Selasa, 08 November 2011
Dharma Pertobatan Sata Aksara Vajracitta dan Visualisasinya
Thanks to : Vajra Acarya Huijun , for providing articles summary
Translation: Funglie Huang
以下摘自2010-11-12台灣雷藏寺梁皇寶懺結懺法語開示懺
悔宿業立斷習性
蓮生法王2010年11月12日台灣雷藏寺梁皇寶懺結懺法語開示
精要>
• 金剛心百字明的懺法与观想。
Ceramah Dharma usai Pertobatan Kaisar Liang 12 November 2010 di Leizangsi Temple - Taiwan tentang "pertobatan karmawarana asal mula dan menghentikan perangai kebiasaan buruk"
Petikan intisari Dharmadesana Dharmaraja Lian Sheng 12 Nov 2010 pada penutupan Upacara Pertobatan Kaisar Liang di Leizangsi Temple – Taiwan
Sebenarnya dalam berbagai organisasi Buddhisme terdapat banyak macam cara pertobatan, misalnya Pertobatan air, Pertobatan Kaisar Liang, ada lagi Pertobatan Satya Buddha, berbagai rupa dharma Pertobatan, metode pertobatan sangat banyak ragam. Di ajaran Tantra ada satu Dharma Pertobatan yang tergolong sangat istimewa, yakni Vajrasattva, Dharma Pertobatan di dalam Sata Aksara Vajracitta tergolong istimewa, di dalam Tantrayana kebanyakan menggunakan Dharma Pertobatan Sata Aksara Vajrasattva untuk melaksanakan pertobatan.
Pertama-tama seorang pelaku pertobatan hendaknya bervisualisasi sosok rupa Vajrasattva, boleh duduk di atas teratai seribu kelopak, ada cakra surya, di tengah cakra surya terdapat satu bija aksara Hum berwarna biru, melalui aksara Hum ini menjelmakan Vajrasattva. Sosok rupa Vajrasattva kita semua ketahui, satu tanganNya memegang Vajra Genta, satu tangan memegang Vajra Dorje, duduk di atas teratai berkelopak seribu. Ketika kita hendak bervisualisasi , yakni dengan bervisualisasi Vajrasattva duduk di atas kepala anda, batang sulur terataiNya tertancapkan di bagian paling atas nadi tengah anda, pada titik dimana anda membuka cakra ubun-ubun kepala, pada titik lubang tersebut, dengan batang sulur teratai ini tertancap di atas nadi tengah.
Pada saat ini harus menjapa mantra Sata Aksara, ketika dijapa hingga bagian terakhir, harus bervisualisasi air amrta melalui batang sulur teratai masuk ke dalam tubuh anda, dari cakra ubun-ubun sampai ke cakra dahi, sampai ke cakra tenggorokan, cakra hati, cakra pusar, cakra kemaluan, air amrta yang sangat bening dan suci murni penjelmaan Vajrasattva ini , memenuhi segenap tubuh anda, karma warana dan kebiasaan buruk semenjak lampau anda, terkikis keluar dari lubang pori-pori, dari setiap celah rongga terkikiskan keluar, bahkan semua asap hitam terbang keluar dari pori-pori anda, segala karma warana dan kebiasaan buruk anda berubah menjadi serangga, merayap keluar dari lubang pori-pori anda。
Segala karma warana kotor dan kebiasaan buruk, kemudian dari posisi tempat duduk anda, tanah dibawahnya terbuka, lapisan tanah retak, air berwarna hitam terus-menerus mengalir ke bawah tanah, di lapisan bawah tanah banyak Raja Yama, ataupun arwah penjerat roh penagih hutang anda kesemuanya berada di bawah lapisan tanah, air berwarna hitam legam anda, akan menjelma menjadi keperluan mereka yakni pakaian, makanan minuman, rumah, ratna mustika, ketika mereka telah mengambil barang-barang tersebut, pada saat ini divisualisasikan kembali segalanya pulih seperti sedia kala, tidak retak. Karma warana anda beserta segala perbuatan buruk , yakni dari pori-pori lubang anda, dari cakra kemaluan anda, dari setiap celah rongga anda pergi keluar, ada asap hitam, air berwarna hitam legam, berbagai jenis serangga, ialah melambangkan karma warana anda dan kebiasaan buruk anda, dengan cara ini terkikiskan keluar dari tubuh anda, maka, badan tubuh anda akan berubah menjadi bersih murni bercahaya gemilang. Selanjutnya adalah bervisualisasi anda dan Vajrasattva secara esoteris menyatu bersama , anda menjelma menjadi Vajrasattva. Inilah metode pertobatan Sata Aksara Vajrasattva, cara pertobatan Sata Aksara aliran Tantra adalah dengan demikian。
*** Jika anda tidak bertobat, pada dasarnya anda tak lain seperti sebuah mangkok kotor, wadah Dharma ini kotor, arus Dharma yang suci murni ini ketika di-abhiseka-kan ke dalam tubuh anda, anda dengan wadah anda yang kotor ini muncul reaksi kontradiktif, arus Dharma yang suci murni juga kan menjelma menjadi kotor. Setelah anda usai bertobat, anda akan berubah menjadi wadah yang bersih , anda akan bisa menanggung arus Dharma yang suci murni ini
*** Maha Guru bukan orang suci, juga ada sifat kebiasaan, jadi Maha Guru juga menekuni Dharma pertobatan, pun sama menjalankan pertobatan
中文 :
• 金剛心百字明的懺法与观想。
其實,很多的佛教團體都有在拜懺,有水懺、梁皇寶懺啦,還有真佛寶懺,種種的懺法,拜懺的方法非常的多。在密教裡面有一個懺法是比較特殊的,那就是金剛薩埵,金剛心百字明的懺法是比較特殊的,密教一般都是用金剛薩埵百字明的懺法來做拜懺的。
拜 懺的人首先必須要觀想金剛薩埵的形相,可以坐在千葉蓮花上,有日輪,日輪中間有一個藍色的吽字,由吽字生起金剛薩埵。金剛薩埵的形相大家都知道,祂一隻手 持著金剛鈴,一隻手持著金剛杵,一手鈴一手杵,坐在千葉蓮花上。我們要觀想的時候,是觀想金剛薩埵住在你的頭頂上,祂的蓮花的蓮梗插到你的中脈最上面,你 開頂的那一個點,那一個穴,由這個蓮花的花梗插在中脈上面。
這個時候就要持百字明咒,持到最後的時候,要觀想甘露從蓮梗 進到你的身體裡面,從頂輪到眉心輪、到喉輪、到心輪、到臍輪、到密輪,很透明純淨的這些金剛薩埵所化的甘露,在你的身體上完全充滿,你累世的業障跟你的習 氣,從毛細孔排出去,從各個竅門排出去,甚至所有的黑煙從你的毛細孔飛出去,所有你的業障跟習氣都變成蟲,從你的毛細孔爬出來。
所 有的污穢業障跟習氣,從你坐的地方,地下打開,地裂開,黑色的水一直流到地裡面去,地底下有很多的閻王,或者你的冤親債主全部都在地底下,你那個黑色的黑 水,就會變成他們所需要的衣服、飲食、房子、珍寶,祂們取了那些東西,這個時候再把地觀想恢復正常,沒有裂開。 你的業障跟所有不好的習氣,就是從你的毛細孔,從你的密輪,從你種種的竅走掉,有黑煙、黑色的水、種種的蟲,就代表了你的業障跟你的習氣,這樣子從你的身 體排掉,那麼你的身體就變成清淨光明。再來就是觀想你跟金剛薩埵能夠祕密地合一,你變成了金剛薩埵。這個是百字明咒的懺悔,密教的百字明咒懺悔是這樣子懺 悔的。
***你不懺悔,你根本就是一個骯髒的碗,那個法器是骯髒的,清淨的法流給你灌頂在你身上,你跟你身上的法器的骯髒起了化學作用,這個清淨的法流也會變成骯髒。你懺悔
了以後,你就變成清淨的法器,你就能夠承受清淨的法流
***師尊並不是聖人,也有習氣,所以師尊也是在修懺悔法,也是一樣在懺悔
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar