah dari permohonan siswa di Cetya Donghai.
Anda
harus ingat mudranya, yaitu Mudra Garuda. Adinatanya adalah
Avalokitesvara Berlengan Empat, sadhananya sangat ringkas, tapi Anda
harus ingat bahan persembahan yang dipersembahkan harus lengkap.
Misalnya, kain lima warna adalah simbol bahwa penagih utang mengambil
semua pakaian indah Anda, kemudian dipakai dengan anggun, sangat
cantik, kain lima warna harus ada. Dupa, harus ada bubuk cendana.
Persembahan makanan harus ada bubuk lima macam biji-bijian. Mengapa
menggunakan gula merah dan gula putih? Supaya semua penagih utang bisa
makan rasa manis (memperoleh keuntungan), setelah dia melahap rasa
manis maka hilanglah hawa dendamnya.
Kenapa karir Anda
tidak lancar? Kenapa suami istri tidak rukun? Kenapa tidak memiliki
reputasi? Kenapa bisnisnya tidak baik? Ini berasal dari rintangan yang
kelihatan maupun tidak. Anda melakukan dhumapuja supaya puas pangan,
sandang, papan, dan transportasi. Bagaimana dengan transportasi?
Mahaguru ajari kalian, bisa membuat sebuah miniatur Ferrari dari
kertas, saat ini Ferrari paling mahal, Ferrari juga dibakar. Bagaimana
dengan rumah? Bisa memvisualisasikannya dengan jelas, maka akan muncul.
Lima kain divisualisasikan menjadi pakaian yang indah. Sedangkan
makanan semua sudah ada.
Persembahan kepada Buddha adalah
pagi jam lima sampai sembilan. Persembahan kepada para makhluk halus
adalah jam lima sore sampai jam sembilan malam, semua harus dilakukan
di tempat yang ada sirkulasi udaranya, supaya asap bisa tertiup dengan
perlahan, kemudian Anda terus bersadhana, namaskara, mahapuja,
catursarana, caturbrahmavihara, perisai perlindungan diri, melakukannya
sesuai dengan tata cara. Mengucapkan Caturbrahmavihara adalah
memberikan mereka kebahagiaan, mengurangi penderitaan mereka, supaya
mereka bersuka cita menerima persembahan. Semua benda milik saya adalah
dipersembahkan utnuk memuaskan mereka, ini termasuk maitri karuna
mudita dan upeksha. Yang paling penting adalah bijaksara Chuli,
visualisasi diri sendiri berubah menjadi Avalokitesvara Berlengan
Empat, kemudian berdana. Peralatan ini sangat kecil, tapi Anda harus
memvisualisasikannya membesar seperti alam semesta. Begitu asap muncul,
langsung berubah menjadi barang yang paling indah untuk dipersembahkan
kepada mereka, seperti ratnamanikam, semua memenuhi alam semesta, saat
ini Anda harus membentuk mudra garuda. Mantranya ada dua versi, mohon
Anda dengarkan, "OM ABULADI PULAYA SUOHA" adalah lafal Tibetan, "OM
ABULADI BULAYA SUOHA" adalah lafal mandarin. Singkat kata, mantra ada
dua, asalnya ada dua, saya tidak bisa mengatakan mana yang benar dan
mana yang salah. "OM ABULADI BULAYA SUOHA" atau "OM ABULADI PULAYA
SUOHA" kemudian menjentik 7 kali, 7 kali adalah sempurna, memuaskan
semua penagih utang.
Saya bicarakan mengenai pewarisan
sadhana Vajrakila Kalacakra di Malaysia kemarin, saya rasa saat itu
saya mengucapkan satu patah kata yang keliru, karena pemanasan global,
saya mengangkat vajrakila dan mengatakan "pemanasan global di dunia,
memohon pada Kalacakra supaya menarik matahari sedikit menjauh."
Akhirnya kesulitan pun datang, Acarya Changren dari Lotus Light Charity
Society Hongkong mengabarkan mengenai badai salju pertama di lima
tahun terakhir ini. Amerika juga ada badai salju, dimana mana ada badai
salju! Saya mengatakan dunia sedang dilanda pemanasan global, semua
perwkilan Negara-negara mengadakan KTT di Bali, membicarakan bagaimana
mengatasi pemanasan global, disana berjemur, membaca buku, minum kopi,
main, rapat sampai berhari-hari, sudah mengeluarkan banyak uang.
Akhirnya hanyalah belum ada kesepakatan. Mahaguru hanya mengangkat
vajrakila, supaya matahari lebih jauh sedikit dari bumi, supaya tidak
terlalu dekat, bila terlalu jauh, samudera pun akan membeku. Saya
mengambil Vajrakila dan mengatakan supaya matahari lebih menjauh
sedikit.
Melakukan dhumapuja ada manfaatnya, Mahaguru juga
melakukan dhumapuja, berbagai kejadian saya sudah menemuinya, masalah
apapun saya mampu menyelesaikannya, sama sekali tidak ada masalah.
Apakah kegagalan Mahaguru banyak sekali? Banyak! Banyak sekali
kegagalan. Namun sampai sekarang apakah ada masalah? Tidak ! Kenapa?
Dhumapuja! Dhumapuja bisa mengubah yang semula bermasalah menjadi tiada
masalah., bahkan semua masalah akan lewat dengan mengherankan,
jelas-jelas disana ada rintangan yang tidak mungkin terlewati, dia
langsung terbang, terbang seperti mobil 007, terbang melewati rintangan
tersebut. Masuk dan menyelam kedalam laut. Saat tidak bisa kabur, dapat
berubah menjadi asap, Andapun dapat lolos. Siapapun tidak dapat
menemukan Anda. Dia memiliki kekuatan semacam itu.
MAHAGURU HANYA PERLU 11 HARI UNTUK MEMPEROLEH GREEN CARD
Sekarang
bila ingin memperoleh Green Card prosesnya perlu berapa tahun? Tiga
tahun! Saya memperoleh green card dalam 11 hari! Ini adalah kejadian
bertahun-tahun yang lalu. Pengacara saya namanya Henry, dia mengatakan
untuk memperoleh green card paling cepat adalah tiga atau empat bulan.
Saya sebelas hari! Karena melakukan Dhumapuja, garuda terbang membawa
berkas saya, terbang sampai ke sana, kebetulan berkas saya hendak
diletakkan di yang paling bawah, dia terbang sendiri dan berada di yang
paling atas. Petugas imigrasi langsung menuliskan nomor green card, Ok,
beres, cepat sekali. Dengan kondisi setengah sadar, malam itu dia
langsung membawa keluar berkas untuk dikirim, begitu dikirim langsung
terbang kembali dari sana, dengan pos biasa, sebelas hari! (tepuk tangan
hadirin)
Pengacara Henry mengatakan, "Saya tidak
percaya, I don’t think so." Saya menyerahkan bukti green card
kepadanya, dia langsung kaget begitu dia melihatnya, selama ini tidak
pernah demikian, banyak sekali mujizat! Saat ujian kewarganegaraan,
semua dibantu mereka dan yang tidak kelihatan. Petugas imigrasi
menanyakan siapa presiden Amerika? Mana mungkin saya tidak tahu siapa
presiden Amerika? Benar tidak! Anak usia tiga tahun pun tahu dia adalah
Bush. (tawa Mahaguru) saat itu adalah Bush senior, tidak sama dengan
Bush junior, namun sama-sama Bush. Saat itu saya tidak bisa berbahasa
Inggris, saya mengatakan kepada petugas "Buxi". (tawa Mahaguru) Petugas
membetulkan lafalnya "George Bush". Coba lihat! Kemudian, ibukota
Amerika ada di mana? Saya juga tahu, benar tidak! Washington DC. Kita
ada cetya di sana, sekarang sedang dibangun sebuah Vihara Vajragarbha,
yang sampai sekarang belum jadi-jadi. (tawa Mahaguru) Tentu saja saya
tidak mungkin bodoh sampai mengatakan "Philadelphia" Dia melontarkan
beberapa pertanyaan yang sangat easy. Dia tahu saya kurang begitu
mengerti Bahasa Inggris, kemudian akhirnya disuruh menulis satu
kalimat, I Like Amerika. (tawa Mahaguru) satu kalimat ini, saya sudah
latihan selama tiga bulan, bagaimana mungkin saya tidak bisa. Anda
lihat, surat kewarganegaraan pun segera diperoleh.
Yang
merepotkan adalah tiap kali kembali dari luar negeri, saya tidak
mengerti bahasa inggris yang diucapkan oleh petugas imigrasi.
Pertanyaan dari petugas imigrasi kira-kira semua dapat dijawab dengan
"I go to Taiwan, Japan, Malaysia." Kadang dia akan bertanya, Apakah
Anda membawa sepuluh ribu dollar? Ten thousand US dollar. Yang ini saya
masih mengerti, karena mengenai uang. Saya jawab, "No! No!" "You have
fruit?" dia menanyakan buah. "No! No!" "You have gun?" saya jawab "You
have the gun. I no gun" (tawa Mahaguru) "You have but not me", saya
hanya mengucapkan beberapa bahasa inggris yang sederhana kepada petugas
tersebut. Tiap kali akhirnya dia pasti mengatakan "Welcome back!"
"Tok" (suara stempel). Omong-omong saya adalah lulusan universitas,
tapi dulu saya paling tidak suka menghafal kosakata Bahasa Inggris.
Saya lebih suka matematika, ada perubahannya, Bahasa Inggris harus
menghafal, maka saya hanya paham sedikit kosakata. Gurudhara banyak
hafal kosakata. Sampai di Amerika, saya hanya watch TV, study English
and go to tavern. Pernah seorang bartender bertanya, "Are you marry?"
saya jawab, "I am married." Dia langsung mengatakan "No good." (tawa
Mahaguru) sekarang bila mobil rusak saat saya menyetir, saya kendarai
sampai bengkel, "My car is no good." "Where no good?" "I don’t know.
You check everything. Change oil and check everything." "You don’t
know?" "Check everything and change oil." Dia langsung membantu saya.
Hanya mengerti satu kalimat ini saja, saya bisa mengendarai mobil.
Tinggal di hotel, harus reservation. Di bandara saya mengatakan, "I
want the seat number and what time the airplane fly? And what gate? What
time? And my seat number." Hanya perlu mengucapkan tiga kata ini, saya
langsung bisa terbang kemana pun. Saat berada di restoran, saya tidak
mengerti menu yang berbahasa Inggris, saya bisa mengatakan this one,
this one, this one. Saya bisa mengatakan soup, "What kind of soup? What
kind the soup of day? I want this soup."Kemudian memesan makanan, beef,
fish, duck, beberapa macam ini. Bila saya telah memesan sup, maka
tidak ada salad. Bila tidak memesan sup, saya memesan Ceaser Salad.
"What kind of the dressing?" "Range" setiap saat dia selalu bertanya
pada saya mengenai egg, jawaban saya adalah over easy. (tawa Mahaguru)
beef cook, saya bisa mengatakan medium well. Gurudhara mengatakan
supaya mereka bisa mengerti, mulut harus sedikit dimoncongkan, medium
well. (tawa Mahaguru) "What kind of toast?" "White toast." "Wood"
Gurudhara mengatakan wood lebih bergizi, masih ada lagi hash brown.
Demikian cara saya menghafal Bahasa Inggris, "Ba brown haisi" (lafal
haishi dalam mandarin mirip dengan suara hash), bila dibalik artinya
adalah mencelakai brown. (tawa Mahaguru) Maka Bahasa Inggris dalam hal
pangan, sandang, papan, dan transportasi, semua hafal, sebab hidup di
Amerika.
Ada lagi, tiap malam tiba waktunya untuk tidur, I
want sleeping, mengapa saya bisa ingat kata sleeping ? Karena lafalnya
"Sizaipingzili" (mati dalam botol). (tawa Mahaguru) inilah kehidupan
saya di Amerika. Banyak sekali kata dalam menu yang saya hafalkan
dengan cara demikian. Gurudhara mengatakan banana, dia mengetahui lafal
yang mudah bagi saya yaitu "bainainai" (nenek putih), harus ingat
"bainainai" barulah bisa ingat kata banana. Bagaimana bila ingin makan
nanas? "palaopo" (takut istri) Pineapple. Terus terang saya sama sekali
tidak pernah takut kepada Gurudhara, saya katakan pada Anda sekalian,
bahwa Mahaguru adalah satu-satunya orang di dunia yang tidak Pineapple,
di hadapan orang banyak saya mengatakan demikian, mengenai nanti
pulangnya bagaimana, itu urusan nanti.
KITA BERKARYA DEMI SEMUA MAKHLUK DENGAN MENGGUNAKAN KEARIFAN
Membicarakan
mengenai cinta, barusan yang dibicarakan oleh Lian Bao, pasti tiada
yang namanya cinta, sama sekali tiada cinta, kita hanya melakukan segala
sesuatu berdasarkan hati nurani kita, berdasarkan kearifan kita,
inilah seorang sadhaka. Bapak Negara membicarakan mengenai cinta
universal, Yesus mengajarkan mengenai kasih universal, Mahaguru tidak
mengajarkan cinta, Mahaguru hanya mengajarkan supaya kita menggunakan
kearifan untuk berkarya demi semua makhluk.
Bila Anda
melakukan Dhumapuja, semua rintangan dapat dilenyapkan. Mahaguru banyak
rintangan, tapi beberapa rintangan ini dapat disingkirkan karena
melakukan Dhumapuja. Karena arwah penagih utang datang ke hadapan saya
dan menerima persembahan saya, sehingga mereka pergi meninggalkan saya.
Dhumapuja sangatlah penting, yaitu memberikan persembahan kepada para
makhluk halus, para arwah penagih utang, semua rintangan dapat
tersingkirkan. Para Dewata, naga dan delapan bagian kelompok makhluk
datang melindungi. Saya harap Anda sekalian tiada satupun yang
mengalami rintangan dalam melatih diri, setiap orang mempunyai
pencapaian. Tidak peduli apakah Anda adalah perumah tangga ataupun
seorang bhiksu, ataupun Anda ada permohonan, semua boleh melakukan
Dhumapuja. Saya juga berharap masyarakat Seattle, bila Anda
mengharapkan vihara kami memberikan sumbangsih, Anda boleh
mengatakannya kepada kami, kami akan berusaha membantu sekuat tenaga,
misalnya Chinatown perlu sesuatu, asalkan memberitahu kami, sedikit
banyak kita akan berusaha membantu sesuai kemampuan. (tepuk tangan
hadirin).
Inilah poin utamanya, yang utama bagi kita para
sadhaka adalah menjadi manusia yang baik, supaya para arwah penagih
utang mundur, supaya sadhana kita memperoleh keberhasilan. Semoga
semuanya, mujur dan sempurna, pagi mujur, malam mujur, enam waktu
mujur, setiap saat senantiasa mujur.
Om Mani Padme Hum (tepuk tangan hadirin)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar