Sabtu, 17 Desember 2011

♡ Adharmik dan Dharma Sejati ♡「正法」和「邪法」


♡ Adharmik dan Dharma Sejati
♡「正法」和「邪法」

Source : Dharma-raja Liansheng Dharmatalk 12 / 11 / 2011
Translated by Lianhua Ĵυή Shi An

☆ 六祖的 《法寶壇經》,「你們所有的弟子,守護這個經典,傳授這
個經典度眾生」,只要依這個法來講,就叫作「正法」。若不依這個法來講,就是「邪法」。甚麼是「正 法」,甚麼是「邪法」?在人間,才有「正法」和「邪法」,若開悟了,連「正法」和「邪法」都沒有。在這裡,六祖講「凡是出世的法,稱為『正法』;所謂入世的法,稱為『方便法』」,其實,「方便法」,又叫作「邪法」。坦白跟大家講,人間的知識,都屬於「邪法」,唯有出世的法,是屬於「正法」。六祖為什麼跟大家講祂不需要將祖衣再傳了呢?因為所有的弟子統統都明白了「正 法」

Sutra Altar Dharma-ratna dari Patriak Ke Enam (Hui-neng), “Anda sekalian, para siswa, lindungilah (ajaran) sutra ini , sebar luaskan sutra ini untuk menyelamatkan para insan.”

Asalkan berlandaskan pada Dharma ini, maka disebut Satya Dharma (Dharma sejati), , namun jika tidak berlandaskan pada Dharma ini , maka disebut Adharma. Apa itu Satya Dharma dan apa itu Adharma ?

Sesungguhnya hanya di dunia fana ini barulah ada yang namanya Satya Dharma dan Adharma, jika telah tercerahkan , maka bahkan Satya Dharma dan Adharma tidak akan ada lagi.

Di sini, Patriak ke 6 mengatakan, “Dharma lokuttara (non duniawi) disebut Satya Dharma ; Sedangkan dharma lokiya (duniawi) disebut upaya kausalya (sebuah metode yang digunakan sesuai dengan akar pembawaan calon penerima ajaran, supaya dia mampu memahami makna ajaran yang hendak disampaikan.) .”Sesungguhnya, upaya kausalya disebut juga sebagai Adharma (bukan Dharma sejati).

Terus terang , semua pengetahuan dunia fana adalah tergolong adharmik, hanya Dharma lokuttara yang termasuk sebagai Satya Dharma. Kenapa Patriak ke 6 mengatakan bahwa Beliau tidak perlu mewariskan kembali jubah silsilah ? Karena semua siswa telah memahami Satya Dharma.
◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦ 

☆「信根淳熟」──非常有正信的,你們本身統統都是有正念正信的,都有「正法」,「絕對是沒有疑惑的,你們統統都可以傳法」;「堪任大事」──弘法就 是一個偉大的事業,「你們都可以堪任大事」。所以「先祖達摩大師付授偈意,衣不合傳」──六祖說這祖衣不要再傳了。為什麼?傳了就有爭執,五祖時,就因為 傳祖衣,產生了爭執,所以祖衣不應該再傳,傳了反而誤了大事。「你們所有弟子,都可以傳法」。達摩祖師講了一個偈:「吾本來茲土」──我來到中土;「傳法 救迷情」──傳法就是要救大家的,就是要救一些眾生的迷惑;「一華開五葉」── 一朵花開出五片的葉子;「結果自然成」──到了六祖的時候就成了。六祖以後,也一樣,一花開五葉,所謂「法眼宗」、「雲門宗」、「臨濟宗」、「曹洞宗」、 「溈仰宗」,剛好分出「法眼」、「雲門」、「曹洞」、「臨濟」、「溈仰」,剛好是五個宗派,「一華開五葉」就好像預言到了六祖的時候,自然會「一華開五 葉」。

“Keyakinan yang murni dan matang.” Memiliki keyakinan yang sangat lurus, jika Anda memiliki pikiran dan keyakinan yang benar, maka semua mengetahui Satya Dharma, (dengan demikian) tidak diragukan lagi bahwa kalian semua boleh mewariskan Dharma.

“Mengemban tanggung jawab agung.” Membabarkan Dharma adalah sebuah aktivitas yang sangat agung, “Anda sekalian mampu mengemban tanggung jawab agung.” . Oleh karena itu, “Bodhidharma Sang Guru Leluhur menyampaikan makna gatha, jubah tak diwariskan.” , Patriak ke 6 mengatakan jubah silsilah ini tidak lagi diwariskan. Kenapa ? karena jika diwariskan akan ada pertikaian, di masa Patriak ke 5, karena pewarisan jubah silsilah, sehingga timbul pertikaian, maka jubah silsilah tidak lagi diwariskan, jika diwariskan malahan akan mengacaukan aktivitas agung (Pembabaran Dharma Sejati). “Anda sekalian para siswa, semuanya mampu mewariskan Dharma.”

Bodhidharma Sang Guru Leluhur mengucapkan sebuah gatha : “Aku datang di tanah ini.” Saya datang di Tiongkok, “Membabarkan Dharma untuk menolong para insan yang kehilangan arah.” , tujuan pewarisan Dharma adalah untuk menyelamatkan semua, yaitu untuk menyelamatkan para insan dari kegelapan batin.

“Satu bunga mekar berkelopak lima.” Sekuntum bunga berkelopak lima, “Menghasilkan buah dengan alamiah.” Sampai pada Patriak ke 6 dengan alamiah membuahkan hasil. Setelah Patriak ke 6, juga sama, satu bunga mekar lima kelopak, yaitu : Sekte Fa-yen (Hozen ), Sekte Yun-men (Ummon ), Sekte Lin-ji (Rinzai), Sekte

Cao-dong (Soto), Sekte Gui-yang (Ikyo), tepat lima sekte, “Satu bunga berkelopak lima” , seakan saat sampai pada Patriak ke 6 menjadi “Satu bunga mekar berkelopak lima.”

 OM AMOGHA PUJA MANI PADMA VAJRE TATHAGATA VILOKITE SAMANTA PRASARA HUM