Senin, 14 November 2011

Vedana dan Adhigama

 
Homage to Grand Master Liansheng
蓮生活佛 開示/ 【《覺受》和『證悟』】
Vedana dan Adhigama

Special thanks to Vajra Master Huijun
Kosakata yang sering :
Vedana = Perasaan
Adhigama = Realisasi pencerahan

[有弟子問《覺受》和『證悟』有什麼分別?關於這點我們要從"理論"談起:
我們曉得如來說法四十九年,他的經典就如同瀚海一樣,單單『大般若經』就有六百卷,把『大般若經』濃縮就變成『金剛經』,再把『金剛經』濃縮就變成『心經』,不管讀『心經』也好,『金剛經』也好,或者讀『大般若經』也好,讀來讀去還是"《理論》"。

Ada siswa yang menanyakan perbedaan antara vedana dan adhigama. Mengenai hal ini, saya akan memulai pembahasannya dari teori :

Kita semua tahu bahwa Sang Tathagata membabarkan Dharma selama 49 tahun, banyaknya teks yang dihasilkan bagaikan samudera, hanya sebuah Maha-prajna-paramita-sutra sudah terdiri dari 600 bab, kemudian maha-prajna-paramita-sutra diambil intinya menjadi Vajracchedika-sutra, kemudian Vajracchedika-sutra (Sutra Intan – Jin gang jing) diambil intinya menjadi Hrdaya-sutra (Sutra Hati – Xin jing). Baik itu membaca Hrdaya Sutra, Vajracchedika Sutra maupun Maha-prajna-paramita Sutra, semuanya merupakan teori.

你雖然知道經中的意義在那裡,但是沒有去『實用』,只是用嘴巴讀一讀沒有實用的話,這就沒有什麼"《覺受》"。所以這些經典《理論》是存在的,但是"(全部都是虛妄)"的,根本沒有什麼"受用"。
但是當你去實現經典裡的偈或佛法時,在日常生活中去應用了或實修了,會產生一種感覺出來,這種感覺就叫"《覺受》"。

Meskipun Anda mengetahui makna dari Sutra tersebut, jika Anda tidak mempraktekkannya, hanya mendaraskannya dengan bibir dan tidak menerapkannya, ini dinamakan tidak ada proses pendalaman vedana . Sehingga walaupun Sutra ini terdapat teorinya, namun semua hanyalah ilusi, sama sekali tidak ada penerapan manfaatnya.

Namun saat Anda menerapkan Buddha Dharma dalam isi Sutra dan gatha , menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan menjalankan bhavana, ini akan menghasilkan sebuah rasa yang dalam, rasa ini dinamakan vedana.

好像我們在修法當中,心裡大會有什麼感覺,或生理上會有什麼感覺,或在修行當中你身體的"氣"怎麼運轉,這種感覺都叫《覺受》。
所以說《覺受》有很多種,有法的感覺,有冷的感覺,有熱的感覺,有觸的感覺,有種種的感覺,像『輕安』、『法味』這些都算是覺受

Seperti misalnya saat kita bersadhana, dalam hati ada sebuah rasa, atau secara psikologis ada sebuah rasa, atau saat bhavana bagaimana prana bersirkulasi dalam tubuh Anda, rasa ini dinamakan vedana.

Oleh karena itu vedana ada banyak macam, ada vedana Dharma, ada vedana dingin, ada vedana hangat, ada vedana sentuhan, ada berbagai macam rasa, seperti ringan dan Dharma-rasa , ini semua termasuk vedana.

覺受出來了,那麼這個覺受非常深刻的進入你心中,使你的心開放,你的"悟境和理論"完全是一樣的,這個《覺受》非常深刻非常微細",沒有辦法再改變《得到光明》的這種很深刻最微細的體悟,就叫『證悟』。
《覺受》還是會改變的。但是『證悟』就不會改變了。《覺受》到最深刻的就算是『證悟』。也就是說,把佛經裡的"理論"變成實現出來了,而且"(內外互相融入)"了就叫『證悟』。

Saat timbul vedana dalam bersadhana, di saat rasa tersebut sangat mendalam, membuat hati Anda makin terbuka, antara tingkatan spiritual dan teori menjadi sama sepenuhnya, vedana ini sangat mendalam dan subtil, memperoleh terang pencerahan yang sangat mendalam dan tidak dapat lagi berubah, ini dinamakan adhigama.

Vedana masih bisa berubah. Namun adhigama tidak akan lagi berubah. Vedana sampai paling terdalam disebut adhigama, dengan kata lain mewujudkan teori di dalam Sutra Buddha, bahkan merealisasi meleburnya antara luar dan dalam, ini dinamakan adhigama.


『證悟』不是在外面,也不是在裡面,也不是在中間,而是"(永遠不變的真理)"這才算『證悟』。
弟子問《覺受》和『證悟』有什麼不同?
《覺受》就是在"實修"佛教的道理之中,你(身、心)和(氣)的感覺,當你(身心和氣)的感覺完全非常深刻,而不變的就叫『證悟』。

Adhigama bukan ada di luar, juga bukan di dalam, juga bukan di tengah-tengah nya, melainkan “Kesejatian Yang Selamanya Tidak Berubah.” Yang demikian barulah termasuk sebagai adhigama.

Siswa menanyakan, apa perbedaan antara vedana dengan adhigama ?
Vedana diperoleh saat proses bhavana Buddha Dharma, yaitu rasa dari jasmani-rohani dan prana Anda, saat rasa dari jasmani-rohani selaras dengan prana dan sangat mendalam, serta tidak berubah, ini dinamakan Adhigama.

這樣大家明白了嗎?也就是《覺悟》到最深刻的不會改變的,和"如來"的教法完全(內外融合在一起)的,而(不變的真理),這就是『證悟』。]
(恭錄自「真佛密語」第九冊)

Apakah dengan demikian Anda telah paham ? tercerahkan dengan sangat mendalam dan tidak berubah, luar dalam sepenuhnya menyatu dengan Dharma Para Tathagata, merealisasi Kesejatian Yang Tak Berubah, ini adalah adhigama.
(source : Zhenfo miyu , jilid 9)

Translated by Lianhua Jun Shi An