(Ceramah Y.M. Buddha Hidup Lian Sheng pada kebaktian rutin Hari Sabtu
tanggal 14 Juli 2007 di Vihara Ling Shen Ching Tze Seattle)
Sembah sujud kepada Y.M. Liao Ming, Guru Sakya Zheng Kong, Gyalwa Karmapa XVI, dan Guru Thubten Dhargye.
Guru Dhara, Para Acarya, Dharmacarya, Lama, Pandita, para umat se-Dharma, selamat malam semuanya. (hadirin tepuk tangan)
Malam
ini kita mendengarkan Lama Jiuru bercerita tentang perjalanan ke
Indonesia; Acarya Lian Jie bercerita tentang memohon Buddha menetap di
dunia.
Mahaguru Melakukan Ritual Memohon Hujan
Dewa Naga Mengerahkan Awan dan Menurunkan Hujan
Lama
Jiuru lebih dulu menyampaikan tentang "panas, semua orang pun tahu
bahwa bumi ini pelan-pelan mengalami pemanasan global, semoga suatu hari
nanti, sinar matahari agak hangat, jangan seterik ini, maka kehidupan
kita akan membaik. Bicara tentang panas, Mahaguru sangat memperhatikan
perubahan cuaca, kadang-kadang, saya menonton berita di CHANNEL 2 dari
TV kabel Northwest, sering ada laporan cuaca selama seminggu penuh. Saya
menonton dari tanggal 6 Juni hingga seminggu penuh, semuanya cerah,
seminggu kemudian saya nonton lagi, cuaca selama seminggu penuh masih
saja cerah, tidak turun hujan. Pada tanggal 12, hari terpanas di
Seattle, di langit sama sekali tidak ada awan, matahari terik sekali.
Kalau
sudah panas, panasnya luar biasa sekali. Pada tanggal 12 Juli, Acarya
Lian Ning berkata pada Mahaguru: tanggal 13 akan turun hujan! Saya
pikir, aneh, laporan cuaca CHANNEL2 dari TV Kabel Northwest jelas-jelas
mengatakan bahwa selama seminggu penuh adalah cerah, selama dua minggu
penuh terik matahari, tidak turun hujan. Ketika Mahaguru sedang makan
malam sempat bertanya pada Acarya Lian Ning: mengapa Anda bisa tahu
bahwa hari Jumat akan turun hujan? Apakah Yaochi Jinmu yang memberitahu
Anda? Acarya Lian Ning tidak menjawab, ia berdiri, he he he, tertawa
dingin sebentar, lalu ia pun pergi mengambil lauk. (hadirin tertawa) Ia
berikan saya sebuah masalah pelik! Dalam hati saya berpikir, Acarya Lian
Ning sedang menguji Mahaguru apakah Mahaguru mempunyai kemampuan untuk
memohon hujan, karena Acarya Lian Ning mengatakan bahwa jika besok tidak
turun hujan, berarti memalukan Yaochi Jinmu.
Sepulangnya Mahaguru
malam itu, saya pikir karena saya mengatakan akan turun hujan, saya pun
menjalankan ritual Tantra, mencoba-coba ilmu Tantra. Saya memasang altar
memohon hujan di depan mandala, cara memasang altar memohon hujan ini
tidak boleh dibocorkan, sebab bila dibocorkan, semua orang memohon
hujan, dan bencana banjir yang akan terjadi.
Mahaguru memasang altar
memohon hujan sendirian di depan mandala, saya juga tidak cerita pada
Guru Dhara, saya hanya cerita padanya keesokan paginya bahwa saya
melakukan ritual memohon hujan. Untuk memasang altar memohon hujan
dibutuhkan kain hitam yang digunting menjadi kain perca, kemudian tiup
kain perca tersebut dengan kuat ke angkasa, saya hanya membocorkan salah
satu rumusnya saja. Kain hitam ditebarkan ke angkasa artinya diselimuti
awan mendung, terlebih dahulu membentuk mudra mengundang. Mahaguru
mengundang Dewa Naga dari Vihara Ling Shen Ching Tze Seattle. Setelah
membentuk mudra penunjuk, kemudian baca mantra, mantra ini gampang
sekali diingat, kalian boleh mendengarkan mantra ini, apa bunyi hujan?
Biasanya bunyi hujan ditulis dengan kata Xili Xili, jadi "Xili Xili Xili
Xili. Ga" itulah mantra memohon hujan. Baca mantra ini harus sambil
memutar badan – memohon hujan, angin, petir, dan guntur. Pada tanggal 13
pagi, yaitu kemarin, Jumat pagi, saya tidak tahu apakah di Vancouver
hujan atau tidak? (siswa Vancouver menjawab: ada petir, guntur, dan awan
mendung, serta turun hujan gerimis) Mahaguru menjalankan ritual! Saya
memutar tubuh saya makin lama makin cepat, saya membentuk mudra penunjuk
berturut-turut: "Mahaprajnaparamita, Om Mani Badami Hum, Chuli, Jiji
Rululing, Xie!" Tanggal 13 pagi, begitu saya membuka mata saya, saya
tidak melihat matahari, tapi awan mendung yang menyelimuti langit, makin
lama makin padat, awalnya angin bertiup kencang kemudian diikuti dengan
kilat, selanjutnya halilintar bergemuruh, akhirnya turun hujan.
(hadirin tepuk tangan)
Mahaguru membuka laporan cuaca di CHANNEL2
dari TV Kabel Northwest, pegawai laporan cuaca itu menampilkan ekspresi
wajah yang tidak berdaya, anicca (ketidakkekalan)! Cuaca tidak bisa
diduga! Berita melaporkan bahwa sepanjang minggu ini adalah cerah, tidak
turun hujan. Ketika makan malam tanggal 13, Mahaguru bertanya pada
Acarya Lian Ning: mengapa Anda yakin bahwa tanggal 13 akan turun hujan?
Acarya Lian Ning juga tidak menjawab hanya – he he he! Mahaguru
mengatakan benar-benar akan turun hujan maka hujan benar-benar turun,
Acarya Lian Jie mengatakan ada petir, angin, guntur juga turun hujan,
semuanya ada.
Nagarjuna Bodhisattva Menjelaskan Tentang Penyebab Seseorang Kehilangan Keyakinan
Lama
Jiuru bercerita tentang pengalamannya selama membabarkan Dharma di
Indonesia, ada beberapa masalah yang ingin Mahaguru sampaikan pada
kalian. Nagarjuna Bodhisattva mengatakan bahwa pada dasarnya manusia
mempunyai pikiran yang baik, mempunyai akar yang baik, namun mengapa
manusia bisa kehilangan keyakinannya? Ada penyebabnya, pada dasarnya
para insan mempunyai Buddhata, begitu bertemu dengan Buddhadharma mereka
akan percaya, namun para insan juga bisa kehilangan keyakinannya,
mengapa? Bukan hanya orang biasa saja bisa kehilangan keyakinan, bahkan
Dharmaduta pun bisa kehilangan keyakinan.
Pertama, kekuatan
keyakinannya tidak bisa mengalahkan godaan uang. Nagarjuna Bodhisattva
mengatakan bahwa seorang Dharmaduta memang mempunyai keyakinan, namun
kekuatan keyakinannya tidak mampu mengalahkan godaan uang, dengan kata
lain kekuatan uang lebih besar daripada kekuatan keyakinannya.
Bersadhana adalah semacam komitmen jangka panjang, belum tentu kita bisa
segera melihat dan menyaksikan, namun godaan uang sangat kuat, melebihi
kekuatan keyakinan, ketika godaan uang datang, bukan hanya umat biasa
kehilangan keyakinan, bahkan Dharmaduta pun kehilangan keyakinan. Mohon
semua umat se-Dharma perhatikan hal yang satu ini. Buddhadharma sungguh
sulit sekali terdengar, bila kita telah menemukan Buddhadharma, kita
jangan sampai kehilangan keyakinan kita, sehebat apapun uang menggoda
kita, sebagai sadhaka seharusnya mendapatkan uang dengan cara yang
benar. Lama Jiuru bercerita tentang orang yang melakukan penipuan dengan
memanfaatkan nama Mahaguru atau memanfaatkan nama apapun, semua ini
tidak baik.
Kedua, menurut Nagarjuna Bodhisattva bahwa penyebab
kehilangan kepercayaan adalah "benci dan cinta". Kita selalu mengira
bahwa cinta adalah cinta, benci adalah benci. Namun kita tidak pernah
tahu bahwa sesungguhnya cinta sama dengan benci, cinta dan benci adalah
sama. Semakin dalam cinta, semakin dalam pula kebencian, cinta dan benci
adalah dua hal yang dapat membuat seseorang kehilangan keyakinannya.
Misalnya mata Mahaguru tidak memandang Anda, Anda tiba-tiba kecewa, lalu
Anda pun kehilangan keyakinan Anda, Mahaguru akan sedih karenanya.
Mahaguru
memandang semua insan adalah sederajat. Jadi sebagai sadhaka harus
bersikap wajar terhadap cinta dan benci, dipikir-pikir, cinta itu sangat
sementara; memang, seketika itu sangat benci! Tapi setelah waktu telah
lama berlalu, kebencian pun akan berkurang, kebencian juga sementara.
Sadhaka harus merenungkan bahwa cinta maupun kebencian adalah fenomena
yang sementara.
Sebenarnya cinta dan benci adalah sementara, cinta
adalah sementara, benci juga sementara, jadi jangan sampai Anda
kehilangan keyakinan Anda. Kalian semua bersadhana bersama-sama di
Vihara Ling Shen Ching Tze Seattle, ada yang suka dengan siapa, ada yang
tidak suka dengan siapa, semua ada di sini, tapi kita harus bersikap
sewajarnya saja, jangan mengambil langkah ekstrim. Kita harus jaga
keyakinan kita, jangan karena kita benci dengan seseorang, kita lantas
beranjak pergi: jangan karena kita menyukai seseorang dan kita tidak
mendapatkan cintanya, kita pun beranjak pergi. Jangan sampai terjadi,
sebab Buddhadharma sulit terdengar. Sadhaka tidak cocok dengan suatu
perkumpulan, lantas meninggalkan perkumpulan itu dan tidak pernah datang
lagi, itu tidak baik.
Ketiga, tidak bijaksana dalam membedakan.
Mahaguru mengajarkan siswa Mahaguru berbuat baik, Dharma Tantra
Zhenfozong kita sangat luar biasa. Mahaguru tidak pernah mengajarkan
siswa-siswa Mahaguru untuk mencuri, berzinah, berdusta, dan
mabuk-mabukan. Jadi, seorang siswa harus bijaksana dalam membedakan,
jangan asal mendengar komentar negatif tentang guru Anda, lalu Anda
kehilangan keyakinan Anda. Itu sangat disayangkan. Anda hanya dapat
melihat satu sisi saja, akibatnya Buddhadharma yang sejati tidak dapat
Anda dengarkan lagi, Anda tidak mempunyai kebijaksanaan untuk membedakan
apakah guru Anda benar-benar memiliki Dharma sejati, dapat menuntun
Anda terlahir di alam suci, dan mencapai Buddhaloka.
Anda hanya
melihat permukaan saja, bahwa Mahaguru mengendarai mobil yang sangat
mewah, Wah! Mahaguru sangat royal. Anda harus pikir, darimana mobil itu
berasal. Mobil itu persembahan dari seorang saudari se-Dharma. Kalau
orang lain sudah persembahkan saya sebuah mobil, saya tidak kendarai
juga kurang baik. Mahaguru adalah seorang yang sangat hemat, mobil tahun
1999 itu saya kendarai hingga tahun 2007. Mobil itu masih belum
mencapai 10000 km. Mobil Infinity Guru Dhara itu dibeli tahun 2004,
sekarang sudah mencapai 18000 km. Mobil Mahaguru yang dibeli tahun 1999
sampai sekarang baru 8000 km. Mahaguru juga tidak punya supir, saya
menyetir sendiri. Saya sangat menghargai mobil ini, sebab mobil ini
adalah persembahan dari siswa saya.
Kadang-kadang, siswa melihat jam
tangan saya adalah rolex berlian, terus terang jam tangan ini adalah
hadiah dari saya buat ayah saya, rolex berlian dari emas putih ini
adalah persembahan dari saya untuk ayah saya. Kali ini kepulangan saya
ke Taiwan, ayah saya membeli sebuah jam tangan berlian, kemudian
memberikan jam tangan saya kepada Upasaka Wang. Upasaka Wang pikir jam
tangan ini adalah pemberian ayah saya, jadi ia seharusnya
mempersembahkannya kepada Mahaguru, waktu itu Mahaguru langsung
melepaskan jam tangan yang tadinya saya pakai kemudian saya berkata
kepada Upasaka Wang: Anda persembahkan saya sebuah jam tangan rolex,
saya juga persembahkan Anda sebuah jam tangan berlian. Sekarang saya
baru tahu setelah mengenakan jam tangan pemberian Upasaka Wang, bahwa
jam tangan ini bermasalah, karena jam tangan ini tidak bisa otomatis
ganti tanggal, misalnya hari ini tanggal 14, pada pukul 12 malam ini
saya harus putar jam ini menjadi tanggal 15, pada tanggal 15 malam saya
harus putar lagi menjadi tanggal 16. Jam tangan yang Mahaguru berikan
pada Upasaka Wang adalah jam tangan kalender berlian dari emas putih,
tanggal jam tersebut sangat tepat dan akan ganti tanggal secara
otomatis, hasilnya saya barter dengan sebuah jam tangan yang lebih
jelek.
Asal tahu saja, Mahaguru tidak merasa rugi, saya selalu merasa
bahwa rugi itu justru mengambil keuntungan dari orang lain. Bila orang
lain mempersembahkan Mahaguru sebuah jam tangan, saya akan balik
memberikannya sebuah jam tangan. Misalnya bila kedua cincin di tangan
saya ini tidak saya pakai, orang akan menangis, yang satu adalah
persembahan dari Acarya Lian Ning, satu lagi adalah persembahan dari
Acarya Lian Jie, karena mereka berdua sering memperhatikan jari saya,
jadi saya harus memakainya untuk diperlihatkan pada mereka. Bukan
berarti Mahaguru royal, saya sangat hemat! Sepanjang hidup Mahaguru
hanya pernah membeli sebuah berlian untuk dihadiahkan pada Guru Dhara,
yang saya berikan pada saat kami menikah, karena waktu itu saya tidak
punya uang, saya hanya dapat memberikannya sebuah cincin yang sangat
kecil yang tidak sampai 1 karat, saya tidak tahu apakah Guru Dhara masih
menyimpannya atau tidak, karena saya tidak pernah melihatnya memakai
cincin tersebut.
Jadi kalian harus bijaksana dalam membedakan,
Mahaguru sangat hemat, kalian harus dapat membedakannya, coba kalian
pikirkan, Mahaguru tidak menggunakan kartu kredit, pengeluaran saya
satu-satunya adalah mengisi bahan bakar, saya tidak pernah belanja, saya
tidak menambah barang apapun buat diri saya, saya mana royal. Sekarang
Mahaguru tinggal di rumah Arama Nanshan, karena rumah ini lebih
tersembunyi, jika Anda pergi ke rumah saya pada malam hari, rumah saya
tidak ada lampunya, karena saya mau hemat listrik, nonton TV sekalipun
saya tidak menyalakan lampu, karena cahaya lampu TV sudah cukup, saya
sangat hemat, hemat air, hemat listrik, juga hemat tisu. Misalnya orang
lain memakai tiga lapis tisu gulung, saya hanya pakai selapis, kemudian
selembar dilipat menjadi tiga lapis. Saya hemat tisu.
Mengenai
desas-desus di kalangan luar, kalian simak saja perlahan-lahan, sifat
Mahaguru cenderung suka bercanda, namun saya sama sekali tidak berani
berdusta atau membual! Kadang-kadang saya bercanda. Jika Anda tidak
datang lagi mendengarkan Buddhadharma karena mendengar desas-desus dari
kalangan luar, itu sangat disayangkan. Inilah yang ketiga – harus
bijaksana dalam membedakan. Jika sadhaka tidak bijaksana dalam
membedakan, Anda sama sekali tidak tahu siapa MahaLama yang benar-benar
memiliki Dharma sejati dan siapa pula dukun! Mahaguru bersadhana dan
bermeditasi setiap hari, mengapa? Karena saya tahu Buddhdharma sangat
sulit terdengar, Mahaguru setiap hari melafalkan Sutra Raja Agung dan
nama Buddha, tiada hari tanpa bersadhana dan bermeditasi, saya tidak
melakukannya untuk dilihat orang lain, hanya langit yang tahu. Setiap
kali Mahaguru bernamaskara pada mandala dengan push-up, saya
melakukannya di rumah saya, siapa yang lihat! Sesekali Guru Dhara juga
melihat saya melakukan push-up atau Mahanamaskara, Beliau melihat atau
tidak, Mahaguru tetap lakukan setiap hari, saya bicara jujur.
Mahaguru
memahami pikiran, benar-benar memahami pikiran, benar-benar
bermeditasi, di dalam meditasi saya benar-benar melihat Buddhata –
memahami pikiran dan menemukan jati diri; kelak Mahaguru akan mengajari
kalian bermeditasi, bagaimana cara melihat Buddhata sendiri!
Keempat,
penyebab lain seseorang kehilangan keyakinan menurut Nagarjuna
Bodhisattva adalah "amarah. Amarah adalah mengumbar kemarahan, amarah
akan membuat seseorang kehilangan keyakinan, jadi setiap sadhaka harus
memperhatikan tutur kata dan perbuatannya sendiri, bila hari ini Anda
marah besar pada seorang umat se-Dharma, umat se-Dharma tersebut akan
tidak tahan lalu kehilangan keyakinannya; seorang Dharmaduta harus
memperhatikan emosinya sendiri, jangan marah-marah; sebab ini akan
mengundang komentar negatif dari orang-orang kalangan luar bahwa
Dharmaduta Zhenfozong tidak mempunyai pembinaan diri yang baik, ia pasti
tidak melatih diri. Hal ini akan menyebabkan orang lain kehilangan
keyakinan, jadi seorang Dharmaduta tidak boleh sembarangan marah-marah,
harap diperhatikan, ini adalah auman singa. (hadirin tertawa)
Bila
Acarya Lian Ning mau mengeluarkan auman singa, sebenarnya Anda boleh
menyampaikan alasan Anda dengan suara yang lembut, dengan cara
menasihati, jangan pernah membuat orang kabur karena auman Anda. Orang
bisa kabur karena auman singa, lalu bagaimana dengan saya? Zhenfo Miyuan
pun kosong. Masih banyak Dharmaduta atau Lama yang menggunakan auman
singa, marah-marah, bila sampai dilihat oleh umat se-Dharma lain, mereka
akan merasa bahwa Lama kita tidak bersadhana dengan baik, kurang sabar.
Anda
harus mengutarakan alasan Anda dengan suara yang sangat lembut, bila
Anda murka justru akan menyebabkan orang lain semakin tidak percaya pada
Buddhadharma. Itu karena pembinaan diri Anda masih kurang, seorang
sadhaka sering mengajari orang lain bersadhana, namun dirinya sering
pula marah-marah, bagaimana orang lain bisa bersadhana bersama Anda atau
menuruti Anda, justru sebaliknya akan membuat orang lain kehilangan
keyakinan. Ini adalah penyebab seseorang kehilangan keyakinan menurut
Nagarjuna Bodhisattva, pertama adalah "keserakahan; kedua adalah "cinta
dan benci, ketiga adalah "bijaksana dalam membedakan, keempat adalah
"amarah.
Memohon Buddha Menetap di Dunia
Menuntun Para Insan Menuju Kebuddhaan
Acarya
Lian Jie menjelaskan tentang Memohon Buddha Menetap Di Dunia, ini
sangat baik, Beliau telah menjelaskan dengan sangat detil. Mengapa
kalian harus percaya? Karena pada diri kalian terdapat akar, akar justru
berasal dari jodoh, dan akar tersebut akan tumbuh tunas, tumbuh menjadi
batang pohon, bercabang, berbunga, kemudian berbuah. Ada Acarya yang
mengajari kalian bagaimana menempuh jalan tersebut, yakni dari "akar ke
"jalan, "jalan adalah metode melatih diri; seorang sadhaka dapat
mencapai pantai seberang lewat metode melatih diri, inilah "buah,
karenanya Agama Buddha menjelaskan tentang "akar, "jalan, dan "buah.
Walaupun sadhaka mempunyai akar kebajikan, namun kalian juga harus
memiliki Acarya, Lama, atau Dharmacarya yang menuntun kalian cara
bersadhana, cara ini disebut dengan "jalan.
"Jalan, menuntun sadhaka
menempuh jalan menuju pantai seberang. Ini adalah tanggungjawab seorang
Dharmaduta, pada akhirnya Anda akan memperoleh "buah, memperoleh buah
keberhasilan, jadi "akar, jalan, buah, keberhasilan, beberapa poin ini
tidak boleh kurang dalam bersadhana. Maksud dari Memohon Buddha Menetap
di Dunia yang dijelaskan oleh Acarya Lian Jie adalah memohon seluruh
Acarya dan Dharmaduta agar menetap di dunia, menuntun semua orang
menempuh jalan mencapai pantai seberang, disebut sebagai "jalan; demi
ini, kita memohon Buddha menetap di dunia, demi ini, kita berharap
setiap Dharmaduta panjang umur, menetap di dunia. Bagus sekali ceramah
yang barusan Lama Jiuru sampaikan bahwa ia sangat lelah membabarkan
Dharma di Indonesia, ceramahnya sangat bagus, jadi kita harus mengundang
Lama Jiuru menetap di dunia, ia harus panjang umur, membebaskan lebih
banyak insan lagi; kita harus memohon Acarya Lian Jie menetap di dunia,
bila Beliau menetap lebih lama lagi di dunia, Beliau dapat membimbing
Anda semua terlahir di pantai seberang; kita harus memohon Acarya Lian
Ning menetap lebih lama lagi di dunia, Beliau dapat membimbing para
insan menuju pantai seberang dengan tutur kata yang lembut dan
Buddhadharma yang sejati, (hadirin tepuk tangan) terakhir saya juga mau
memohon seluruh Acarya, Dharmacarya, Lama, Pandita Dharmaduta, Pandita
Lokapalasraya, semua umat se-Dharma menetap di dunia lebih lama lagi,
Anda semua dapat membabarkan Buddhadharma, bimbinglah para insan melalui
jalan kebenaran dari Sang Buddha ini. Terima kasih semuanya. Om Mani
Padme Hum.
Sumber : www.tbsn.org
Best Casinos in Australia With a $5 No Deposit Bonus 2021
BalasHapusLooking for the top 배당흐름 sites to make a deposit at? 해외 사이트 Our 다이 사이 review breaks down the top casinos 온라인 슬롯 사이트 with the mgm바카라작업 most progressive casino sites we've found,