MAKNA RUPA RAGARAJA
Ragaraja, Raga adalah
nafsu keinginan , makna dari namaNya adalah penguasa atas nafsu
keinginan. Ragaraja adalah kemurnian moral yang dimiliki oleh setiap
makhluk, mula dari Buddhata yang tak tercemari,.
【Makna Rupa Ragaraja Vidyaraja】:
Perlu
diketahui, dibawah ini adalah wujud yang telah dibabarkan dalam
sutra, penjelasannya masing masing bentuk mengacu bentuk yg dilukiskan
dalam sutra
◎1.Warna tubuh Nya bagaikan matahari terbit
:Berwarna merah terang ,bermakna Vidyaraja melindungi dan mengasihi
semua makhluk dengan sangat mendalam.
◎2.Menetap di cakra yang berkobar :Tubuh Nya bagaikan cahaya matahari dapat membasmi kegelapan batin.
◎3.Tiga
mata angkara murka :3 mata bermakna Trikula
(Buddhakula、Padmakula、Vajrakula)yang sebenarnya satu,juga bermakna
Trikaya yang tidak mendua. Mata kiri adalah Buddhalocani、Mata kanan
adalah Ekausnisacakra、Mata Tengah adalah Ragaraja,ketiga Nya menyatu.
Bermakna kekotoran yang diubah menjadi Prajna Dharmakaya.
◎4.Mahkota Singa :
Keagungan
dan wibawa, merupakan Dharma yang paling cepat menghancurkan segala
halangan pembinaan diri , leluasa dan tanpa ketakutan.
◎5.Krodha dengan rambut berdiri :
Memutuskan semua kegelapan batin, tekun dalam Dharma.
◎6.Lima cabang vajra (kaitan) di usnisa :
Mengait dan menaklukkan polusi nafsu para makhluk dan lima racun. Merealisasikan Pancajnana, mengalahkan bala tentara mara.
◎7.Pita terjalin pada hiasan kepala:
Sukha duniawi dan Dharmasukha menyatu.
◎8.Anting Anting :
Telinga senantiasa mendengar Kata kata sejati dari Para Buddha.
◎9.Tangan kiri memegang belvajra:
Menyadarkan semua makhluk
◎10.Tangan kanan:
Memperkokoh mula hati Boddhi.
◎11.Bentuk bagai Vajrasattva:
Merupakan Vajracitta yang semula ada dalam semua makhluk
◎12.Berdiam di dunia para makhluk:
Mampu mengentaskan para makhluk dari lumpur lahir dan mati
◎13.Tangan kiri memegang busur:
Pahala Vajrabhala tanpa takut
◎14.Tangan kanan memegang panah vajra:
Memanah semua makhluk supaya timbul sukacita
◎15.Bagaikan memanah bintang-bintang,merealisasikan Mahavasikarana:
memanah semua bintang di semesta, menyinari semua dan menjadi suci
◎16.Tangan kiri menggam avidya:
Mengalahkan avidya para makhluk.
◎17.Tangan kanan memegang teratai bagao hendak memukul :
Dengan Dharma mematahkan nafsu, segera memusnahkan sifat jahat
◎18.Duduk bersila :
Dengan sikap postur vajrasana mengalahkan semua mara
◎19. Duduk di atas padma merah :
Menetap dalam samadhi vijayavasikarana Para Buddha yang tanpa noda
◎19. Ratnakalasa dengan dua pegangan di bawah padmasana ,memuntahkan ratnamanikam :
Ratnakalasa
berarti kebajikan yang sempurna, dua pegangan bermakna Vajradhatu dan
Garbhadatu adalah satu adanya, juga bermakna Prajna vijaya dari sang
Adinata, merupakan Adinata yang mampu menyempurnakan lokiya dan
lokuttara.
KUTIPAN SUTRA BAB RAGARAJA
Saat
itu Vajrapani bersujud dihadapan Buddha dan berkata ” Baghavan, saat
ini Aku hendak babarkan mengenai Ragaraja, berbagai siddhi
keberhasilan dari Para Tathagata dan sadhana menggambar.
Santika
(息災 xizai / Tolak bala ), Paustika (增益 zengyi / pemeberkahan)
Vasikarana (敬愛 jingai / cinta kasih ) Abhicaruka (降伏 jiangfu /
penaklukkan)”
Pada saat itu, Baghavan yang cahaya Nya menyinari
seluruh semesta, memberitahukan pada Vajrapani, “Saya telah
membabarkan segala yang pernah dipelajari oleh Para Tahagata, kini Kau
demi memberi manfaat pada para pria dan wanita bajik di masa akhir
Dharma hendak melakukan pembabaran. “
Saat itu Vajrapani memanjatkan gatha pujian :
於白月鬼宿 取淨白素[疊*毛]
Saat bulan putih Mengambil kuas bersih
畫愛染金剛 身色如日暉
Menggambar Ragaraja Warna tubuh bagai matahari terbit
住於熾盛輪 三目威怒視
Menetap di cakra berkobar Memandang dengan tiga mata angkara
首髻師子冠 利毛忿怒形
Mengenakan mahkota singa Rambut berdiri krodha
又安五鈷鉤 在於師子頂
Diatas mahkota singa ada vajra lima cabang
五色華髻垂 天帶覆於耳
Rambut pancawarna Mengenakan anting surgawi
左手持金鈴 右執五峯杵
Tangan kiri membawa bel vajra Tangan kanan membawa vajra
儀形如薩埵 安立眾生界
Postur bagai Vajrasattva berdiri di antara para makhluk
次左金剛弓 右執金剛箭
Tangan kiri membawa busur vajra tangan kanan panah vajra
如射眾星光 能成大染法
Bagai memanah bintang bintang merealisasikan Mahavasikarana
左下手持彼 右蓮如打勢
Tangan kiri membawa tali tangan kanan membawa padma seperti memukul
一切惡心眾 速滅無有疑
Para makhluk yang jahat tak diragukan lagi pasti segera sirna
以諸華鬘索 絞結以嚴身
Pita hiasan rambut saling bersilang dengan agung
作結跏趺坐 住於赤色蓮
sikap duduk vajrasana diatas padmasana merah
蓮下有寶瓶 兩畔吐諸寶
Dibawah padmasana terdapat ratnakalasa bergagang 2 memuntahkan ratnamanikam
造像安於西 行人面西對
gambarlah dan letakkan di barat sadhaka menghadap barat
結大羯磨印 及誦根本明
membentuk mudra mahakarman japakan mantra mula
兼示三昧耶 一字心密語
membangkitkan samaya mantra satu kata
能成能斷滅 一切惡心眾
dapat memotong hati yang jahat
又結金剛界 三十七羯磨
membentuk Vajradhatu 37 karman
及以本業明 速成百千事
dengan mantra Nya segera menykseskan berbagai karya
薩嚩訥瑟吒 及諸誐囉訶
Santika dan semua paustika
加忿怒降伏 一夜當終竟
ditambah krodha abhicaruka cukup satu malam
誦本根本明 結三昧耶印
japakan mantramula bentuk mudra samaya Nya
又令伽跢耶 取紅蓮花蘂
Ambil putik padma merah
一百八護摩 一宿即敬愛
108 homa segera vasikarana
又令彼攝伏 取白檀香刻
untuk menarik pahat dari cendana putih
金剛愛染王 五指為量等
Ragarajavajra ibu jari sebagai ukuran
長帶於身藏 一切有情類
selalu disertakan dengan tubuh para makhluk
及諸剎利王 攝伏如奴僕
para raja bisa ditaklukkan bagai budak
常結羯磨印 誦大根本明
senantiasa membentuk mudra karman menjapa mantra
增益一切福 堅固如金剛
menambah segala berkat kokoh bagai vajra
若七曜凌逼 命業胎等宿
(nama bintang dan waktu)
畫彼形那摩 置於師子口
gambarkan wujud Nya letakkan di mulut singa
念誦一千八 速滅不復生
japakan 1080x segera melenyapkan petaka
乃至釋梵尊 水火風焰魔
bahkan oh Baghavan yama air, api dan angin
頂行之惡類 夜走無邊方
segala makhluk jahat yang berjalan diangkasa akan lari tunggang langgang
一切惡種惹 淨行苾芻眾
segala kejahatan dan petaka akan disucikan
難調毒惡龍 那羅延自在
naga jahat beracun Narayana dan Mahesvara
護世四天王 速除令失命
Catur Maharajika tidak akan melukai
復說愛染王
oleh karena itu Ku babarkan Ragaraja
一字心明曰
Mantra ekaksara Nya :
hūṃ ṭa ki huṃ jaḥ
吽([*]引)吒 枳 吽([*]引) 惹(入聲)
Hum Zha Zhi Hum Re
復說根本印 二手金剛縛
demikian mulamudra dua telapak saling rangkap vajra
忍願竪相合 進力如鉤形
jari ksanti berdiri dan bersilang bagai bentuk kusa
檀慧與禪智 竪合如五峯
jari dana prajna dan samadhi prajna bagai lima puncak
名羯磨印契 亦名三昧耶
dinamakan mudra karman dan samaya
若纔結一遍 及誦本真言
jika membentuk satu kali dan menjapa mantra
能滅無量罪 能生無量福
mengikis karma buruk tak terhingga melahirkan berkah tak terhingga
底迦等法 四事速圓滿
Santika dan lainnya empat karman segera sempurna
三世三界中 一切無能越
di triloka tiga masa tiada yang dapat melampauiNya
此名金剛王 頂中最勝名
dinamakan Vajraraja yang paling unggul nama Nya diantara yg teratas
金剛薩埵定 一切諸佛母
samadhi Vajrasattva Ibu para Buddha
復說扇底迦 五種印相應
Ku babarkan Santika beryukta dengan panca mudra
…
Tambahan:
INTISARI DHARMADESANA MAHAGURU 15 Maret 2009
HOMA RAGAVIDYARAJA
(Vihara Vajragarbha Rainbow)
Sembah
sujud kepada Biksu Liaoming, Acarya Sakya Zhengkong, Karmapa ke-16,
Acarya Tubten Dhargye. Sembah sujud pada Tri Ratna mandala, sembah
sujud pada Adinata Homa Raga Vidyaraja, sembah sujud pada Para Adinata
Merah kerabat Ragaraja. Gurudhara, para Acarya, para Biksu,
Dharmacarya, Pandita Dharmaduta, Pandita Lokapalasraya, ketua vihara,
para umat sekalian serta para umat yang menonton secara online di
internet, salam manggala !
Hari ini kita melakukan ritual api homa
Raga Vidyaraja, mudra Nya adalah menggenggam ke dalam, kemudian jari
tengah berdiri bersilangan ; Makna dari jari tengah yang bersilangan
adalah “Terdapat kekeruhan batin” ; Bila (jari tengahnya) di pisahkan
maka menjadi mudra Ksitigarbha Bodhisattva yang bermakna “Tiada
kekeruhan batin” ; Bila disatukan berarti adalah mudra Yamantakavajra ;
Saling bersilangan bermakna terdapat kekeruhan batin, karena
kebanyakan Ksitigarbha Bodhisattva adalah berwujud selibat, maka
(mudra jari tengahnya) terpisah. Ragaraja bagaikan kobaran api, mudra
Ragaraja jari tengahnya adalah bersilangan, saat mengundang kehadiran
Ragaraja harus menggunakan “Zha Hum Ban Huo” , “Zha Hum Ban Huo”, “Zha
Hum Ban Huo”….kemudian tangan membentuk mudra Ragaraja, saat jari
tengah bersilangan harus di gesekkan, artinya adalah menggetarkan hati
Vidyaraja, maka Beliau akan hadir. Homa Raga Vidyaraja kali ini,
Beliau turun hadir dua kali (tepuk tangan hadirin), lebih spesial,
makna dari dua kali kehadiran Nya adalah menambahkan Dharmabala, yaitu
Dharmabala yang Anda sekalian mohonkan kepada Raga Vidyaraja supaya
Beliau dapat memberkahi dengan cinta kasih, Dharmabala Vasikarana
bertambah kuat, supaya semuanya saling mengasihi dan saling
menghormati.
Dulu saya sudah mengajarkan banyak Sadhana Raga
Vidyaraja, diantaranya adalah Sadhana bususr dan panah. Barusan saat
homa, Anda sekalian juga melihat Saya melepaskan anak panah, anak
panah ini bukannya benar benar dapat melukai orang, karena bagian
depannya terdapat sekuntum bunga yaitu bunga Utpala, di ujung anak
panah terdapat bungan Utpala, saat dilepaskan bervisualisasi bunga
merah vasikarana memasuki hati pihak lain, supaya salam hatinya
timbul rasa cinta, maka rasa cinta itu akan muncul. Ragaraja
mempunyai banyak macam sadhana, tangan Nya memegang padma merah, di
dalam padma merah ada batang demi batang putik, asalkan tiap melakukan
sadhana homa, tiap kali homa memasukkan putik satu batang padma merah
ke dalam tungku, maka pihak lawan akan timbul rasa kasih sayang , ini
adalah salah satu bentuk vasikarana dan cara penaklukkan
(abhicaruka). Maka, saat kita melakukan homa Raga Vidyaraja,
mengharapkan supaya para insan memperoleh adhistana Raga Vidyaraja,
semua memiliki hati yang saling menghormati dan mengasihi, yang paling
kecil yaitu perorangan, yang besar bisa satu perkumpulan kebaktian,
cetya, vihara bahkan rumah tangga, supaya semua orang memperoleh
vasikarana yang sempurna. (tepuk tangan hadirin)
Meskipun rupa
Raga Vidyaraja adalah garang, namun sebenarnya Beliau adalah adinata
merah, mengeluarkan kekuatan wibawa yang besar, yaitu kekuatan wibawa
besar dari vasikarana. Raga Vidyaraja berwarna merah yang bermakna
vasikarana, merupakan golongan adinata merah. Amitabha Buddha juga
berwarna merah, termasuk golongan adinata merah. Kurukulla Baghavati
juga berwarna merah, juga termasuk adinata merah. Maka para Dewi yang
memakai jubah merah, semua termasuk sebagai adinata merah. Raga
Vidyaraja memiliki banyak kerabat, semuanya disebut sebagai adinata
merah. Homa Ragaraja kita kali ini ada penyeberangan arwah, ada
vasikarana, ada santika, juga ada abhicaruka, ada juga paustika,
kemudian ada penyembuhan penyakit, Beliau mempunyai sadhana penyembuhan
penyakit. Bila semua orang mengasihi Anda, maka dengan alamiah akan
menambah manfaat bagi Anda ; Bila semuanya mengasihi Anda, maka dengan
alamiah Anda akan memperoleh kebijaksanaan dari mereka semua. Maka
manfaat dari menekuni sadhana Raga Vidyaraja adalah termasuk menambah
berkah dan prajna, sama dengan manfaat menekuni sadhana Kurukulla
Baghavati. Raga Vidyaraja tampil dalam rupa angkara murka berarti
kemampuan Vasikarana Nya sangat kuat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar