Jumat, 28 Oktober 2011

Berhasil Dalam Sadhana Dhumapuja Keinginan Dapat Terkabulkan

(Dharmadesana Dharmaraja Buddha Hidup Lian Sheng Pada Upacara Musim Semi Avalokitesvara Bodhisattva dan Transmisi Sadhana Dhumapuja di Vihara Ling Shen Ching Tze Seattle Tanggal 16 Februari 2008)

Sembah sujud kepada Y.M. Liaoming, Guru Sakya Zhenggong, Gyalwa Karmapa XVI, Guru Thubten Dhargye, sembah sujud pada Triratna mandala.

Acarya pemimpin upacara, Gurudhara, para acarya, para lama, dharmacarya, pandita dharmadhuta, pandita lokapalasraya, para umat, para umat yang menyaksikan lewat internet dan para tamu undangan yang terhormat, salam sejahtera. (tepuk tangan hadirin). Terlebih dahulu saya akan menjawab pertanyaan yang barusan diajukan oleh Ketua Sun, sebenarnya Beliau tidak mengatakan apapun, tapi, Beliau sedang mendoakan kita semua. Meskipun kita tinggal di Amerika, namun kita peduli pada Seattle, peduli pada Taiwan, juga peduli kepada umat manusia di seluruh dunia. Saya punya Rompi Naga yang berwarna biru, ada juga yang hijau ; Pemilihan presiden di Taiwan mengandung pertentangan antara kubu biru dan kubu hijau, Ketua Sun termasuk kubu biru, sedangkan di Seattle ada juga yang hijau, sehingga saya tidak dapat memakai yang berwarna biru maupun hijau, jadi saya hanya bisa memakai yang berwarna hitam putih. (tepuk tangan dan tawa hadirin). Di antara umat sekalian ada yang hijau dan ada yang biru, tapi kita tidak membeda bedakan status, begitu Anda meninggalkan kampung halaman, Anda harus tetap peduli pada kampung halaman Anda. Kita tetap harus peduli pada Taiwan, peduli pada tempat kelahiran kita, juga harus peduli pada Seattle, kelak kita harus bersiap melakukan yang terbaik terhadap kampung halaman kita di Taiwan, juga harus membalas budi jasa masyarakat Seattle. (tepuk tangan hadirin) Kita tidak membicarakan masalah politik, tapi kita membantu orang yang berbakat, Buddha memandang semua makhluk adalah sama, tidak peduli mereka termasuk warna apa, kelak siapapun yang menjadi presiden, yang memiliki kemampuan boleh menjadi presiden, yang mampu memimpin negara ini dengan baik boleh menjadi presiden. Seperti ketua Sun, dia dapat mengatur beberapa hal dengan baik, maka dia bisa menjadi seorang ketua. Jadi, dalam berbagai hal kita memilih orang yang memiliki kemampuan, memilih demi negara. Amerika juga sedang mengadakan pemilihan, demikian juga kita dengan sekuat tenaga berusaha membaktikan diri kepada umat. Ini adalah hal pertama yang ingin saya bicarakan.

Hal ke dua, adalah "cinta" yang telah dibicarakan oleh Acarya Lian Bao, cinta itu "tiada □". Dia mengatakan □, □ harus disingkirkan, tiada, cinta itu tiada, pada hakekatnya tiada yang namanya cinta. Barusan yang dikatakannya bagus sekali, cinta ego yang berubah menjadi cinta universal. Sebenarnya cinta universal adalah sama sekali tiada cinta, maka disebut cinta universal, sama sekali tidak ada kata cinta, Anda hanya melakukan segala sesuatu dengan sepenuh hati berdasarkan hati nurani, dengan demikian masih ada cinta yang bagaimana lagi? Sebenarnya Mahaguru juga pernah berpikir, saya mengatakan pada Acarya Lian Bao, saya tidak usah jadi Mahaguru lagi, saya ingin jadi Lian Bao. Tapi Lian Bao bisa, Mahaguru tidak bisa. Karena Lian Bao ada cinta besar dan cinta kecil, cinta tua dan cinta muda, semuanya Beliau ada, hal ini bisa menyebabkan semakin jauh dengan Buddha dan malah semakin dekat dengan bayi. Anda sekalian juga tahu, bahwa Lian Bao yang berusia 60-an, istrinya 20-an, barusan melahirkan seorang bayi, menurut Anda bukankah ini semakin jauh dengan Buddha? Tapi masih mending, paras bayinya sangat bagus, semoga kelak dia dapat menjadi seorang biksu, semoga bayi ini di masa yang akan datang dapat menghadap Mahaguru. Saat dia dewasa nanti, saya tidak tahu sudah umur berapa, bagaimanapun juga saat itu saya akan memaksakan diri mengupasamapada Anda, dengan demikian barulah dekat dengan Buddha. (tawa Mahaguru)

Sekarang kita membicarakan Gurudhara, Gurudhara mengatakan bahwa di tahun baru ini mendoakan semuanya beruntung, di tahun tikus ini keberuntungan besar datang, "tikus" adalah "jumlah" (dalam lafal mandarin keduanya sama sama dilafalkan "shu"), menghitung uang sampai tangan menjadi kram, tidur sampai bangun dengan sendirinya. Ini adalah sebuah restu. Kemarin Chen Chuan-fang menceritakan sebuah lelucon kepada saya, Beliau mengatakan bahwa di dunia ini semua orang sedang berbohong, tiada yang mengucapkan kebenaran. Semua orang tahu bahwa uang itu tidak dibawa lahir dan tidak dibawa mati. Di mulut demikian, tapi kenyataannya, cinta mati terhadap uang. Semua juga tahu bahwa bermain saham adalah tidak baik, tapi, dia masih saja ingin bermain saham, kemudian menjadi "kepiting besar", dipenjara . Dia juga mengatakan, sudah tahu bahwa wanita adalah air bencana, mulutnya mengatakan wanita adalah air bencana, tapi begitu yang satu lewat, masih jatuh cinta pada yang lain. Cinta satu, cinta dua, cinta tiga, cinta empat, demikian seterusnya. Anda lihat, yang dikatakan semua itu bohong! Wanita adalah air bencana, masih saja dicintai! Masih juga mencintai harta! Begitu pentingnya, semua orang bisa mengatakan bahwa Sukhavati adalah yang paling baik, surga yang paling baik, tapi tiada yang mau kesana. (Mahaguru tertawa) harta tidak dibawa lahir maupun mati, selama cukup itu sudah baik, malahan semua orang mati-matian mencintainya. Ingin mengeruk uang, semakin banyak semakin baik, sudah pasti tidak cukup. Demikian juga dengan seks. Ketua Sun mengatakan dia ada rematik di kaki, begitu ia membicarakan seks, langsung mengatakan kenapa bukan saya? (Mahaguru tertawa) hari ini istrimu pasti tidak datang. Mengenai Xiao Song, saya tahu yang dibicarakannya adalah Song Xian-zhi, cerita masa lalunya, sangat romantis. Sungguh, bisa menyebabkan semakin jauh dengan Buddha.

SADHANA DHUMAPUJA DAPAT MENYINGKIRKAN RINTANGAN YANG NAMPAK MAUPUN TIDAK NAMPAK

Hari ini saya hendak mewariskan sadhana Dhumapuja, bila hendak membicarakan Dhumapuja secara ringkas, saya dapat menyelesaikannya dengan cepat ; Bila ingin menjelaskan Dhumapuja secara detail, mungkin perlu beberapa jam, pasti tidak habis dibicarakan. Sebentar lagi masih ada lelang, masih banyak acara lainnya! Jadi bagaimana bisa selesai diterangkan.

Saya beritahu Anda, sadhaka mempunyai rintangan, orang awam-pun juga ada rintangan. Ketua Sun barusan mengatakan mengenai keinginan yang terkabul ; Bila ingin keinginanya terkabul, hendaknya bersadhana Dhumapuja. Bila tidak melakukan Dhumapuja, bisnis yang tadinya akan berhasil, tiba-tiba bisa menjadi habis. Perkawinan yang akan diadakan, gagal seketika. Tadinya akan menjadi presiden, tiba-tiba gagal. Semua ada rintangan, rintangan ini berasal dari mana? Ada yang berasal dari perselisihan antar sesama, dari yang tak kelihatan juga ada, bahkan kekuatan yang tak kelihatan sangat dahsyat. Karena manusia berada dalam kendali dan pengaruh kekuatan yang tak kelihatan di alam semesta ini, segalanya, kehidupan lampau Anda, semua jodoh Anda, semua penagih utang, yang kelihatan maupun tidak, semua ada. Bila Anda ingin menyingkirkan rintangan yang kelihatan maupun tak kelihatan, Anda harus melakukan Dhumapuja. Untuk melakukan Dhumapuja terlebih dahulu harus ada tungku Dhumapuja, (Mahaguru mengangkat tungku Dhumapuja) ini adalah tungku Dhumapuja, yang digunakan untuk latihan pribadi ; Bila Anda ingin melakukannya bersama, bisa menggunakan mangkuk, hiolo tidur juga bisa dipakai, disesuaikan dengan bahan yang kita gunakan untuk Dhumapuja. Ini adalah tungku Dhumapuja yang digunakan dalam Tantrayana, ini bisa dibuka, bahan perembahan Dhumapuja bisa diletakkan di dalam, setelah dinyalakan, asapnya dapat keluar melalui lubang ini. Setelah asapnya keluar, perlahan Anda menjapa mantra, bervisualisasi, melakukan sesuai dengan tatacara.

Kemana asap ini akan pergi? Pertama, bila Anda ingin mempersembahkan pada Buddha dan Bodhisattva, adalah pada jam lima sampai sembilan pagi. Bila sore hari melakukannya adalah persembahan untuk arwah penagih utang. Ada waktunya sendiri. Dalam Tantrayana ada ketentuan bahwa di dalamnya harus ada beberapa macam bahan, pertama adalah bubuk cendana, kedua adalah tepung terigu yang sudah disangrai tanpa minyak. Bisa ditambah sedikit bubuk susu, tepung beras bulu, tepung kacang tanah, dan tepung yang dibuat dari lima macam biji-bijian. Ketiga adalah gula merah dan gula putih yang dicampur. Keempat adalah potongan kecil kain merah, putih, biru, hijau, dan kuning, yang digunting-gunting menjadi bentuk segiempat. Kelima adalah benda yang mudah terbakar atau batang dupa, digunakan untuk menyalakan api. Barang persembahan yang paling sederhana adalah tepung, gandum, tepung beras, mentega, dan susu. Susu dan mentega ini sedikit saja sudah cukup, dicampur, setelah dikeringkan bisa dibakar. Tungku Dhumapuja seperti ini, buatlah biskuit yang berbentuk bundar. Bila menggunakan dupa horizontal, maka buatlah biskuit yang panjang. Saat kita membuat barang persembahan Dhumapuja ini, kita harus menjapa "OM AH HUM". OM adalah mengubahnya menjadi sebesar alam semesta. AH adalah menyucikan persembahan, HUM adalah menambahkan rasa Dharmanya. Juga harus menjapa "RANG YANG KANG", RANG adalah api yang berkobar, YANG adalah angin yang meniup asap, Kang adalah memenuhi angkasa. Saat melakukan ini, menjapa "RANG YANG KANG . OM AH HUM". Saat memberikan persembahan, membentuk mudra garuda, yang bermakna bahwa asap ini terbang ke berbagai penjuru alam semesta. Bila Dhumapuja diperuntukkan bagi Buddha, kita letakkan di hadapan altar. Bila diperuntukkan bagi arwah penagih utang atau makhluk halus yang merintangi Anda, maka diletakkan di ruang terbuka, harus di tempat yang ada sirkulasi udaranya, barulah asapnya bisa keluar. Bila Anda melakukanya di altar, jendela harus dibuka. Di teras anginnya lebih lancar, supaya asap bisa terbang ke angkasa. Sama seperti biasa, kita harus melakukan tujuh tahap dalam Tantrayana, sama seperti saat kita memulai sadhana, yaitu mahanamaskara, mahapuja, catursarana, perisai perlindungan diri, sataksara, catur brahmavihara. Catur brahmavihara adalah semoga semua makhluk memperoleh kebahagiaan dan benih kebahagiaan, semoga semua makhluk terbebas dari dukha dan benih dukha, semoga semua makhluk selalu bersukacita, semoga semua makhluk bebas dari rasa suka dan benci, memiliki keseimbangan batin. Ini disebut juga maitri, karuna, mudita, dan upeksha. Setelah menyelesaikan tujuh tahap, Anda berubah menjadi yidam, yidam Dhumapuja adalah Avalokitesvara Berlengan Empat, yaitu yidam sadhana kita hari ini. Mantra dari Avalokitesvara Berlengan Empat adalah "OM MANI PADME HUM XIE". XIE adalah bijaksara-Nya. Saat Anda telah menyelesaikan tujuh tahap, dan ketika asap telah naik, Anda harus melakukannya sambil bervisualisasi. Bila Anda melakukannya di hadapan Buddha, maka Anda menghadap Buddha, bila Anda melakukannya di teras, maka Anda menghadap teras.

Begitu Dhumapuja dilakukan, Anda bervisualisasi yidam, cakra candra di angkasa, muncul bijaksara XIE, kemudian berubah menjadi Avalokitesvara Berlengan Empat, di hati Anda memancarkan bijaksara HUM biru keluar, berubah menjadi kaitan, mengait Avalokitesvara Berlengan Empat masuk ke hati Anda, saat itu Anda berubah menjadi Avalokitesvara Berlengan Empat. Saat Anda telah menyelesaikan tujuh tahap, mulai bervisualisasi cakra candra di angkasa, bijaksara XIE, berubah menjadi Avalokitesvara Berlengan Empat, Avalokitesvara di angkasa, kemudian bijaksara HUM di hati Anda memancarkan cahaya biru, mengundang Avalokitesvara Berlengan Empat ke puncak kepala Anda, duduk di atas teratai hati Anda, kemudian perlahan Avalokitesvara Berlengan Empat membesar seukuran tubuh Anda, dalam sekejap, Anda berubah menjadi Avalokitesvara Berlengan Empat. Setelah Anda berubah menjadi Avalokitesvara Berlengan Empat, bervisualisasi kesunyataan, mantra visualisasi kesunyataan adalah "OM SIBAWA SUDA SARWA DARMA SIBAWA SUDUO HANG" bervisualisasi semuanya berubah menjadi angkasa. Anda adalah Avalokitesvara, kemudian mengokohkan diri sendiri, menjapa "OM MANI PADME HUM" 108 kali.

Saat Anda bervisualisasi seluruh angkasa adalah sunya, asap yang muncul dari tungku ini juga meluas seperti angkasa, asap yang keluar berubah menjadi pakaian yang sangat indah, makanan minuman, peralatan, rumah, mobil, kulkas, peralatan elektronik, semua benda keperluan sehari-hari muncul dalam visualisasi Anda. Makanan memenuhi alam semesta, semua peralatan memenuhi semesta, semua pakaian indah memenuhi alam semesta, berubah menjadi lima persembahan yang menakjubkan. Anda juga bisa memvisualisasikannya berubah menjadi ratnamanikam yang memenuhi angkasa, saat ini visualisasi Anda adalah mempersembahkan seluruh asap kepada para makhluk halus dan arwah penagih utang yang menghalangi. Mereka semua akan menyingkir setelah memperoleh persembahan dari Anda. Yang memiliki ikatan jodoh tidak baik dengan Anda, karena menerima persembahan Anda, mereka akan menyingkir dan tidak lagi merintangi semua permohonan Anda. Maka, penyebab permohonan bisa terkabul adalah karena Anda telah memberi persembahan kepada penagih utang yang tidak kelihatan. Yang kelihatan pun juga dapat menerima pengaruh dari Dhumapuja. Saat ini, Anda harus menjentikkan jari 7 kali, setelah mereka menerima persembahan Anda, Anda harus menjapa mantra, yaitu "OM ABULADI BULAYA SUOHA." 7 kali. Saat menjapa 7 kali, sambil menjentikkan jari 7 kali. "OM ABULADI BULAYA SUOHA." Menjentikkan jari sekali, "OM ABULADI BULAYA SUOHA." Menjentikkan jari sekali, total menjentikkan jari 7 kali.

Kemudian bagaimana syair persembahan? Yaitu mengucapkan "Seluruh Dhumapuja dari pancaguna. Dipersembahkan kepada Para Buddha, Bodhisattva, Vajra Dharmapala, Dakini, dan Para Dewa." Saat di altar memberikan persembahan kepada Buddha dan Bodhisattva harus mengucapkannya. Bila persembahan bagi penagih utang, maka mengucapkan "Mempersembahkan kepada Dewaraja Aharagandha Madhuka, Raja Kinnara dan kerabatnya. Raja Aharagandha Pancajati dan rakyatnya. Raja Naga, Putri Naga, dan para kerabatnya. Dewa Gunung, Dewa Air, Dewa Sungai dan Laut. Mempersembahkan pada semua bardo, pada semua makhluk yang menderita, semoga mereka semua terpuaskan dengan sempurna, semoga para bardo terbebas dari ketakutan. Semoga memperoleh sambhogakaya Buddha yang sempurna, semoga segera merealisasikan pencerahan, menjalankannya dengan perlindungan, mampu merelakan, tiada cacat dan terlahir di alam kebajikan. Semoga menjalankan Anuttara Saddharma." "Semoga dengan kekuatan pahala yang kulakukan, menyingkirkan semua rintangan dan ombak catur mahadhuka, semoga menyelamatkan semua makhluk." Terakhir adalah menjapa Sataksara 3 kali, ini untuk menambal kekurangan dalam sadhana. Saya telah membaca buku tatacara Dhumapuja dengan cepat, selesai dengan cepat. (tepuk tangan pendengar)

DHUMAPUJA KE ATAS MEMPERSEMBAHKAN KEPADA BUDDHA
KE BAWAH MEMPERSEMBAHKAN KEPADA PENAGIH UTANG

Kita tahu dalam Tantrayana sering melakukan homa, begitu homa dimulai, mobil pemadam kebakaran langsung datang. Di Amerika, Anda melakukan homa juga sama, segera ada yang melaporkan, mobil pemadam kebakaran langsung datang. Sama halnya bila Anda melakukan homa di dalam kota, asapnya terlalu besar. Maka Dhumapuja paling baik! Cocok untuk dilakukan perorangan, juga cocok untuk dilakukan secara berkelompok. Kenapa mengajarkan Anda Dhumapuja? Karena waktu lalu saya kembali Taiwan, sampai di Cetya Hualian dan Cetya Donghai, siswa di Donghai bertanya kepada Mahaguru, kenapa tidak mentransmisikan Dhumapuja, Dhumapuja bisa dilakukan siapa saja. Sedangkan peralatan homa sangat banyak, apalagi begitu dibakar, mobil pemadam kebakaran langsung datang, para pemadam kebakaran juga datang, sangat sulit melakukan homa. Dia memohon untuk mewariskan Dhumapuja, ini adalah sebab dari transmisi Dhumapuja. Adalah dari permohonan siswa di Cetya Donghai.

Anda harus ingat mudranya, yaitu Mudra Garuda. Adinatanya adalah Avalokitesvara Berlengan Empat, sadhananya sangat ringkas, tapi Anda harus ingat bahan persembahan yang dipersembahkan harus lengkap. Misalnya, kain lima warna adalah simbol bahwa penagih utang mengambil semua pakaian indah Anda, kemudian dipakai dengan anggun, sangat cantik, kain lima warna harus ada. Dupa, harus ada bubuk cendana. Persembahan makanan harus ada bubuk lima macam biji-bijian. Mengapa menggunakan gula merah dan gula putih? Supaya semua penagih utang bisa makan rasa manis (memperoleh keuntungan), setelah dia melahap rasa manis maka hilanglah hawa dendamnya.

Kenapa karir Anda tidak lancar? Kenapa suami istri tidak rukun? Kenapa tidak memiliki reputasi? Kenapa bisnisnya tidak baik? Ini berasal dari rintangan yang kelihatan maupun tidak. Anda melakukan dhumapuja supaya puas pangan, sandang, papan, dan transportasi. Bagaimana dengan transportasi? Mahaguru ajari kalian, bisa membuat sebuah miniatur Ferrari dari kertas, saat ini Ferrari paling mahal, Ferrari juga dibakar. Bagaimana dengan rumah? Bisa memvisualisasikannya dengan jelas, maka akan muncul. Lima kain divisualisasikan menjadi pakaian yang indah. Sedangkan makanan semua sudah ada.

Persembahan kepada Buddha adalah pagi jam lima sampai sembilan. Persembahan kepada para makhluk halus adalah jam lima sore sampai jam sembilan malam, semua harus dilakukan di tempat yang ada sirkulasi udaranya, supaya asap bisa tertiup dengan perlahan, kemudian Anda terus bersadhana, namaskara, mahapuja, catursarana, caturbrahmavihara, perisai perlindungan diri, melakukannya sesuai dengan tata cara. Mengucapkan Caturbrahmavihara adalah memberikan mereka kebahagiaan, mengurangi penderitaan mereka, supaya mereka bersuka cita menerima persembahan. Semua benda milik saya adalah dipersembahkan utnuk memuaskan mereka, ini termasuk maitri karuna mudita dan upeksha. Yang paling penting adalah bijaksara Chuli, visualisasi diri sendiri berubah menjadi Avalokitesvara Berlengan Empat, kemudian berdana. Peralatan ini sangat kecil, tapi Anda harus memvisualisasikannya membesar seperti alam semesta. Begitu asap muncul, langsung berubah menjadi barang yang paling indah untuk dipersembahkan kepada mereka, seperti ratnamanikam, semua memenuhi alam semesta, saat ini Anda harus membentuk mudra garuda. Mantranya ada dua versi, mohon Anda dengarkan, "OM ABULADI PULAYA SUOHA" adalah lafal Tibetan, "OM ABULADI BULAYA SUOHA" adalah lafal mandarin. Singkat kata, mantra ada dua, asalnya ada dua, saya tidak bisa mengatakan mana yang benar dan mana yang salah. "OM ABULADI BULAYA SUOHA" atau "OM ABULADI PULAYA SUOHA" kemudian menjentik 7 kali, 7 kali adalah sempurna, memuaskan semua penagih utang.

Saya bicarakan mengenai pewarisan sadhana Vajrakila Kalacakra di Malaysia kemarin, saya rasa saat itu saya mengucapkan satu patah kata yang keliru, karena pemanasan global, saya mengangkat vajrakila dan mengatakan "pemanasan global di dunia, memohon pada Kalacakra supaya menarik matahari sedikit menjauh." Akhirnya kesulitan pun datang, Acarya Changren dari Lotus Light Charity Society Hongkong mengabarkan mengenai badai salju pertama di lima tahun terakhir ini. Amerika juga ada badai salju, dimana mana ada badai salju! Saya mengatakan dunia sedang dilanda pemanasan global, semua perwkilan Negara-negara mengadakan KTT di Bali, membicarakan bagaimana mengatasi pemanasan global, disana berjemur, membaca buku, minum kopi, main, rapat sampai berhari-hari, sudah mengeluarkan banyak uang. Akhirnya hanyalah belum ada kesepakatan. Mahaguru hanya mengangkat vajrakila, supaya matahari lebih jauh sedikit dari bumi, supaya tidak terlalu dekat, bila terlalu jauh, samudera pun akan membeku. Saya mengambil Vajrakila dan mengatakan supaya matahari lebih menjauh sedikit.

Melakukan dhumapuja ada manfaatnya, Mahaguru juga melakukan dhumapuja, berbagai kejadian saya sudah menemuinya, masalah apapun saya mampu menyelesaikannya, sama sekali tidak ada masalah. Apakah kegagalan Mahaguru banyak sekali? Banyak! Banyak sekali kegagalan. Namun sampai sekarang apakah ada masalah? Tidak ! Kenapa? Dhumapuja! Dhumapuja bisa mengubah yang semula bermasalah menjadi tiada masalah., bahkan semua masalah akan lewat dengan mengherankan, jelas-jelas disana ada rintangan yang tidak mungkin terlewati, dia langsung terbang, terbang seperti mobil 007, terbang melewati rintangan tersebut. Masuk dan menyelam kedalam laut. Saat tidak bisa kabur, dapat berubah menjadi asap, Andapun dapat lolos. Siapapun tidak dapat menemukan Anda. Dia memiliki kekuatan semacam itu.

MAHAGURU HANYA PERLU 11 HARI UNTUK MEMPEROLEH GREEN CARD

Sekarang bila ingin memperoleh Green Card prosesnya perlu berapa tahun? Tiga tahun! Saya memperoleh green card dalam 11 hari! Ini adalah kejadian bertahun-tahun yang lalu. Pengacara saya namanya Henry, dia mengatakan untuk memperoleh green card paling cepat adalah tiga atau empat bulan. Saya sebelas hari! Karena melakukan Dhumapuja, garuda terbang membawa berkas saya, terbang sampai ke sana, kebetulan berkas saya hendak diletakkan di yang paling bawah, dia terbang sendiri dan berada di yang paling atas. Petugas imigrasi langsung menuliskan nomor green card, Ok, beres, cepat sekali. Dengan kondisi setengah sadar, malam itu dia langsung membawa keluar berkas untuk dikirim, begitu dikirim langsung terbang kembali dari sana, dengan pos biasa, sebelas hari! (tepuk tangan hadirin)

Pengacara Henry mengatakan, "Saya tidak percaya, I don’t think so." Saya menyerahkan bukti green card kepadanya, dia langsung kaget begitu dia melihatnya, selama ini tidak pernah demikian, banyak sekali mujizat! Saat ujian kewarganegaraan, semua dibantu mereka dan yang tidak kelihatan. Petugas imigrasi menanyakan siapa presiden Amerika? Mana mungkin saya tidak tahu siapa presiden Amerika? Benar tidak! Anak usia tiga tahun pun tahu dia adalah Bush. (tawa Mahaguru) saat itu adalah Bush senior, tidak sama dengan Bush junior, namun sama-sama Bush. Saat itu saya tidak bisa berbahasa Inggris, saya mengatakan kepada petugas "Buxi". (tawa Mahaguru) Petugas membetulkan lafalnya "George Bush". Coba lihat! Kemudian, ibukota Amerika ada di mana? Saya juga tahu, benar tidak! Washington DC. Kita ada cetya di sana, sekarang sedang dibangun sebuah Vihara Vajragarbha, yang sampai sekarang belum jadi-jadi. (tawa Mahaguru) Tentu saja saya tidak mungkin bodoh sampai mengatakan "Philadelphia" Dia melontarkan beberapa pertanyaan yang sangat easy. Dia tahu saya kurang begitu mengerti Bahasa Inggris, kemudian akhirnya disuruh menulis satu kalimat, I Like Amerika. (tawa Mahaguru) satu kalimat ini, saya sudah latihan selama tiga bulan, bagaimana mungkin saya tidak bisa. Anda lihat, surat kewarganegaraan pun segera diperoleh.

Yang merepotkan adalah tiap kali kembali dari luar negeri, saya tidak mengerti bahasa inggris yang diucapkan oleh petugas imigrasi. Pertanyaan dari petugas imigrasi kira-kira semua dapat dijawab dengan "I go to Taiwan, Japan, Malaysia." Kadang dia akan bertanya, Apakah Anda membawa sepuluh ribu dollar? Ten thousand US dollar. Yang ini saya masih mengerti, karena mengenai uang. Saya jawab, "No! No!" "You have fruit?" dia menanyakan buah. "No! No!" "You have gun?" saya jawab "You have the gun. I no gun" (tawa Mahaguru) "You have but not me", saya hanya mengucapkan beberapa bahasa inggris yang sederhana kepada petugas tersebut. Tiap kali akhirnya dia pasti mengatakan "Welcome back!" "Tok" (suara stempel). Omong-omong saya adalah lulusan universitas, tapi dulu saya paling tidak suka menghafal kosakata Bahasa Inggris. Saya lebih suka matematika, ada perubahannya, Bahasa Inggris harus menghafal, maka saya hanya paham sedikit kosakata. Gurudhara banyak hafal kosakata. Sampai di Amerika, saya hanya watch TV, study English and go to tavern. Pernah seorang bartender bertanya, "Are you marry?" saya jawab, "I am married." Dia langsung mengatakan "No good." (tawa Mahaguru) sekarang bila mobil rusak saat saya menyetir, saya kendarai sampai bengkel, "My car is no good." "Where no good?" "I don’t know. You check everything. Change oil and check everything." "You don’t know?" "Check everything and change oil." Dia langsung membantu saya. Hanya mengerti satu kalimat ini saja, saya bisa mengendarai mobil. Tinggal di hotel, harus reservation. Di bandara saya mengatakan, "I want the seat number and what time the airplane fly? And what gate? What time? And my seat number." Hanya perlu mengucapkan tiga kata ini, saya langsung bisa terbang kemana pun. Saat berada di restoran, saya tidak mengerti menu yang berbahasa Inggris, saya bisa mengatakan this one, this one, this one. Saya bisa mengatakan soup, "What kind of soup? What kind the soup of day? I want this soup."Kemudian memesan makanan, beef, fish, duck, beberapa macam ini. Bila saya telah memesan sup, maka tidak ada salad. Bila tidak memesan sup, saya memesan Ceaser Salad. "What kind of the dressing?" "Range" setiap saat dia selalu bertanya pada saya mengenai egg, jawaban saya adalah over easy. (tawa Mahaguru) beef cook, saya bisa mengatakan medium well. Gurudhara mengatakan supaya mereka bisa mengerti, mulut harus sedikit dimoncongkan, medium well. (tawa Mahaguru) "What kind of toast?" "White toast." "Wood" Gurudhara mengatakan wood lebih bergizi, masih ada lagi hash brown. Demikian cara saya menghafal Bahasa Inggris, "Ba brown haisi" (lafal haishi dalam mandarin mirip dengan suara hash), bila dibalik artinya adalah mencelakai brown. (tawa Mahaguru) Maka Bahasa Inggris dalam hal pangan, sandang, papan, dan transportasi, semua hafal, sebab hidup di Amerika.

Ada lagi, tiap malam tiba waktunya untuk tidur, I want sleeping, mengapa saya bisa ingat kata sleeping ? Karena lafalnya "Sizaipingzili" (mati dalam botol). (tawa Mahaguru) inilah kehidupan saya di Amerika. Banyak sekali kata dalam menu yang saya hafalkan dengan cara demikian. Gurudhara mengatakan banana, dia mengetahui lafal yang mudah bagi saya yaitu "bainainai" (nenek putih), harus ingat "bainainai" barulah bisa ingat kata banana. Bagaimana bila ingin makan nanas? "palaopo" (takut istri) Pineapple. Terus terang saya sama sekali tidak pernah takut kepada Gurudhara, saya katakan pada Anda sekalian, bahwa Mahaguru adalah satu-satunya orang di dunia yang tidak Pineapple, di hadapan orang banyak saya mengatakan demikian, mengenai nanti pulangnya bagaimana, itu urusan nanti.

KITA BERKARYA DEMI SEMUA MAKHLUK DENGAN MENGGUNAKAN KEARIFAN

Membicarakan mengenai cinta, barusan yang dibicarakan oleh Lian Bao, pasti tiada yang namanya cinta, sama sekali tiada cinta, kita hanya melakukan segala sesuatu berdasarkan hati nurani kita, berdasarkan kearifan kita, inilah seorang sadhaka. Bapak Negara membicarakan mengenai cinta universal, Yesus mengajarkan mengenai kasih universal, Mahaguru tidak mengajarkan cinta, Mahaguru hanya mengajarkan supaya kita menggunakan kearifan untuk berkarya demi semua makhluk.

Bila Anda melakukan Dhumapuja, semua rintangan dapat dilenyapkan. Mahaguru banyak rintangan, tapi beberapa rintangan ini dapat disingkirkan karena melakukan Dhumapuja. Karena arwah penagih utang datang ke hadapan saya dan menerima persembahan saya, sehingga mereka pergi meninggalkan saya. Dhumapuja sangatlah penting, yaitu memberikan persembahan kepada para makhluk halus, para arwah penagih utang, semua rintangan dapat tersingkirkan. Para Dewata, naga dan delapan bagian kelompok makhluk datang melindungi. Saya harap Anda sekalian tiada satupun yang mengalami rintangan dalam melatih diri, setiap orang mempunyai pencapaian. Tidak peduli apakah Anda adalah perumah tangga ataupun seorang bhiksu, ataupun Anda ada permohonan, semua boleh melakukan Dhumapuja. Saya juga berharap masyarakat Seattle, bila Anda mengharapkan vihara kami memberikan sumbangsih, Anda boleh mengatakannya kepada kami, kami akan berusaha membantu sekuat tenaga, misalnya Chinatown perlu sesuatu, asalkan memberitahu kami, sedikit banyak kita akan berusaha membantu sesuai kemampuan. (tepuk tangan hadirin).

Inilah poin utamanya, yang utama bagi kita para sadhaka adalah menjadi manusia yang baik, supaya para arwah penagih utang mundur, supaya sadhana kita memperoleh keberhasilan. Semoga semuanya, mujur dan sempurna, pagi mujur, malam mujur, enam waktu mujur, setiap saat senantiasa mujur.

Om Mani Padme Hum (tepuk tangan hadirin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar