Senin, 31 Oktober 2011

Ganesha (Jambhala Merah)

Kutipan Dharmadesana Dharmaraja Liansheng 31 July 2010


今 天我們做「紅財神」的護摩。紅財神在印度,叫「甘尼許」(「Ganesh」或稱「Ganesha」,北印度音)。這一尊紅財神,在西雅圖雷藏寺, 受到印度人的膜拜。西雅圖有很多的印度人,因為Microsoft(微軟)請了很多的印度人到Microsoft裡工作。所以這些印度人風聞西雅圖雷藏寺 有紅財神,他們全部來拜紅財神。(眾鼓掌)
Hari ini kita melaksanakan Api Homa Jambhala Merah. Jambhala Merah di India disebut sebagai Ganesh atau Ganesha (suara India Utara). Jambhala Merah ini di Vihara Vajragarbha Seattle sering dikunjungi dan dipuja oleh orang India. Di Seattle ada banyak orang India, karena Microsoft banyak merekrut staff dari India. Maka dari mulut-kemulut mereka mengetahui bahwa di Vihara Vajragarbha Seattle ada Ganesha, maka mereka semua datang untuk memuja Jambhala Merah. (tepuk tangan hadirin)

這一尊紅財神在印度和西 藏,都很有名望,大家如果對印度教有所了解,大梵天(Lord Bhrama)──創造神,破壞天就是破壞神Shiva,大自在天(Lord Shiva)就是破壞神。另外,還有保護神──遍淨天(Lord Vishnu)。了解的話,會對Ganesh產生無比的恭敬心,因為祂是「賜福」之王,賜福印度的財富,賜福西藏人的財富,賜福眾生的財富。(眾鼓掌)
Jambhala merah ini sangat terkenal di India maupun Tibet. Jika Anda sekalian ada memahami Agama Hindu, mengenai Brahma Deva(Lord Bhrama)── Sang Pencipta, kemudian Dewa Pelebur adalah  Shiva,Mahamahesvara(Lord Shiva). Selain itu, ada Dewa Pemelihara, Dewa Subhakrsna(Lord Vishnu)。Jika Anda memahaminya, maka akan timbul rasa bhakti yang tak tertandingi pada Ganesha. Karena Beliau adalah Raja Pemberi Berkah, pemberi berkah bagi rakyat India dan Tibet, pemberi berkah bagi para insan. (tepuk tangan hadirin)

大 家要拜紅財神,記得要摸祂的鼻子,紅財神本身法力最主要的地方在祂的鼻子,祂的鼻子是最有力量的,祂的鼻子能夠生出一切的財寶,能夠吐出一切的金銀珠寶和 金錢。行者為求得人間的資糧,以金剛杵觸紅財神的頂,敕令紅財神吐出所有的資糧,祂會吐出來的。(眾鼓掌)這一尊的修行,對於資糧,非常的重要。今天做紅 財神的護摩,還沒有點火以前,紅財神已經降臨。(眾鼓掌)我們希望紅財神Ganesh,能夠賜福大眾,一切所需要的資糧;也賜福大眾,增加如來的智慧;賜 福大眾,能夠息掉所有的業障;祈請紅財神賜福大眾,能夠退卻所有的怨敵。
Bila anda hendak memuja Ganesha, ingatlah untuk membelai belalai Nya, Dharmabhala Ganesha sendiri yang terutama ada pada bealalai, belalai Nya adalah yang paling berkekuatan, belalai Nya mampu menciptakan berbagai harta benda, serta mampu mengeluarkan uang. Bagi sadhaka yang memohon bekal duniawi, maka gunakanlah vajra untuk menyentuh kepala Ganesha. Memohon supaya Beliau mengeluarkan semua bekal yang kita perlukan, Beliau mempunyai kemampuan untuk mengeluarkannya. (tepuk tangan hadirin)
Penekunan Adinata ini sangat penting bagi kecukupan bekal. Hari ini kita melakukan api homa Ganesha, sebelum api homa dinyalakan, Beliau telah hadir (tepuk tangan hadirin)
Kita memohon semoga Jambhala Merah (Ganesh), dapat memberikan berkah pada para umat, meberikan semua yang diperlukan. Juga memberkahi semuanya supaya bertambah Prajna Tathagata. Memberkahi semuanya supaya dapat mengikis semua karmawarana. Mohon Jambhala Merah memberkati semuanya supaya dapat membuat semua musuh menjadi mundur.

我說過,紅財神也能夠敬愛圓滿。為什麼?因為這一尊Ganesh不是普通的象,祂的鼻子能夠伸長,而且是無盡的長。你只要修敬愛法,觀想紅財神的鼻子伸出去,你的女朋友住在台北,祂就伸到台北,用鼻子將女朋友一捲,將她捲住,勾到你的面前,這就是敬愛法。
Saya pernah mengatakan bahwa Ganesha mampu memberkati dengan kerukunan yang sempurna, kenapa ? Sebab Ganesh bukanlah gajah biasa, belalai Nya mampu memanjang, bahkan mampu memanjang tanpa batas. Pada saat bersadhana vasikarana, visualisasikan belalai Ganesha menjulur, bila kekasih Anda berada di Taipei, maka belali itu menjulur sampai ke Taipei, kemudian dengan belalai membelit kekasih Anda, bawa kehadapan Anda, inilah sadhana vasikarana (kerukunan dan cinta kasih).

祂 可以修敬愛法的,象的鼻子,勾住美女,勾住自己的老闆,勾住自己的董事長,勾住你要敬愛的人,他時時刻刻都會想你,這是很重要的。所以 做生意的人,我看做生意的企業家在點頭,回去訂單馬上就來,為什麼?因為將開訂單的人勾住,就會有訂單來。佛法是活用的,紅財神的鼻子是活的,佛法不是死 的,佛法是活的,是活用的,你只要會修法,能夠應用,受益無窮。
Ganesha dapat mensukseskan sadhana Vasikarana, belalai Nya, mengikat seorang rupawan, mengikat boss Anda, mengikat pimpinan Anda,  mengikat orang yang Anda inginkan supaya mempunyai hubungan yang baik dengan Anda. Maka dia setiap saat akan memikirkan Anda, ini sangat penting. Maka, orang yang berbisnis, begitu pebisnis kembali maka daftar pesanannya langsung datang, kenapa ? sebab Anda telah mengikat pihak yang hendak membuat daftar pesanan. Buddha Dharma itu bisa digunakan dengan hidup , belalai Ganesh juga hidup, Buddha Dharma bukan sesuatu yang mati (kaku), Buddha Dharma itu bisa dimanfaatkan dengan hidup, asalkan Anda bisa melakukan sadhana, bisa menggunakannya, maka manfaat yang Anda peroleh adalah tak terhingga.  

今天的紅財神,也能夠治病, 紅財神為什麼能夠治病?祂可以從祂的鼻子吐出甘露水,將大家所有的業障洗乾淨,業障一乾淨,病就會好;紅財神 也能夠接引眾生,往生西方佛國。(眾鼓掌)今天我們做紅財神的護摩,祂又稱為「資糧主」,只要以金剛杵加持紅財神的頂,敕令紅財神吐出NT or US money,滿山滿谷,你的資糧就用不完。(眾鼓掌)
Ganesha juga bisa menyembuhkan penyakit, kenapa demikian ? sebab Beliau mampu menyemburkan amrta dari belalai Nya. Menyuci bersih semua karmawarana, begitu karmawarana bersih, maka penyakit akan tersembuhkan ; Ganesha juga mampu menjemput insan supaya terlahir di Sukhavatiloka (tepuk tangan hadirin)
Hari ini kita melakukan api homa Ganesha, Beliau juga disebut sebagai Tuan dari Bekal Hidup Bersadhana.

佛 法不是死的佛法,可以應用你的佛法,在你的日常生活之中。我說了,睡覺──眠光法,吃飯──供養法,走路──持咒法,走路可以持咒啊!經行──專 一法, 做任何事情都是佛法。所以做生意怎麼不是佛法?修「資糧主」,做生意先摸一摸紅財神的鼻子,摸祂三下,向祂祈禱,觀想滿山滿谷的金錢,觀想你的訂單,觀想 你的貴人,觀想老闆為你加薪。這樣會不會?(眾鼓掌)和人家合夥做生意,觀想你的合夥人和你同心同德,這樣比較不會互欺,互相欺騙;觀想敬愛,觀想和你的 合夥人相處,有福同享,有難同當,才是真正的合夥人。
Buddha Dharma bukanlah Dharma yang mati, Buddha Dharma bisa digunakan dalam hidup Anda sehari-hari. Saya pernah mengatakan, saat tidur Anda bisa berlatih sadhana tidur, saat makan dapat berlatih sadhana persembahan, saat berjalan dapat menjapa mantra. Melakukan perhatian penuh saat jalan , itu adalah sadhana konsentrasi, sehingga melakukan apapun semua adalah Buddha Dharma. Maka dalam berbisnis pun kenapa juga bukan Buddha Dharma ? Menekuni Sadhana Tuan Perbekalan Hidup Sadhana, bagi yang berbisnis bisa membelai belalai Beliau tiga kali, kemudian berdoa kepada Nya, bervisualisasi uang yang menggunung, bervisualisasi daftar pesanan, bervisualisasi orang yang suka menolong, bervisualisasi boss Anda menambahkan gaji.Demikian bisa tidak ? (tepuk tangan hadirin) Bila Anda bekerjasama dengan orang lain untuk menjalankan bisnis, visualisasikan partner Anda memiliki kesepakatan dan sehati dengan Anda, dengan demikian tidak akan saling curang ; Visualisasikan kerukunan, visualisasikan partner dan Anda saling berbagi rejeki dan saling membantu jika ada kesulitan, inilah sebuah kerjasama bisnis yang sesungguhnya.


Tambahan:
問:紅財神的手印及修增益法、敬愛法的要訣?
Tanya (siswa) : Kunci dari mudra Ganesha , sadhana paustika (berkah) dan sadhana vasikarana dari Ganesha.

師尊答:
Mahaguru Menjawab :

紅財神的象徵就是鼻子,手是合抱鼻子伸出來。以前伸大拇指,這次法會是伸小拇指,如是施給別人是尾指,給自己是拇指,同樣是紅財神手印。法會要施給眾生是尾指,比尾指是給眾生;如是佈施給自己是伸拇指,觀想紅財神在面前,這是屬於自己的,修法給自己。
Simbol dari Ganesha adalah belalai, kedua tangan merangkap dan belalainya menjulur. Dulu (untuk mewakili belalai) diajarkan menggunakan ibu jari dijulurkan, di upacara kali ini menggunakan jari kelingking yang dijulurkan, (jari kelingking) digunakan jika kita hendak memberikan (berkah) kepada orang lain. Untuk diberikan kepada diri sendiri adalah menggunakan ibu jari (sehingga belalai menghadap diri sendiri) , keduanya sama merupakan mudra Ganesha. Dalam upacara Dharma saat hendak member kepada para insan, menggunakan jari kelingking (menjulur ke arah luar), untuk diri sendiri menggunakan ibu jari, bervisluasisasi Ganesha ada dihadapan, ini merupakan sadhana bagi diri sendiri.

觀想敬愛,就把鼻子伸長把上司本身捆住,拉到身邊,上司現出笑容,觀想情人也是這樣做。
Visualisasi untuk vasikarana (cinta kasih/kerukunan) adalah  bervisualisasi belalai menjulur panjang menangkap atasan, kemudian dibawa kesamping sadhaka,kemudian visualisasikan atasan Anda tersenyum. Untuk visualisasi memohon pasangan juga demikian.

修福報增益,觀想紅財神頂上有十字金剛杵,或直接觸紅財神頂,讓紅財神鼻子吐出你需要的東西:房子、土地、人、所有金銀珠寶,或你需要的東西,從鼻子吐出來。
Untuk sadhana paustika, bervisualisasi di atas kepala Ganesha terdapat vajra salib, atau langsung disentuhkan ke kepala Ganesha, supaya belalai Ganesha mengeluarkan benda yang Anda inginkan, seperti bangunan, tanah, orang, uang, perhiasan maupun barang yang Anda inginkan , semua keluar dari belalai.

摸鼻子是印度人的習俗,摸鼻子三下,觀想鼻子吐出財寶給你。
Membelai belalai Ganesha adalah tradisi orang India, membelainya tiga kali, sambil bervisualisasi belalai Ganesha mengeluarkan permata dan kekayaan untuk Anda.

手印內縛外縛都可以,如有規定內縛就內縛,規定外縛就外縛。
Mudra bisa merangkap kedalam maupun keluar, jika pada saat upacara ditentukan untuk membentuk rangkap kedalam, maka ikutilah. Jika ditentukan untuk merangkap keluar, maka Anda ikuti merangkap keluar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar