Senin, 31 Oktober 2011

The Teaching of Guru Padmasambhava - Inner Sad Paramita and Sila Samaya

《蓮生法王開示》
六度與三昧耶戒

< Dharmadesana 15 Nov 2009, di Miyi Leizangsi , Houston Texas >
translate by lienhua shian

首 先我們敬禮了鳴和尚、薩迦證空上師、十六世大寶法王噶瑪巴、吐登達爾吉上師!敬禮壇城三寶!我們還要迎請 今天灌頂的本尊蓮華生大士、獅面空行母!敬禮壇城三寶!師母、各位上師、教授師、法師、講師、助教、堂主, 各位同門,還有在座的所有的貴賓,網路上的同門,大家吉祥!

首先感謝密儀雷藏寺的邀請及董事會的安排。來這裡感覺到好像回 到自己的家一樣。(眾鼓掌)這裡的壇城依舊那 麼莊嚴,(眾鼓掌)每一個壇城去 禮拜,大雄寶殿、龍王殿、護法殿、極樂殿,還有護摩殿,每一個地方看起來都像新的一樣,金碧輝煌。這裡的佛 菩薩,一樣的威靈顯赫。(眾鼓掌)我相信密儀雷 藏寺的董事會跟所有的理事,一樣的同心協力,他們在做廣度眾生的工作。(眾鼓掌)

也 謝謝所有的貴賓蒞臨這一次的盛會。我本人已經來過密儀雷藏寺,這一次算起來是第三次。我說人生紅地毯大概 只能夠走一次,今天更好的是能 夠走紅地毯,走了三次。董事長講,旁邊的路比較小,還是要走紅地毯,那今天走了三次,非常的榮幸。希望有這 樣的機會常常走紅地毯。這樣對師母是不好意思。


Terlebih dahulu kita bersembah sujud pada Bhiksu Liaoming, Acarya Sakya Zhengkong (Dezhung Rinpoche), Karmapa Enam Belas, Acarya Tubten Dhargye. Sembah sujud pada Triratna Mandala. Kita juga mengundang Adinata abhiseka hari ini, yaitu Guru Padmasambhava dan Simhamuka Dakini.

Gurudhara, para Acarya, Dharmacarya, bhiksu lhama, Pandita Dharmadhuta, Pandita Lokapalasraya, ketua vihara, para saudara-saudari Sedharma, serta para tamu sekalian dan para saudara saudari (yang menyaksikan) lewat internet, salam sejahtera semuanya !

Terlebih dahulu terima kasih atas undangan dari Miyi Leizangsi dan persiapan dari para pengurus. Datang kemari seperti kembali ke rumah sendiri (tepuk tangan hadirin) Altar mandala di sini sangat agung sekali (tepuk tangan hadirin), pergi menghormat ke setiap mandalasala, seperti Mandalasala Utama, Nagarajasala, Dharmapalasala, Sukhavatisala dan Homasala, tiap-tiap ruangan terlihat seperti baru, sungguh megah. Di dini juga sangat terasa hawa wibawa dari Para Buddha Bodhisattva. (tepuk tangan hadirin), saya yakin para pimpinan dan pengurus Miyi leizangsi saling bahu membahu menjalankan karya penyelamatan insan luas. (tepuk tangan hadirin)

Juga terima kasih atas kedatangan para tamu dalam acara ini. Saya sendiri sudah pernah datang ke Miyi Leizangisi, kali ini terhitung yang ketiga kalinya. Saya rasa red carpet dalam kehidupan manusia hanya bisa dilewati satu kali saja, hari ini kebetulan bisa melewati red carpet lagi, total melewatinya tiga kali. Para pimpinan di sini mengatakan bahwa jalan disamping lebih kecil, jadi lebih baik jalan melewati red carpet, hari ini sudah melewatinya tiga kali, sangat beruntung sekali. Semoga masih ada kesempatan seperti ini bisa melewati red carpet. Jika demikian sungguh tidak enak hati pada Gurudhara.

ooooooooooooooooooooooooooooooooooooo

我們曉得佛教徒在修行的時候,要行六度。蓮華生大士所講的六度有所謂「外在的六度」跟「內在的六度」,同樣 都是六度,但是有兩種不同的解釋。一個是屬於人的行為本身的六度,一個是修行人內在,內心修正的六度,是不 同的。

今 天要做蓮華生大士祖師的灌頂跟獅面空行母的灌頂。蓮華生大士應該講起來祂是密教第一位的祖師爺,不只是藏 密第一位的祖師爺,可以講密教的 開創者,祕密佛教的開創者,第一位的祖師爺。按照《印度佛教思想史》,先開始的時候是原始佛教,那時候是釋 迦牟尼佛所領導的僧團。再來佛陀涅槃以後就開始 了部派佛教,有所謂「上座部」、「大眾部」,接著就進入二十部的小乘佛教,最後才演變成為大菩提心的大乘佛 教。到了大乘佛教以後就出現了所謂祕密佛教,這 是在《印度佛教思想史》裡面有的。不過並不是大乘佛教沒有了,其實大乘佛教還在,那麼以後才盛行祕密佛教。 事實上祕密佛教在佛陀釋迦牟尼佛的時代已經就有 了,只是沒有盛行而已。


Kita tahu bahwa umat Buddha harus mempraktekkan Sadparamita. Sadparamita yang diajarkan oleh Padmasambhava ada Sadparamita Keluar dan Sadparamita Kedalam (inner), semuanya sama adalah Sadparamita, namun ada dua macam penjelasan yang berbeda. Yang pertama adalah Sadparamita yang termasuk dalam pedoman tingkah laku manusia, dan yang satu lagi adalah inner dari seorang sadhaka, yaitu Sadparamita yang dipraktekkan ke dalam, ini berbeda.


Hari ini akan diberikan abhiseka Guru Leluhur kita Padmasambhava dan Simhamuka Dakini. Padmasambhava bisa dikatakan adalah Guru Leluhur pertama dari Tantryana, tidak hanya Guru leluhur pertama dari Tibetan Tantra, namun bisa dikatakan sebagai pendiri Buddhisme Tantrayana, Guru Leluhur yang pertama. Berdasarkan Sejarah Filsafat Buddhisme India《印度佛教思想史 – Yindufojiao sixiangshi》, pada awalnya adalah Buddhisme awal, saat itu adalah Sangha yang dipimpin oleh Sakyamuni Buddha. Kemudian sehabis Buddha Parinirvana mulai terbentuk berbagai sekte Buddhisme, yang disebut Sthavira, Mahasanghika, kemudian memasuki dua puluh bagian Hinayana, kemudian barulah berubah menjadi Mahabodhicitta Mahayana. Setelah sampai pada masa Mahayana , munculah Tantrayana. Ini ada tercatat dalam buku Sejarah Filsafat Buddhisme India. Bukannya saat itu Mahayana sudah tidak ada, namun sebenarnya saat itu Mahayana masih ada dan kemudian mulai berkembang Tantrayana. Kenyataannya Tantrayana sudah ada sejak jaman Sakyamuni Buddha, hanya saja masih belum berkembang.

ooooooooooooooooooooooooooo

釋迦牟尼佛滅度以後蓮華生大士就出生了。蓮華生大士是屬於化身。什麼叫化身呢?祂不是胎生,因為胎生一定有 父親、母親,祂是在一個叫做「達拉郭嘯海」的一個蓮花的上面所化生出來的。蓮華生大士是非常神 奇的。

在 密教裡面祂是屬於釋迦牟尼佛、阿彌陀佛、觀世音菩薩身口意的化身,所以我們稱蓮華生大士是烏金第二佛。祂 的壽命很長。我們曉得剛剛提到在 休士頓楊秀鶴女士,我在台灣就認識了楊秀鶴女士。她本人寄給我她的《佛教聖經》。那時候介紹我認識楊秀鶴女 士的是以前很早以前的社會司司長劉脩如,她介紹 我認識楊秀鶴女士,那個時候我還在台灣還沒有來美國。楊秀鶴女士她在人間算是人瑞,百歲以上。她今天也能夠 來這裡,見了面非常的高興。(眾鼓掌)她那時候 還提筆的時候我們也曾經通信,她跟我寫信,我給她回信,我給她寫信,她給我回信,所以我們是老 交情。


Setelah Sakyamuni Buddha Parinirvana, lahirlah Padmasambhava. Padmasambhava adalah termasuk manifestasi, apa itu manifestasi ? Beliau bukan lahir dari kandungan, karena lahir dari kandungan pasti mempunyai ayah dan ibu, Beliau bermanifestasi dari sekuntum Padma di Danau Danakosha, Padmasambhava sungguh sangat menakjubkan.

Dalam Tantrayana, Beliau adalah manifestasi tubuh, ucapan dan pikiran dari Buddha Sakyamuni, Buddha Amitabha dan Bodhisattva Avalokitesvara, maka kita menyebut Padmasambhava sebagai Buddha kedua dari Uddiyana. Usianya sangat panjang.

Kita tahu barusan membicarakan upasika Yangxiuhe di Houston, sejak saya di Taiwan sudah mengenal Upasika Yangxiuhe. Dia mengirimkan kepada saya Kitab Suci Buddhisme 《佛教聖經 - Fojiaoshengjing》miliknya, saat itu yang mengenalkan saya kepada Upasika Yangxiuhe adalah Direktur Departemen Urusan Sosial di masa itu, Liuxiuru. Saat itu saya masih di Taiwan belum datang ke Amerika. Kehidupan Upasika Yangxiuhe termasuk beruntung, usianya diatas seratus tahun, hari ini dia juga bisa hadir di sini, bisa bertemu dengannya sungguh senang. (tepuk tangan hadirin). Saat dia masih menulis, kita juga pernah saling berkirim surat, jadi kita adalah sahabat pena.

ooooooooooooooooooooooooooooooooo

蓮華生大士在人間的壽數不可考,沒有辦法去數。有的人講祂有三千歲,但是想想三千歲好像不太可能,因為佛陀 入滅才兩千五百年、二千六百年。那麼蓮師有三千歲,不是佛陀還沒有入滅以前祂就出生了嗎?

那麼蓮華生大士為什麼是無始無終呢?因為祂在西藏一共有五十五年,在西藏弘法密教有五十五年,離開西藏的時 候祂騎著天馬飛行,要到羅剎國去度化眾生,可見祂沒有死,祂是騎著天馬離開西藏,要到羅剎國去度化眾生。所 以,蓮師沒有死,沒有開始也沒有結束。

大家想一想祂在烏金多少年,在印度修行弘法多少年,又到了西藏有五十五年,又離開西藏到羅剎國去弘法多少年 ,祂一共活多少歲,無法去考究。蓮華生大士祂講的,每一個密教的弟子,只要很虔誠地修行,敬師、重法、實修 ,祂都會現在他的眼前,這是祂講的話。

師 尊早期修密教,也是親詣蓮華生大士受祂的灌頂。所以祂會出現在所有真正的密教心子的眼前。今天我們也要灌 頂獅面空行母,獅面空行母祂的法 身(佛)就是般若佛母,祂的報身(佛)就是金剛亥母,金剛亥母應身化現出來是獅面空行母。在密教裡面獅面空 行母是蓮華生大士的上師、本尊跟護法。所以藏人 稱獅面空行母為「仙冬媽」(音),就是獅面空行母。今天我們要灌頂這兩個本尊。

Lama hidup Padmasambhava di dunia tidak dapat diketahui , tidak dapat dihitung. Ada orang yang mengatakan Beliau berusia tiga ribu tahun, namun bila dipikir, tiga ribu tahun itu mustahil, karena Parinirvana Buddha baru duaribu limaratus tahun yang lalu,duaribu enamratus tahun. Jika Padmasambhava berusia tigaribu tahun, bukankah sebelum Buddha Parinirvana Beliau sudah muncul di dunia ini ?

Kenapa Padmasambhava dikatakan tiada awal dan tiada akhir ? karena Beliau di Tibet membabarkan Tantrayana total ada lima puluh lima tahun, saat meninggalkan Tibet Beliau terbang menaiki Kuda Dewata , menuju ke Negeri Raksasa untuk menyelamatkan insan, bisa diketahui bahwa Beliau tidak wafat, Beliau naik Kuda Dewata pergi meninggalkan Tibet. Jadi Padmasambhava tidak pernah wafat , tiada awal permulaan dan tiada akhir.

Coba Anda pikir berapa lama Beliau di Uddiyana, kemudian berapa lama membabarkan Dharma di India, kemudian di Tibet selama limapuluh lima tahun, ditambah lagi meninggalkan Tibet dan menuju Negeri Raksasa untuk membabarkan Dharma, total Beliau hidup berapa lama, tidak dapat di ketahui. Padmasambhava mengatakan, asalkan seorang sadhaka tantra membina diri dengan tulus, menghormati Guru , menitiberatkan Dharma dan tekun bersadhana, maka Beliau akan menampakkan diri dihadapan sadhaka, ini adalah yang diucapkan oleh Beliau.

Pada awal Mahaguru menekuni tantra juga menerima instruksi dan abhiseka langsung dari Arya Padmasambhava. Maka Beliau bisa hadir di hadapan para siswa tantra yang tulus dan sejati. Hari ini kita juga hendak melakukan abhiseka Simhamuka Dakini (獅面空行母 – Shimiankongxingmu), Buddha Dharmakaya dari Simhamuka Dakini adalah Baghavati Prajnaparamita ( 般若佛母 – Boruo Fomu), Sambhogakaya adalah Vajravarahi (金剛亥母 – Jinganghaimu),kemudian Vajravarahi bermanifestasi menjadi Simhamuka Dakini. Dalam Tantrayana , Simhamuka Dakini adalah Acarya , Yidam dan Dharmapala dari Padmasambhava. Maka orang Tibet memanggil Nya Sengdongma yaitu Simhamuka Dakini. Hari ini kita akan mengadakan abhiseka dua Adinata ini.

◎蓮華生大士講六度有所謂的「外六度」跟「內六度」。祂第一個講「佈施」,不小氣、不偏執就是佈施。修行人 本身器量要大,就是佈施。

我 們先講蓮華生大士講的,六度有所謂的「外六度」跟「內六度」。蓮華生大士講的六度跟一般的外六度是不一樣 的。祂第一個講「佈施」,佈施是 什麼呢?不小氣、不偏執就是佈施。你行者修行人本身器量要大,就是佈施。你如果常常在真佛宗宗派裡面,今天 我鬥甲,明天我鬥乙,後天我鬥丙,鬥來鬥去,這 樣你就是不知道佈施。佈施的人器度要大,器量要大。

師尊很少講上師的是 非,不講上師的是非。所有的上師坐在這裡不是沒有缺點,每一個上師都有缺點,師尊從來不 講,我知道但不講。(眾鼓掌) 為什麼不講?因為我在希望他們要懂得器度要大,不要偏執,不要走偏了,不要執著,這是蓮華生大士講的佈施, 這是內在的修行。你器量太小你度的眾生就少。器 量大度的眾生就大。今天為什麼盧師尊講我一個人稱尊就好,我就是根本上師,沒有其他的上師,你們其他的全部 都是法師,那這樣子真佛宗不會大。真佛宗就是有 這麼多的上師出來,這麼多的法師出來,這麼多的弘法人員出來,這個度眾才會廣大。(眾鼓掌)

◎Padmasambhava mengajarkan mengenai Inner Sadparamita. Pertama, Beliau menjelaskan mengenai berdana, yaitu tidak pelit, tidak melekat adalah berdana. Seorang sadhaka harus mempunyai kelapangan hati, inilah berdana.

Kita bicarakan mengenai apa yang diajarkan oleh Padmasambhava mengenai Inner Sadparamita. Sadparamita yang diajarkan oleh Padmasambhava tidak sama dengan Sadparamita secara umum. Yang pertama Beliau bahas adalah berdana, apa yang didanakan ? yaitu tidak pelit dan tidak melekat, itulah berdana. Seorang sadhaka harus mempunyai hati yang lapang, inilah berdana. Bila Anda sebagai sadhaka Zhenfo zong, hari ini memperebutkan ini, besok memperebutkan itu, lusa memperebutkan yang lain lagi, saling berebut, dengan demikian berarti Anda tidak memahami berdana. Orang yang bisa berdana, hatinya harus lapang.

Mahaguru sendiri jarang membicarakan mengenai Acarya, tidak membicarakan gossip mengenai Acarya. Para Acarya yang duduk disini bukan tanpa kekurangan, tiap Acarya punya kekurangan, Mahaguru sejak dulu tidak mau membahasnya, saya tahu namun saya tidak mengungkapkannya.(tepuk tangan hadirin) kenapa tidak membicarakannya ? Karena saya mengharap supaya mereka mengerti bagaimana berlapang dada, jangan melekat, jangan menyimpang, inilah berdana yang diajarkan oleh Padmasambhava, ini adalah pembinaan kearah dalam. Jika hati Anda sempit, maka insan yang Anda selamatkan sedikit, jika hati Anda lapang, maka akan semakin banyak pula insan yang diselamatkan. Jika hari ini Mahaguru mengatakan bahwa lebih baik saya saja yang paling utama, saya adalah Mulacarya, jadi tidak ada Acarya yang lain, Anda dan yang lainnya semua hanyalah bhiksu lhama, jika demikian Zhenfo zong tidak akan bisa berkembang. Dalam Zhenfo zong bermunculan demikian banyak Acarya , biksu lhama dan pembabar Dharma, dengan demikian barulah bisa menyelamatkan insan luas. (tepuk tangan hadirin)

oooooooooooooooooooooooooooooo

蓮 華生大士說,所謂「持戒就是滅除煩惱」。持戒不是要我們守五戒、守八戒、守沙彌戒、守菩薩戒、守出家戒嗎 ?這才叫做持戒!那是外持戒! 真正的「內持戒」是一切煩惱沒有,這個就是持戒。這蓮師講的,蓮華生大士講的,沒有煩惱就是持戒。煩惱因誰 而起,因「我」而起,你有了自己就會有煩惱,當 你沒有自我的心的時候,你的戒行就圓滿。煩惱是因有我而起,你沒有煩惱,就是你已無私了。你既然是無私了, 你就是持戒,你不會侵犯到別人,這個才是真正的 持戒喔!蓮華生大士講的真正的持戒,就是你沒有私心,就是持戒。蓮師講的都是很有道理的,那叫做「內持戒」 。你有了私心了,你就犯戒了,因為侵犯到別人。 大家想一想是不是這樣子呢!

Padmasambhava mengatakan, menjalankan sila adalah menyingkirkan kerisauan batin. Bukannya menjalankan sila berarti menyuruh kita menjalankan Pancasila, astasila, samanera sila, Bodhisattva sila atau sila kebhiksuan ? Itu semua adalah sila luar. Sila dalam yang sejati adalah tiada lagi keruwetan batin, inilah menjalankan sila. Ini diajarkan oleh Padmasambhava, tiada keruwetan batin adalah menjalankan sila. Siapa yang menyebabkan keruwetan batin ? adalah ke”aku”an yang menimbulkannya, begitu ada “ego”, maka akan timbul keruwetan batin, namun saat Anda menjadi tiada “ego”, maka berarti sila Anda telah sempurna. Kerisauan batin muncul karena ke-aku-an, jika Anda tiada kerisauan batin berarti Anda telah mencapai tiada ego. Jika Anda telah mencapai tahap tiada ego, berarti Anda sedang menjalankan sila, Anda tidak akan menjerumuskan orang lain, inilah sila yang sejati ! Sila sejati yang diajarkan oleh Padmasambhava, yaitu tiada ego, itulah sila. Apa yang diucapkan oleh Padmaguru semua sangat berarti, ini disebut menjalankan sila ke dalam. Begitu Anda timbul ego, berarti Anda telah melanggar sila, karena hal itu akan menjerumuskan orang lain. Coba Anda sekalian renungkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar