Senin, 31 Oktober 2011

The Teaching of Guru Padmasambhava - Inner Sad Paramita and Sila Samaya

《蓮生法王開示》
六度與三昧耶戒

< Dharmadesana 15 Nov 2009, di Miyi Leizangsi , Houston Texas >
translate by lienhua shian

首 先我們敬禮了鳴和尚、薩迦證空上師、十六世大寶法王噶瑪巴、吐登達爾吉上師!敬禮壇城三寶!我們還要迎請 今天灌頂的本尊蓮華生大士、獅面空行母!敬禮壇城三寶!師母、各位上師、教授師、法師、講師、助教、堂主, 各位同門,還有在座的所有的貴賓,網路上的同門,大家吉祥!

首先感謝密儀雷藏寺的邀請及董事會的安排。來這裡感覺到好像回 到自己的家一樣。(眾鼓掌)這裡的壇城依舊那 麼莊嚴,(眾鼓掌)每一個壇城去 禮拜,大雄寶殿、龍王殿、護法殿、極樂殿,還有護摩殿,每一個地方看起來都像新的一樣,金碧輝煌。這裡的佛 菩薩,一樣的威靈顯赫。(眾鼓掌)我相信密儀雷 藏寺的董事會跟所有的理事,一樣的同心協力,他們在做廣度眾生的工作。(眾鼓掌)

也 謝謝所有的貴賓蒞臨這一次的盛會。我本人已經來過密儀雷藏寺,這一次算起來是第三次。我說人生紅地毯大概 只能夠走一次,今天更好的是能 夠走紅地毯,走了三次。董事長講,旁邊的路比較小,還是要走紅地毯,那今天走了三次,非常的榮幸。希望有這 樣的機會常常走紅地毯。這樣對師母是不好意思。


Terlebih dahulu kita bersembah sujud pada Bhiksu Liaoming, Acarya Sakya Zhengkong (Dezhung Rinpoche), Karmapa Enam Belas, Acarya Tubten Dhargye. Sembah sujud pada Triratna Mandala. Kita juga mengundang Adinata abhiseka hari ini, yaitu Guru Padmasambhava dan Simhamuka Dakini.

Gurudhara, para Acarya, Dharmacarya, bhiksu lhama, Pandita Dharmadhuta, Pandita Lokapalasraya, ketua vihara, para saudara-saudari Sedharma, serta para tamu sekalian dan para saudara saudari (yang menyaksikan) lewat internet, salam sejahtera semuanya !

Terlebih dahulu terima kasih atas undangan dari Miyi Leizangsi dan persiapan dari para pengurus. Datang kemari seperti kembali ke rumah sendiri (tepuk tangan hadirin) Altar mandala di sini sangat agung sekali (tepuk tangan hadirin), pergi menghormat ke setiap mandalasala, seperti Mandalasala Utama, Nagarajasala, Dharmapalasala, Sukhavatisala dan Homasala, tiap-tiap ruangan terlihat seperti baru, sungguh megah. Di dini juga sangat terasa hawa wibawa dari Para Buddha Bodhisattva. (tepuk tangan hadirin), saya yakin para pimpinan dan pengurus Miyi leizangsi saling bahu membahu menjalankan karya penyelamatan insan luas. (tepuk tangan hadirin)

Juga terima kasih atas kedatangan para tamu dalam acara ini. Saya sendiri sudah pernah datang ke Miyi Leizangisi, kali ini terhitung yang ketiga kalinya. Saya rasa red carpet dalam kehidupan manusia hanya bisa dilewati satu kali saja, hari ini kebetulan bisa melewati red carpet lagi, total melewatinya tiga kali. Para pimpinan di sini mengatakan bahwa jalan disamping lebih kecil, jadi lebih baik jalan melewati red carpet, hari ini sudah melewatinya tiga kali, sangat beruntung sekali. Semoga masih ada kesempatan seperti ini bisa melewati red carpet. Jika demikian sungguh tidak enak hati pada Gurudhara.

ooooooooooooooooooooooooooooooooooooo

我們曉得佛教徒在修行的時候,要行六度。蓮華生大士所講的六度有所謂「外在的六度」跟「內在的六度」,同樣 都是六度,但是有兩種不同的解釋。一個是屬於人的行為本身的六度,一個是修行人內在,內心修正的六度,是不 同的。

今 天要做蓮華生大士祖師的灌頂跟獅面空行母的灌頂。蓮華生大士應該講起來祂是密教第一位的祖師爺,不只是藏 密第一位的祖師爺,可以講密教的 開創者,祕密佛教的開創者,第一位的祖師爺。按照《印度佛教思想史》,先開始的時候是原始佛教,那時候是釋 迦牟尼佛所領導的僧團。再來佛陀涅槃以後就開始 了部派佛教,有所謂「上座部」、「大眾部」,接著就進入二十部的小乘佛教,最後才演變成為大菩提心的大乘佛 教。到了大乘佛教以後就出現了所謂祕密佛教,這 是在《印度佛教思想史》裡面有的。不過並不是大乘佛教沒有了,其實大乘佛教還在,那麼以後才盛行祕密佛教。 事實上祕密佛教在佛陀釋迦牟尼佛的時代已經就有 了,只是沒有盛行而已。


Kita tahu bahwa umat Buddha harus mempraktekkan Sadparamita. Sadparamita yang diajarkan oleh Padmasambhava ada Sadparamita Keluar dan Sadparamita Kedalam (inner), semuanya sama adalah Sadparamita, namun ada dua macam penjelasan yang berbeda. Yang pertama adalah Sadparamita yang termasuk dalam pedoman tingkah laku manusia, dan yang satu lagi adalah inner dari seorang sadhaka, yaitu Sadparamita yang dipraktekkan ke dalam, ini berbeda.


Hari ini akan diberikan abhiseka Guru Leluhur kita Padmasambhava dan Simhamuka Dakini. Padmasambhava bisa dikatakan adalah Guru Leluhur pertama dari Tantryana, tidak hanya Guru leluhur pertama dari Tibetan Tantra, namun bisa dikatakan sebagai pendiri Buddhisme Tantrayana, Guru Leluhur yang pertama. Berdasarkan Sejarah Filsafat Buddhisme India《印度佛教思想史 – Yindufojiao sixiangshi》, pada awalnya adalah Buddhisme awal, saat itu adalah Sangha yang dipimpin oleh Sakyamuni Buddha. Kemudian sehabis Buddha Parinirvana mulai terbentuk berbagai sekte Buddhisme, yang disebut Sthavira, Mahasanghika, kemudian memasuki dua puluh bagian Hinayana, kemudian barulah berubah menjadi Mahabodhicitta Mahayana. Setelah sampai pada masa Mahayana , munculah Tantrayana. Ini ada tercatat dalam buku Sejarah Filsafat Buddhisme India. Bukannya saat itu Mahayana sudah tidak ada, namun sebenarnya saat itu Mahayana masih ada dan kemudian mulai berkembang Tantrayana. Kenyataannya Tantrayana sudah ada sejak jaman Sakyamuni Buddha, hanya saja masih belum berkembang.

ooooooooooooooooooooooooooo

釋迦牟尼佛滅度以後蓮華生大士就出生了。蓮華生大士是屬於化身。什麼叫化身呢?祂不是胎生,因為胎生一定有 父親、母親,祂是在一個叫做「達拉郭嘯海」的一個蓮花的上面所化生出來的。蓮華生大士是非常神 奇的。

在 密教裡面祂是屬於釋迦牟尼佛、阿彌陀佛、觀世音菩薩身口意的化身,所以我們稱蓮華生大士是烏金第二佛。祂 的壽命很長。我們曉得剛剛提到在 休士頓楊秀鶴女士,我在台灣就認識了楊秀鶴女士。她本人寄給我她的《佛教聖經》。那時候介紹我認識楊秀鶴女 士的是以前很早以前的社會司司長劉脩如,她介紹 我認識楊秀鶴女士,那個時候我還在台灣還沒有來美國。楊秀鶴女士她在人間算是人瑞,百歲以上。她今天也能夠 來這裡,見了面非常的高興。(眾鼓掌)她那時候 還提筆的時候我們也曾經通信,她跟我寫信,我給她回信,我給她寫信,她給我回信,所以我們是老 交情。


Setelah Sakyamuni Buddha Parinirvana, lahirlah Padmasambhava. Padmasambhava adalah termasuk manifestasi, apa itu manifestasi ? Beliau bukan lahir dari kandungan, karena lahir dari kandungan pasti mempunyai ayah dan ibu, Beliau bermanifestasi dari sekuntum Padma di Danau Danakosha, Padmasambhava sungguh sangat menakjubkan.

Dalam Tantrayana, Beliau adalah manifestasi tubuh, ucapan dan pikiran dari Buddha Sakyamuni, Buddha Amitabha dan Bodhisattva Avalokitesvara, maka kita menyebut Padmasambhava sebagai Buddha kedua dari Uddiyana. Usianya sangat panjang.

Kita tahu barusan membicarakan upasika Yangxiuhe di Houston, sejak saya di Taiwan sudah mengenal Upasika Yangxiuhe. Dia mengirimkan kepada saya Kitab Suci Buddhisme 《佛教聖經 - Fojiaoshengjing》miliknya, saat itu yang mengenalkan saya kepada Upasika Yangxiuhe adalah Direktur Departemen Urusan Sosial di masa itu, Liuxiuru. Saat itu saya masih di Taiwan belum datang ke Amerika. Kehidupan Upasika Yangxiuhe termasuk beruntung, usianya diatas seratus tahun, hari ini dia juga bisa hadir di sini, bisa bertemu dengannya sungguh senang. (tepuk tangan hadirin). Saat dia masih menulis, kita juga pernah saling berkirim surat, jadi kita adalah sahabat pena.

ooooooooooooooooooooooooooooooooo

蓮華生大士在人間的壽數不可考,沒有辦法去數。有的人講祂有三千歲,但是想想三千歲好像不太可能,因為佛陀 入滅才兩千五百年、二千六百年。那麼蓮師有三千歲,不是佛陀還沒有入滅以前祂就出生了嗎?

那麼蓮華生大士為什麼是無始無終呢?因為祂在西藏一共有五十五年,在西藏弘法密教有五十五年,離開西藏的時 候祂騎著天馬飛行,要到羅剎國去度化眾生,可見祂沒有死,祂是騎著天馬離開西藏,要到羅剎國去度化眾生。所 以,蓮師沒有死,沒有開始也沒有結束。

大家想一想祂在烏金多少年,在印度修行弘法多少年,又到了西藏有五十五年,又離開西藏到羅剎國去弘法多少年 ,祂一共活多少歲,無法去考究。蓮華生大士祂講的,每一個密教的弟子,只要很虔誠地修行,敬師、重法、實修 ,祂都會現在他的眼前,這是祂講的話。

師 尊早期修密教,也是親詣蓮華生大士受祂的灌頂。所以祂會出現在所有真正的密教心子的眼前。今天我們也要灌 頂獅面空行母,獅面空行母祂的法 身(佛)就是般若佛母,祂的報身(佛)就是金剛亥母,金剛亥母應身化現出來是獅面空行母。在密教裡面獅面空 行母是蓮華生大士的上師、本尊跟護法。所以藏人 稱獅面空行母為「仙冬媽」(音),就是獅面空行母。今天我們要灌頂這兩個本尊。

Lama hidup Padmasambhava di dunia tidak dapat diketahui , tidak dapat dihitung. Ada orang yang mengatakan Beliau berusia tiga ribu tahun, namun bila dipikir, tiga ribu tahun itu mustahil, karena Parinirvana Buddha baru duaribu limaratus tahun yang lalu,duaribu enamratus tahun. Jika Padmasambhava berusia tigaribu tahun, bukankah sebelum Buddha Parinirvana Beliau sudah muncul di dunia ini ?

Kenapa Padmasambhava dikatakan tiada awal dan tiada akhir ? karena Beliau di Tibet membabarkan Tantrayana total ada lima puluh lima tahun, saat meninggalkan Tibet Beliau terbang menaiki Kuda Dewata , menuju ke Negeri Raksasa untuk menyelamatkan insan, bisa diketahui bahwa Beliau tidak wafat, Beliau naik Kuda Dewata pergi meninggalkan Tibet. Jadi Padmasambhava tidak pernah wafat , tiada awal permulaan dan tiada akhir.

Coba Anda pikir berapa lama Beliau di Uddiyana, kemudian berapa lama membabarkan Dharma di India, kemudian di Tibet selama limapuluh lima tahun, ditambah lagi meninggalkan Tibet dan menuju Negeri Raksasa untuk membabarkan Dharma, total Beliau hidup berapa lama, tidak dapat di ketahui. Padmasambhava mengatakan, asalkan seorang sadhaka tantra membina diri dengan tulus, menghormati Guru , menitiberatkan Dharma dan tekun bersadhana, maka Beliau akan menampakkan diri dihadapan sadhaka, ini adalah yang diucapkan oleh Beliau.

Pada awal Mahaguru menekuni tantra juga menerima instruksi dan abhiseka langsung dari Arya Padmasambhava. Maka Beliau bisa hadir di hadapan para siswa tantra yang tulus dan sejati. Hari ini kita juga hendak melakukan abhiseka Simhamuka Dakini (獅面空行母 – Shimiankongxingmu), Buddha Dharmakaya dari Simhamuka Dakini adalah Baghavati Prajnaparamita ( 般若佛母 – Boruo Fomu), Sambhogakaya adalah Vajravarahi (金剛亥母 – Jinganghaimu),kemudian Vajravarahi bermanifestasi menjadi Simhamuka Dakini. Dalam Tantrayana , Simhamuka Dakini adalah Acarya , Yidam dan Dharmapala dari Padmasambhava. Maka orang Tibet memanggil Nya Sengdongma yaitu Simhamuka Dakini. Hari ini kita akan mengadakan abhiseka dua Adinata ini.

◎蓮華生大士講六度有所謂的「外六度」跟「內六度」。祂第一個講「佈施」,不小氣、不偏執就是佈施。修行人 本身器量要大,就是佈施。

我 們先講蓮華生大士講的,六度有所謂的「外六度」跟「內六度」。蓮華生大士講的六度跟一般的外六度是不一樣 的。祂第一個講「佈施」,佈施是 什麼呢?不小氣、不偏執就是佈施。你行者修行人本身器量要大,就是佈施。你如果常常在真佛宗宗派裡面,今天 我鬥甲,明天我鬥乙,後天我鬥丙,鬥來鬥去,這 樣你就是不知道佈施。佈施的人器度要大,器量要大。

師尊很少講上師的是 非,不講上師的是非。所有的上師坐在這裡不是沒有缺點,每一個上師都有缺點,師尊從來不 講,我知道但不講。(眾鼓掌) 為什麼不講?因為我在希望他們要懂得器度要大,不要偏執,不要走偏了,不要執著,這是蓮華生大士講的佈施, 這是內在的修行。你器量太小你度的眾生就少。器 量大度的眾生就大。今天為什麼盧師尊講我一個人稱尊就好,我就是根本上師,沒有其他的上師,你們其他的全部 都是法師,那這樣子真佛宗不會大。真佛宗就是有 這麼多的上師出來,這麼多的法師出來,這麼多的弘法人員出來,這個度眾才會廣大。(眾鼓掌)

◎Padmasambhava mengajarkan mengenai Inner Sadparamita. Pertama, Beliau menjelaskan mengenai berdana, yaitu tidak pelit, tidak melekat adalah berdana. Seorang sadhaka harus mempunyai kelapangan hati, inilah berdana.

Kita bicarakan mengenai apa yang diajarkan oleh Padmasambhava mengenai Inner Sadparamita. Sadparamita yang diajarkan oleh Padmasambhava tidak sama dengan Sadparamita secara umum. Yang pertama Beliau bahas adalah berdana, apa yang didanakan ? yaitu tidak pelit dan tidak melekat, itulah berdana. Seorang sadhaka harus mempunyai hati yang lapang, inilah berdana. Bila Anda sebagai sadhaka Zhenfo zong, hari ini memperebutkan ini, besok memperebutkan itu, lusa memperebutkan yang lain lagi, saling berebut, dengan demikian berarti Anda tidak memahami berdana. Orang yang bisa berdana, hatinya harus lapang.

Mahaguru sendiri jarang membicarakan mengenai Acarya, tidak membicarakan gossip mengenai Acarya. Para Acarya yang duduk disini bukan tanpa kekurangan, tiap Acarya punya kekurangan, Mahaguru sejak dulu tidak mau membahasnya, saya tahu namun saya tidak mengungkapkannya.(tepuk tangan hadirin) kenapa tidak membicarakannya ? Karena saya mengharap supaya mereka mengerti bagaimana berlapang dada, jangan melekat, jangan menyimpang, inilah berdana yang diajarkan oleh Padmasambhava, ini adalah pembinaan kearah dalam. Jika hati Anda sempit, maka insan yang Anda selamatkan sedikit, jika hati Anda lapang, maka akan semakin banyak pula insan yang diselamatkan. Jika hari ini Mahaguru mengatakan bahwa lebih baik saya saja yang paling utama, saya adalah Mulacarya, jadi tidak ada Acarya yang lain, Anda dan yang lainnya semua hanyalah bhiksu lhama, jika demikian Zhenfo zong tidak akan bisa berkembang. Dalam Zhenfo zong bermunculan demikian banyak Acarya , biksu lhama dan pembabar Dharma, dengan demikian barulah bisa menyelamatkan insan luas. (tepuk tangan hadirin)

oooooooooooooooooooooooooooooo

蓮 華生大士說,所謂「持戒就是滅除煩惱」。持戒不是要我們守五戒、守八戒、守沙彌戒、守菩薩戒、守出家戒嗎 ?這才叫做持戒!那是外持戒! 真正的「內持戒」是一切煩惱沒有,這個就是持戒。這蓮師講的,蓮華生大士講的,沒有煩惱就是持戒。煩惱因誰 而起,因「我」而起,你有了自己就會有煩惱,當 你沒有自我的心的時候,你的戒行就圓滿。煩惱是因有我而起,你沒有煩惱,就是你已無私了。你既然是無私了, 你就是持戒,你不會侵犯到別人,這個才是真正的 持戒喔!蓮華生大士講的真正的持戒,就是你沒有私心,就是持戒。蓮師講的都是很有道理的,那叫做「內持戒」 。你有了私心了,你就犯戒了,因為侵犯到別人。 大家想一想是不是這樣子呢!

Padmasambhava mengatakan, menjalankan sila adalah menyingkirkan kerisauan batin. Bukannya menjalankan sila berarti menyuruh kita menjalankan Pancasila, astasila, samanera sila, Bodhisattva sila atau sila kebhiksuan ? Itu semua adalah sila luar. Sila dalam yang sejati adalah tiada lagi keruwetan batin, inilah menjalankan sila. Ini diajarkan oleh Padmasambhava, tiada keruwetan batin adalah menjalankan sila. Siapa yang menyebabkan keruwetan batin ? adalah ke”aku”an yang menimbulkannya, begitu ada “ego”, maka akan timbul keruwetan batin, namun saat Anda menjadi tiada “ego”, maka berarti sila Anda telah sempurna. Kerisauan batin muncul karena ke-aku-an, jika Anda tiada kerisauan batin berarti Anda telah mencapai tiada ego. Jika Anda telah mencapai tahap tiada ego, berarti Anda sedang menjalankan sila, Anda tidak akan menjerumuskan orang lain, inilah sila yang sejati ! Sila sejati yang diajarkan oleh Padmasambhava, yaitu tiada ego, itulah sila. Apa yang diucapkan oleh Padmaguru semua sangat berarti, ini disebut menjalankan sila ke dalam. Begitu Anda timbul ego, berarti Anda telah melanggar sila, karena hal itu akan menjerumuskan orang lain. Coba Anda sekalian renungkan.

Ganesha (Jambhala Merah)

Kutipan Dharmadesana Dharmaraja Liansheng 31 July 2010


今 天我們做「紅財神」的護摩。紅財神在印度,叫「甘尼許」(「Ganesh」或稱「Ganesha」,北印度音)。這一尊紅財神,在西雅圖雷藏寺, 受到印度人的膜拜。西雅圖有很多的印度人,因為Microsoft(微軟)請了很多的印度人到Microsoft裡工作。所以這些印度人風聞西雅圖雷藏寺 有紅財神,他們全部來拜紅財神。(眾鼓掌)
Hari ini kita melaksanakan Api Homa Jambhala Merah. Jambhala Merah di India disebut sebagai Ganesh atau Ganesha (suara India Utara). Jambhala Merah ini di Vihara Vajragarbha Seattle sering dikunjungi dan dipuja oleh orang India. Di Seattle ada banyak orang India, karena Microsoft banyak merekrut staff dari India. Maka dari mulut-kemulut mereka mengetahui bahwa di Vihara Vajragarbha Seattle ada Ganesha, maka mereka semua datang untuk memuja Jambhala Merah. (tepuk tangan hadirin)

這一尊紅財神在印度和西 藏,都很有名望,大家如果對印度教有所了解,大梵天(Lord Bhrama)──創造神,破壞天就是破壞神Shiva,大自在天(Lord Shiva)就是破壞神。另外,還有保護神──遍淨天(Lord Vishnu)。了解的話,會對Ganesh產生無比的恭敬心,因為祂是「賜福」之王,賜福印度的財富,賜福西藏人的財富,賜福眾生的財富。(眾鼓掌)
Jambhala merah ini sangat terkenal di India maupun Tibet. Jika Anda sekalian ada memahami Agama Hindu, mengenai Brahma Deva(Lord Bhrama)── Sang Pencipta, kemudian Dewa Pelebur adalah  Shiva,Mahamahesvara(Lord Shiva). Selain itu, ada Dewa Pemelihara, Dewa Subhakrsna(Lord Vishnu)。Jika Anda memahaminya, maka akan timbul rasa bhakti yang tak tertandingi pada Ganesha. Karena Beliau adalah Raja Pemberi Berkah, pemberi berkah bagi rakyat India dan Tibet, pemberi berkah bagi para insan. (tepuk tangan hadirin)

大 家要拜紅財神,記得要摸祂的鼻子,紅財神本身法力最主要的地方在祂的鼻子,祂的鼻子是最有力量的,祂的鼻子能夠生出一切的財寶,能夠吐出一切的金銀珠寶和 金錢。行者為求得人間的資糧,以金剛杵觸紅財神的頂,敕令紅財神吐出所有的資糧,祂會吐出來的。(眾鼓掌)這一尊的修行,對於資糧,非常的重要。今天做紅 財神的護摩,還沒有點火以前,紅財神已經降臨。(眾鼓掌)我們希望紅財神Ganesh,能夠賜福大眾,一切所需要的資糧;也賜福大眾,增加如來的智慧;賜 福大眾,能夠息掉所有的業障;祈請紅財神賜福大眾,能夠退卻所有的怨敵。
Bila anda hendak memuja Ganesha, ingatlah untuk membelai belalai Nya, Dharmabhala Ganesha sendiri yang terutama ada pada bealalai, belalai Nya adalah yang paling berkekuatan, belalai Nya mampu menciptakan berbagai harta benda, serta mampu mengeluarkan uang. Bagi sadhaka yang memohon bekal duniawi, maka gunakanlah vajra untuk menyentuh kepala Ganesha. Memohon supaya Beliau mengeluarkan semua bekal yang kita perlukan, Beliau mempunyai kemampuan untuk mengeluarkannya. (tepuk tangan hadirin)
Penekunan Adinata ini sangat penting bagi kecukupan bekal. Hari ini kita melakukan api homa Ganesha, sebelum api homa dinyalakan, Beliau telah hadir (tepuk tangan hadirin)
Kita memohon semoga Jambhala Merah (Ganesh), dapat memberikan berkah pada para umat, meberikan semua yang diperlukan. Juga memberkahi semuanya supaya bertambah Prajna Tathagata. Memberkahi semuanya supaya dapat mengikis semua karmawarana. Mohon Jambhala Merah memberkati semuanya supaya dapat membuat semua musuh menjadi mundur.

我說過,紅財神也能夠敬愛圓滿。為什麼?因為這一尊Ganesh不是普通的象,祂的鼻子能夠伸長,而且是無盡的長。你只要修敬愛法,觀想紅財神的鼻子伸出去,你的女朋友住在台北,祂就伸到台北,用鼻子將女朋友一捲,將她捲住,勾到你的面前,這就是敬愛法。
Saya pernah mengatakan bahwa Ganesha mampu memberkati dengan kerukunan yang sempurna, kenapa ? Sebab Ganesh bukanlah gajah biasa, belalai Nya mampu memanjang, bahkan mampu memanjang tanpa batas. Pada saat bersadhana vasikarana, visualisasikan belalai Ganesha menjulur, bila kekasih Anda berada di Taipei, maka belali itu menjulur sampai ke Taipei, kemudian dengan belalai membelit kekasih Anda, bawa kehadapan Anda, inilah sadhana vasikarana (kerukunan dan cinta kasih).

祂 可以修敬愛法的,象的鼻子,勾住美女,勾住自己的老闆,勾住自己的董事長,勾住你要敬愛的人,他時時刻刻都會想你,這是很重要的。所以 做生意的人,我看做生意的企業家在點頭,回去訂單馬上就來,為什麼?因為將開訂單的人勾住,就會有訂單來。佛法是活用的,紅財神的鼻子是活的,佛法不是死 的,佛法是活的,是活用的,你只要會修法,能夠應用,受益無窮。
Ganesha dapat mensukseskan sadhana Vasikarana, belalai Nya, mengikat seorang rupawan, mengikat boss Anda, mengikat pimpinan Anda,  mengikat orang yang Anda inginkan supaya mempunyai hubungan yang baik dengan Anda. Maka dia setiap saat akan memikirkan Anda, ini sangat penting. Maka, orang yang berbisnis, begitu pebisnis kembali maka daftar pesanannya langsung datang, kenapa ? sebab Anda telah mengikat pihak yang hendak membuat daftar pesanan. Buddha Dharma itu bisa digunakan dengan hidup , belalai Ganesh juga hidup, Buddha Dharma bukan sesuatu yang mati (kaku), Buddha Dharma itu bisa dimanfaatkan dengan hidup, asalkan Anda bisa melakukan sadhana, bisa menggunakannya, maka manfaat yang Anda peroleh adalah tak terhingga.  

今天的紅財神,也能夠治病, 紅財神為什麼能夠治病?祂可以從祂的鼻子吐出甘露水,將大家所有的業障洗乾淨,業障一乾淨,病就會好;紅財神 也能夠接引眾生,往生西方佛國。(眾鼓掌)今天我們做紅財神的護摩,祂又稱為「資糧主」,只要以金剛杵加持紅財神的頂,敕令紅財神吐出NT or US money,滿山滿谷,你的資糧就用不完。(眾鼓掌)
Ganesha juga bisa menyembuhkan penyakit, kenapa demikian ? sebab Beliau mampu menyemburkan amrta dari belalai Nya. Menyuci bersih semua karmawarana, begitu karmawarana bersih, maka penyakit akan tersembuhkan ; Ganesha juga mampu menjemput insan supaya terlahir di Sukhavatiloka (tepuk tangan hadirin)
Hari ini kita melakukan api homa Ganesha, Beliau juga disebut sebagai Tuan dari Bekal Hidup Bersadhana.

佛 法不是死的佛法,可以應用你的佛法,在你的日常生活之中。我說了,睡覺──眠光法,吃飯──供養法,走路──持咒法,走路可以持咒啊!經行──專 一法, 做任何事情都是佛法。所以做生意怎麼不是佛法?修「資糧主」,做生意先摸一摸紅財神的鼻子,摸祂三下,向祂祈禱,觀想滿山滿谷的金錢,觀想你的訂單,觀想 你的貴人,觀想老闆為你加薪。這樣會不會?(眾鼓掌)和人家合夥做生意,觀想你的合夥人和你同心同德,這樣比較不會互欺,互相欺騙;觀想敬愛,觀想和你的 合夥人相處,有福同享,有難同當,才是真正的合夥人。
Buddha Dharma bukanlah Dharma yang mati, Buddha Dharma bisa digunakan dalam hidup Anda sehari-hari. Saya pernah mengatakan, saat tidur Anda bisa berlatih sadhana tidur, saat makan dapat berlatih sadhana persembahan, saat berjalan dapat menjapa mantra. Melakukan perhatian penuh saat jalan , itu adalah sadhana konsentrasi, sehingga melakukan apapun semua adalah Buddha Dharma. Maka dalam berbisnis pun kenapa juga bukan Buddha Dharma ? Menekuni Sadhana Tuan Perbekalan Hidup Sadhana, bagi yang berbisnis bisa membelai belalai Beliau tiga kali, kemudian berdoa kepada Nya, bervisualisasi uang yang menggunung, bervisualisasi daftar pesanan, bervisualisasi orang yang suka menolong, bervisualisasi boss Anda menambahkan gaji.Demikian bisa tidak ? (tepuk tangan hadirin) Bila Anda bekerjasama dengan orang lain untuk menjalankan bisnis, visualisasikan partner Anda memiliki kesepakatan dan sehati dengan Anda, dengan demikian tidak akan saling curang ; Visualisasikan kerukunan, visualisasikan partner dan Anda saling berbagi rejeki dan saling membantu jika ada kesulitan, inilah sebuah kerjasama bisnis yang sesungguhnya.


Tambahan:
問:紅財神的手印及修增益法、敬愛法的要訣?
Tanya (siswa) : Kunci dari mudra Ganesha , sadhana paustika (berkah) dan sadhana vasikarana dari Ganesha.

師尊答:
Mahaguru Menjawab :

紅財神的象徵就是鼻子,手是合抱鼻子伸出來。以前伸大拇指,這次法會是伸小拇指,如是施給別人是尾指,給自己是拇指,同樣是紅財神手印。法會要施給眾生是尾指,比尾指是給眾生;如是佈施給自己是伸拇指,觀想紅財神在面前,這是屬於自己的,修法給自己。
Simbol dari Ganesha adalah belalai, kedua tangan merangkap dan belalainya menjulur. Dulu (untuk mewakili belalai) diajarkan menggunakan ibu jari dijulurkan, di upacara kali ini menggunakan jari kelingking yang dijulurkan, (jari kelingking) digunakan jika kita hendak memberikan (berkah) kepada orang lain. Untuk diberikan kepada diri sendiri adalah menggunakan ibu jari (sehingga belalai menghadap diri sendiri) , keduanya sama merupakan mudra Ganesha. Dalam upacara Dharma saat hendak member kepada para insan, menggunakan jari kelingking (menjulur ke arah luar), untuk diri sendiri menggunakan ibu jari, bervisluasisasi Ganesha ada dihadapan, ini merupakan sadhana bagi diri sendiri.

觀想敬愛,就把鼻子伸長把上司本身捆住,拉到身邊,上司現出笑容,觀想情人也是這樣做。
Visualisasi untuk vasikarana (cinta kasih/kerukunan) adalah  bervisualisasi belalai menjulur panjang menangkap atasan, kemudian dibawa kesamping sadhaka,kemudian visualisasikan atasan Anda tersenyum. Untuk visualisasi memohon pasangan juga demikian.

修福報增益,觀想紅財神頂上有十字金剛杵,或直接觸紅財神頂,讓紅財神鼻子吐出你需要的東西:房子、土地、人、所有金銀珠寶,或你需要的東西,從鼻子吐出來。
Untuk sadhana paustika, bervisualisasi di atas kepala Ganesha terdapat vajra salib, atau langsung disentuhkan ke kepala Ganesha, supaya belalai Ganesha mengeluarkan benda yang Anda inginkan, seperti bangunan, tanah, orang, uang, perhiasan maupun barang yang Anda inginkan , semua keluar dari belalai.

摸鼻子是印度人的習俗,摸鼻子三下,觀想鼻子吐出財寶給你。
Membelai belalai Ganesha adalah tradisi orang India, membelainya tiga kali, sambil bervisualisasi belalai Ganesha mengeluarkan permata dan kekayaan untuk Anda.

手印內縛外縛都可以,如有規定內縛就內縛,規定外縛就外縛。
Mudra bisa merangkap kedalam maupun keluar, jika pada saat upacara ditentukan untuk membentuk rangkap kedalam, maka ikutilah. Jika ditentukan untuk merangkap keluar, maka Anda ikuti merangkap keluar.

~ Kunci Yidam Bhaisajyaguru ~ Sinar Vaidurya nan Suci

From Grand Master Book 75

Menurut saya, bila seseorang ingin tubuhnya tanpa sakit penyakit, maka parana dan nadinya harus tembus, dengan kata lain prana dan nadi sekujur tubuh dapat bersilkulasi dengan tepat dan lancar, tiada halangan, bahkan sampai seluruh tubuh transparan, bagaikan vaidurya, untuk mencapai ini harus menggunakan api dalam membakar semua kilesha, mencapai Vaidurya nan suci.

Sadhaka yang melakukan bhavana sampai demikia adalah sangat istimewa dan agung. Tubuhnya memancarkan sinar terang.

Sedangkan Bhaisajyaguruvaiduryaprabha Tathagata, atau disebut juga Buddha Maharaja Penyembuh,Beliau mendirikan sebuah Tanah Suci di sebelah Timur Gunung Sumeru, dinamakan Tanah Buddha Vaiduryaprabha, disebut juga Dunia Lazuardi nan suci di sebelah Timur, dunia tersebut sangat istimewa dan agug.

Harus tahu bahwa diantara 12 ikrar Bhaisajyaguru , yang pertama adalah berikrar membuat tubuh diri sendiri dan orang lain supaya bercahaya."

Dari ikrar agung yang pertama ini, sadhaka harus menekuni dahulu "Tubuh penuh dengan cahaya lazuardi yang suci.". Kemudian menekuni "Cahaya Lazuardi" seluruh umat manusia di dunia.

Menekuni Sadhana Yidam Bhaisajyaguru Tathagata, menurut saya ikrar yang pertama adalah kunci utamanya, tujuan dari Buddha ini adalah mengobati berbagai penyakit, terlebih dahulu bersadhana tekun sampai diri sendiri tiada sakit penyakit, barulah menolong orang lain sembuh dari penyakit.

Pengiring Bhaisajyaguru Buddha adalah Suryaprabha Bodhisattva dan Candraprabha Bodhisattva. Sedangkan Bodhisattva pengiring lainnya adalah Avalokitesvara Bodhisattva, Mahastamaprapta Bodhisattva, Manjusri Bodhisattva, Ratnacandana Kusuma Bodhisattva, Aksayamati Bodhisattva, Bhaisajyaraja, Bhaisajyasamudgata, Maitreya dan lain sebagainya.


Kunci dari yidam ini adalah :
Cakra hati sadhaka memancarkan cahaya vaidurya nan suci.
Cakra hati Bhaisajyaguru Buddha memancarkan cahaya vaidurya nan suci.
Kedua cahaya saling berpadu, sadhaka dan Bhaisajyaguru Buddha tiada beda, menyatu dengan Sang Yidam.

  Kemudian sadhaka menyinari dengan sinar vaidurya kepada para insan yang menderita dan sakit , supaya mereka memperoleh keleluasaan tubuh dan pikiran.
Cahaya vaidurya suci dari tubuh sadhaka harus diperoleh dari pelatihan api dalam.

Menurut Buddha Hidup Liansheng, bila ingin memberikan manfaat bagi para insan, menolong para insan, bisa menekuni Sadhana Pancamandala Saptabuddha Bhaisajyaguru.

Sapta Buddha adalah :

善稱名吉祥王如來
Shanchengming jixiangwang rulai


寶月智嚴音自在王如來
Baoyue zhiyanyin zizaiwang rulai


金色寶光妙行成就如來
Jinse baoguang miaoxing chengjiu rulai


無憂最勝吉祥如來
Wuyou zuisheng jixiang rulai


法海雷音如來
Fahai leiyin rulai


法海慧遊戲神通如來
Fahaihui youxi shentong rulai


藥師琉璃光如來
Yaoshiliuliguang rulai


sedangkan Pancamandala adalah :


中央大聖不動明王
zhongyang dasheng budong mingwang

Acalanatha Vidyaraja di tengah


南方軍荼利夜叉明王
nanfang juntuli yecha mingwang

Kundaliyaksa Vidyaraja di Selatan


北方是金剛夜叉明王
beifang jingang yecha mingwang

Vajrayaksa Vidyaraja di Utara


東方是降三世明王
dongfang jiangshanshi mingwang

Trailokya Vidyaraja di Timur


西方是大威德明王
xifang daweide mingwang

Yamantaka Vidyaraja di sebelah Barat


Selain itu ada sadhana 12 Devapati Bhaisajyaguru, merupakan tantra berdasarkan 12 cabang sodiak.

Sebenarnya homa juga dapat ditekuni, digunakan sebagai pendukung , pelatihan api dalam adalah penekunan sampai sekujur tubuh bagaikan vaidurya, sedangkan sadhana api luar adalah homa, homa adalah mewakili diri sendiri dan orang lain membakar karma buruk dan kilesha.

Bila kilesha dan karma buruk disingkirkan maka tidak akan ada penyakit.

Kunci utama yang sesungguhnya dari Yidam Bhaisajyaguru Buddha adalah :
api dalam
api luar
cahaya vaidurya nan suci

penekun sadhana ini harus terlebih dahulu memahami ajaran Sakyamuni Buddha mengenai ladang pahala yang pertama adalah merawat orang sakit.


Buddha pernah mengatakan, sejak saat ini sampai kelak, harus merawat orang sakit, bila ingin meberi persembahan pada Ku, terlebih dahulu berilah dana pada orang sakit.

Dalam Brahmajala Sutra dikatakan :
Bila siswa Buddha bertemu dengan orang sakit, harus memberi persembahan bagaikan pada Sang Buddha sendiri, diantara delapan ladang berkah, memberi perhatian pada orang sakit adalah yang pertama. Bila ayah bunda, guru maupun sangha serta siswa ada yang sakit, cacat dan berbagai derita, harus diobati dan dirawat.


Dalam Dharmaguptavinaya, ada lima prinsip utama :

1. Mengetahui makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh si sakit, berdana makanan yang boleh dimakan si sakit.

2. Tidak jijik terhadap kotoran, air seni maupun muntahan orang sakit.

3. Berwelas asih tanpa pamrih akan sandang pangan.

4. Mampu memberikan pengobatan sampai penderita sembuh , sampai akhir hayat tak berubah.

5. Membabarkan Dharma pada penderita supaya memperoleh suka cita.


Di dalam lima poin tersebut, poin ke lima sangat penting, harus mengetahui bahwa derita penyakit adalah akibat karma buruk masa lampau, maka barulah ada akibat yang demikian, oleh karena itu hendaklah bertobat. Harus menuntun si sakit untuk bersarana pada Triratna, merenungkan Buddha, Dharma dan Sangha, supaya dia bisa memahami hukum karma.

Saya pernah menggunakan api homa Bhaisajyaguru sadhana dan sadhana sinar, atau cahaya suci vaidurya menyinari benang merah atau hijau, untuk mengobati penyakit, orang sakit yang tersembuhkan sudah tak terhitung banyaknya, Sadhana ini sungguh luar biasa, Dharmabalanya tak terhingga, merupakan sadhana Yidam yang Anuttara.

Kunci Padmasambhava Yidam Yoga - Beryukta dengan Ikrar / 蓮華生大士本尊口訣─誓願相應

 Buku 75: 真佛法中法
translated by Lianhua Shian

「蓮華生大士」在蓮生活佛的定中出現,蓮生活佛被帶著飛往西藏金墓穴,被教授寧瑪派最高無上的大法,即「大圓滿法」(阿底麻哈珊底瑜伽)。

「蓮華生大士」是蓮生活佛的「尊傳」根本上師。

為什麼蓮華生大士,在蓮生活佛的定中出現?這其中真正的要訣是──「誓願相應」。

因為現今之世,蓮生活佛以一大因緣出現於世,蓮生活佛的本源與蓮華生大士的本源是一樣的。

蓮生活佛從阿彌陀佛西方摩訶雙蓮池來。

而蓮華生大士圓證阿彌陀佛之無上悉地。

因「本源相等」。

因「誓願相應」。

Padmasambhava hadir dalam samadhi Buddha Hidup Liansheng, Buddha Hidup Liansheng dibawa terbang ke Kuburan emas di Tibet untuk diajarkan Anuttara Mahasadhana dalam Nyingmapa, yaitu Mahaparipunayoga (Adi Mahasantiyoga)
Padmasambhava adalah Guru Akar dari Buddha Hidup Liansheng.
Kenapa Padmasambhava hadir dalam samadhi Buddha Hidup Liansheng ?
sebab utamanya adalah ikrar yang saling beryukta
Karena dalam kehidupan saat ini, Buddha Hidup Liansheng hadir di dunia ini karena sebuah nidana yang agung, Buddha Hidup Liansheng memiliki sumber yang sama dengan Padmasambhava.
Buddha Hidup Liansheng datang dari Mahapadminiloka Sukhavati Amitabha Buddha.
Sedangkan Padmasambhava telah merealisasikan dengan sempurna Anuttarasiddhi dari Amitabha Buddha.
Karena sumber dan ikrarnya sama.

所以,蓮華生大士教授蓮生活佛大密法,而成就等正覺。蓮生活佛得到蓮華生大士的真傳。

Maka, Padmasambhava mengajarkan Mahasadhana Tantrayana kepada Buddha Hidup Liansheng sehingga merealisasikan Anuttarasambodhi. Buddha Hidup Liansheng memperoleh silsilah sejati dari Padmasambhava.

我寫一詩為記:
Saya tuliskan satu puisi untuk mengingat :

虛空原來已記載。
Ternyata telah tertulis di angkasa.

法界金剛藏蓮華。
Dharmadhatu Vajragarbhapadma.

寶光增長大勢至。
Sinar ratna menumbuhkan kekuatan agung.

最勝無上大相應。
Mahayukta Anuttara yang paling vijaya.

蓮 華生大士垂訓示後,最重要的一語如下:「我之經軌,猶如毒蛇之首,用之善巧,則得其珠,否則反為所中傷,總聽本師言教,自觀本心用功,不擇貧富貴 賤,必選其實心信仰者而傳,一切人前,皆宜謙和,勿稍驕矜,勿貽憾於人。我於爾所時,經典法教,業已傳竟。印度西南方阿雅普林地,有大惡族,其人身量,敵 此土九人身之巨,我當往度之。我無去來,惟信我者,我即現在其前,而為說法。」

Padmasambhava memberikan petunjuk, kata-kata yang paling penting adalah :
"Kitab dan tata cara dari Ku ini bagaikan kepala ular berbisa, bila digunakan dalam kebajikan dengan tepat maka akan memperoleh mutiaranya, bila tidak justru akan mencelakakan. Dengarkanlah dengan seksama ajaran dan petunjuk Mulaguru, lakukan pengamatan pada batin dan tekun, tidak membedakan miskin, kaya, terhormat atau rendahan, wariskanlah pada yang memiliki sraddha murni, yang bersikap rendah hati pada semua orang,  sedikitpun tidak sombong, jangan menyesal kemudian. Saat ini, kitab , ajaran dan karman telah diwariskan. Di Ayapulin India Barat Daya, ada satu suku jahat, bertubuh besar seperti sembilan orang, Aku telah menyelamatkan mereka dengan cara penyeberangan arwah. Aku tiada datang dan pergi, kepada yang meyakini Ku, Aku akan muncul di hadapannya untuk membabarkan Dharma."

在大士本跡中記載:「大士本已成等正覺,證五佛智,度生方便,皆悉具足,能滿 眾願,普利有情。其五佛母『納加面達喇瓦』、『噶那斯地』、『夏加迭 瓦』、『札西淺真』、『葉興磋加』或生印度,或生尼泊爾與不丹,或生西藏,皆為大權示現,助師應化,調御有情,紹隆三寶,大士融通顯密,不使兩歧,凡顯經 密軌中究竟法義,無上悉地,皆深得釋迦如來師承口訣,真正血脈,所有金剛身語意三業,宏報化三身,成證祕訣,及息增懷誅,度生方便,皆悉圓滿。」

Dalam buku riwayat Yang Arya Padmasambhava tertulis :
"Pada hakekatnya Yang Arya telah mencapai Anuttara Samyaksamboddhi, merealisasi Pancadhyani Buddha Prajna, memiliki kemampuan upaya kausalya dalam menyelamatkan insan, mampu menyempurnakan permohonan insan , memberikan manfaat pada para insan.
Lima Baghavati Nya :

Mandarava dari Zahor
Kalasiddhi
Sakya Devi
Tashi Kyedren
Yeshe Tsogyal
yang terlahir di India, atau Nepal, atau Bhutan, maupun Tibet.
Semua adalah manifestasi dari Mahabala para Guru Leluhur yang datang kembali demi para insan, memuliakan Triratna. Sang Arya menggabungkan antara esoterik dan eksoterik tanpa ada pertentangan.
Baik itu sutra eksoterik dan kitab tata cara tantra dan Anuttara Siddhi, semua memperoleh kunci silsilah Sakyamuni Tathagata, urat nadi silsilah yang sejati.
Semua Vajra trikarma tubuh, ucapan dan pikiran bermanifestasi menjadi Trikaya, merealisasikan kiat rahasya santika, paustika, vasikarana dan abhicaruka, semua upaya penyelamatan para insan sempurna."

蓮華生大士圓證無量壽如來無上悉地,凡四種淨土中依正莊嚴之相,身土不二之德,廣長舌遍覆之跡,與普攝眾生之多,廣如阿彌陀佛經所載。

蓮華生大士是「釋迦身、彌陀語、觀音心」三密三聖合一體的金剛應化身。

其心要是「世間貪者,一刀兩斷;八十八使,當體解脫;五毒現前,妙用自如。敬師重法,實修者得之!」


Arya Padmasambhava telah sempurna merealisasi Anuttara siddhi dari Amitayus Tathagata , keempat Tanah Suci bergantung pada rupa keagungan, tubuh dan Tanah Suci tidaklah berbeda, kepanjangan lidah (penyempaian Dharma) memenuhi alam semesta universal, insan yang diselamatkan luas bagaikan yang tercatat dalam Sutra Amitabha.

Arya Padmasambhava adalah Vajranirmanakaya dari penyatuan trikaya Triarya , yaitu :
Tubuh Sakyamuni Buddha
Ucapan Amitabha Buddha
Pikiran Avalokitesvara Bodhisattva.

Kunci utamanya adalah :

"memotong keserakahan pada dunia material ; Delapan pulu delapan pembebasan dalam tubuh sekarang ; Saat kelima racun timbul, gunakanlah kebijaksanaan dengan baik ; Ini semua mampu deiproleh bagi yang menghormati Guru, menitik beratkan Dharma dan tekun membina diri."


蓮生活佛曾經如此的說:

蓮華生大士有大祕密的金剛法在身上,有金剛性,所以能制服諸外道,能摧滅妖魔,一切鬼神均聽令於蓮華生大士。

Buddha Hidup Liansheng pernah mengatakan :
"Arya Padmasambhava memiliki Sadhana Vajra Maharahasya, mempunyai sifat Vajra, maka mampu menaklukan semua aliran sesat, mampu mengenyahkan mara pengganggu, semua hantu dan dewa mendengar perintah Arya Padmasambhava. "

昔年蓮華生大士入西藏,西藏的原始神教(笨波教)黑教,一個殺嬰祭神荒淫五毒的邪教正大肆猖狂。而蓮華生大士便顯現了金剛身金剛性,破除西藏的黑教,才建立了西藏密宗。

Pada masa lampau saat di Tibet masih dikuasai agama dewa , agama kegelapan (Bon) yang memuja dewa dengan mengorbankan bayi dan seks serta kelima macam racun, Padmasambhava datang ke Tibet dan menampilkan Tubuh dan Sifat Vajra, menghancurkan agama kegelapan di Tibet, baru mendirikan Tantrayana Tibetan.

今修持蓮華生大士本尊法,其最祕密的大口訣,正是──「誓願相應」。

Menekuni Sadhana Padmasambhava Yidamyoga rahasia kunci utamanya adalah :
Beryukta dengan ikrar

這誓願正是:
Ikrar Nya adalah :
廣持毗尼。
Menjaga sila dengan ketat menyeluruh.

自修第一。

Membina diri dengan tekun sebagai yang utama


發菩提心。
Membangkitkan Bodhicitta.

利他為最。
Mengutamakan memberikan manfaat (perkembangan batin) bagi yang lain

福聚神通。
Menimbun pahala dan abhijna.

度生無盡。
Menyelamatkan insan tanpa batas.

我個人覺得,修持蓮華生大士本尊法,要有精嚴的一貫修持,所以是「自修第一」,而其所度的眾生又是最多,所以是「利化為最」,其神通力又是最大,因而是「福聚神通」,其誓願又無窮,自然是「度生無盡」了。

Menurut saya, menekuni Sadhana Arya Padmasambhava harus memiliki ketekunan yang amat kuat dalam membina diri, inilah "Mengutamakan pembinaan diri"
Insan yang diselamatkan adalah yang paling banyak, maka "Mengutamakan memberi manfaat bagi perkembangan batin pihak lain"

Abhijna Nya juga yang paling besar, maka berikrar "Menimbun pahala dan abhijna"
Ikrarnya tak terhingga, maka dengan alamiah disebut "Menyelamatkan insan tanpa batas"



有大願力的弟子,及兼金剛性的弟子,可以修持蓮華生大士本尊法。是為傳法教主也,其應化一世又一世,永無止盡,教化他人成佛。而蓮生活佛正是其教化者之一。

Siswa yang memiliki ikrar agung dan sifat Vajra dapat menekuni Sadhana Yidam Yoga Arya Padmasambhava.
Sebagai ketua pewarisan Dharma, manifestasinya dari masa ke masa, selamanya tiada akhir, demi mengajar para insan untuk mencapai Kebuddhaan, sedangkan Buddha Hidup Liansheng adalah salah satu dari yang diselamatkan melalui ajaran Nya.

Raga Raja (Ai Jan Ming Wang)

MAKNA RUPA RAGARAJA
Ragaraja, Raga adalah nafsu keinginan , makna dari namaNya adalah penguasa atas nafsu keinginan. Ragaraja adalah kemurnian moral yang dimiliki oleh setiap makhluk, mula dari Buddhata yang tak tercemari,.
【Makna Rupa Ragaraja Vidyaraja】:
Perlu diketahui, dibawah ini adalah wujud yang telah dibabarkan dalam sutra, penjelasannya masing masing bentuk mengacu bentuk yg dilukiskan dalam sutra
◎1.Warna tubuh Nya bagaikan matahari terbit :Berwarna merah terang ,bermakna Vidyaraja melindungi dan mengasihi semua makhluk dengan sangat mendalam.
◎2.Menetap di cakra yang berkobar :Tubuh Nya bagaikan cahaya matahari dapat membasmi kegelapan batin.
◎3.Tiga mata angkara murka :3 mata bermakna Trikula (Buddhakula、Padmakula、Vajrakula)yang sebenarnya satu,juga bermakna Trikaya yang tidak mendua. Mata kiri adalah Buddhalocani、Mata kanan adalah Ekausnisacakra、Mata Tengah adalah Ragaraja,ketiga Nya menyatu. Bermakna kekotoran yang diubah menjadi Prajna Dharmakaya.

◎4.Mahkota Singa :
Keagungan dan wibawa, merupakan Dharma yang paling cepat menghancurkan segala halangan pembinaan diri , leluasa dan tanpa ketakutan.

◎5.Krodha dengan rambut berdiri :
Memutuskan semua kegelapan batin, tekun dalam Dharma.

◎6.Lima cabang vajra (kaitan) di usnisa :
Mengait dan menaklukkan polusi nafsu para makhluk dan lima racun. Merealisasikan Pancajnana, mengalahkan bala tentara mara.

◎7.Pita terjalin pada hiasan kepala:
Sukha duniawi dan Dharmasukha menyatu.

◎8.Anting Anting :
Telinga senantiasa mendengar Kata kata sejati dari Para Buddha.

◎9.Tangan kiri memegang belvajra:
Menyadarkan semua makhluk

◎10.Tangan kanan:
Memperkokoh mula hati Boddhi.

◎11.Bentuk bagai Vajrasattva:
Merupakan Vajracitta yang semula ada dalam semua makhluk

◎12.Berdiam di dunia para makhluk:
Mampu mengentaskan para makhluk dari lumpur lahir dan mati

◎13.Tangan kiri memegang busur:
Pahala Vajrabhala tanpa takut

◎14.Tangan kanan memegang panah vajra:
Memanah semua makhluk supaya timbul sukacita

◎15.Bagaikan memanah bintang-bintang,merealisasikan Mahavasikarana:
memanah semua bintang di semesta, menyinari semua dan menjadi suci

◎16.Tangan kiri menggam avidya:
Mengalahkan avidya para makhluk.

◎17.Tangan kanan memegang teratai bagao hendak memukul :
Dengan Dharma mematahkan nafsu, segera memusnahkan sifat jahat

◎18.Duduk bersila :
Dengan sikap postur vajrasana mengalahkan semua mara

◎19. Duduk di atas padma merah :
Menetap dalam samadhi vijayavasikarana Para Buddha yang tanpa noda

◎19. Ratnakalasa dengan dua pegangan di bawah padmasana ,memuntahkan ratnamanikam :
Ratnakalasa berarti kebajikan yang sempurna, dua pegangan bermakna Vajradhatu dan Garbhadatu adalah satu adanya, juga bermakna Prajna vijaya dari sang Adinata, merupakan Adinata yang mampu menyempurnakan lokiya dan lokuttara.
KUTIPAN SUTRA BAB RAGARAJA
Saat itu Vajrapani bersujud dihadapan Buddha dan berkata ” Baghavan, saat ini Aku hendak babarkan mengenai Ragaraja, berbagai siddhi keberhasilan dari Para Tathagata dan sadhana menggambar.
Santika (息災 xizai / Tolak bala ), Paustika (增益 zengyi / pemeberkahan) Vasikarana (敬愛 jingai / cinta kasih ) Abhicaruka (降伏 jiangfu / penaklukkan)”
Pada saat itu, Baghavan yang cahaya Nya menyinari seluruh semesta, memberitahukan pada Vajrapani, “Saya telah membabarkan segala yang pernah dipelajari oleh Para Tahagata, kini Kau demi memberi manfaat pada para pria dan wanita bajik di masa akhir Dharma hendak melakukan pembabaran. “
Saat itu Vajrapani memanjatkan gatha pujian :

於白月鬼宿  取淨白素[疊*毛]
Saat bulan putih Mengambil kuas bersih
畫愛染金剛  身色如日暉
Menggambar Ragaraja Warna tubuh bagai matahari terbit
住於熾盛輪  三目威怒視
Menetap di cakra berkobar Memandang dengan tiga mata angkara
首髻師子冠  利毛忿怒形
Mengenakan mahkota singa Rambut berdiri krodha
又安五鈷鉤  在於師子頂
Diatas mahkota singa ada vajra lima cabang
五色華髻垂  天帶覆於耳
Rambut pancawarna Mengenakan anting surgawi
左手持金鈴  右執五峯杵
Tangan kiri membawa bel vajra Tangan kanan membawa vajra
儀形如薩埵  安立眾生界
Postur bagai Vajrasattva berdiri di antara para makhluk
次左金剛弓  右執金剛箭
Tangan kiri membawa busur vajra tangan kanan panah vajra
如射眾星光  能成大染法
Bagai memanah bintang bintang merealisasikan Mahavasikarana
左下手持彼  右蓮如打勢
Tangan kiri membawa tali tangan kanan membawa padma seperti memukul
一切惡心眾  速滅無有疑
Para makhluk yang jahat tak diragukan lagi pasti segera sirna
以諸華鬘索  絞結以嚴身
Pita hiasan rambut saling bersilang dengan agung
作結跏趺坐  住於赤色蓮
sikap duduk vajrasana diatas padmasana merah
蓮下有寶瓶  兩畔吐諸寶
Dibawah padmasana terdapat ratnakalasa bergagang 2 memuntahkan ratnamanikam
造像安於西  行人面西對
gambarlah dan letakkan di barat sadhaka menghadap barat
結大羯磨印  及誦根本明
membentuk mudra mahakarman japakan mantra mula
兼示三昧耶  一字心密語
membangkitkan samaya mantra satu kata
能成能斷滅  一切惡心眾
dapat memotong hati yang jahat
又結金剛界  三十七羯磨
membentuk Vajradhatu 37 karman
及以本業明  速成百千事
dengan mantra Nya segera menykseskan berbagai karya
薩嚩訥瑟吒  及諸誐囉訶
Santika dan semua paustika
加忿怒降伏  一夜當終竟
ditambah krodha abhicaruka cukup satu malam
誦本根本明  結三昧耶印
japakan mantramula bentuk mudra samaya Nya
又令伽跢耶  取紅蓮花蘂
Ambil putik padma merah
一百八護摩  一宿即敬愛
108 homa segera vasikarana
又令彼攝伏  取白檀香刻
untuk menarik pahat dari cendana putih
金剛愛染王  五指為量等
Ragarajavajra ibu jari sebagai ukuran
長帶於身藏  一切有情類
selalu disertakan dengan tubuh para makhluk
及諸剎利王  攝伏如奴僕
para raja bisa ditaklukkan bagai budak
常結羯磨印  誦大根本明
senantiasa membentuk mudra karman menjapa mantra
增益一切福  堅固如金剛
menambah segala berkat kokoh bagai vajra
若七曜凌逼  命業胎等宿
(nama bintang dan waktu)
畫彼形那摩  置於師子口
gambarkan wujud Nya letakkan di mulut singa
念誦一千八  速滅不復生
japakan 1080x segera melenyapkan petaka
乃至釋梵尊  水火風焰魔
bahkan oh Baghavan yama air, api dan angin
頂行之惡類  夜走無邊方
segala makhluk jahat yang berjalan diangkasa akan lari tunggang langgang
一切惡種惹  淨行苾芻眾
segala kejahatan dan petaka akan disucikan
難調毒惡龍  那羅延自在
naga jahat beracun Narayana dan Mahesvara
護世四天王  速除令失命
Catur Maharajika tidak akan melukai
復說愛染王
oleh karena itu Ku babarkan Ragaraja

一字心明曰
Mantra ekaksara Nya :

hūṃ   ṭa ki   huṃ   jaḥ
吽([*]引)吒 枳  吽([*]引) 惹(入聲)
Hum Zha Zhi Hum Re

復說根本印  二手金剛縛
demikian mulamudra dua telapak saling rangkap vajra
忍願竪相合  進力如鉤形
jari ksanti berdiri dan bersilang bagai bentuk kusa
檀慧與禪智  竪合如五峯
jari dana prajna dan samadhi prajna bagai lima puncak
名羯磨印契  亦名三昧耶
dinamakan mudra karman dan samaya
若纔結一遍  及誦本真言
jika membentuk satu kali dan menjapa mantra
能滅無量罪  能生無量福
mengikis karma buruk tak terhingga melahirkan berkah tak terhingga
底迦等法  四事速圓滿
Santika dan lainnya empat karman segera sempurna
三世三界中  一切無能越
di triloka tiga masa tiada yang dapat melampauiNya
此名金剛王  頂中最勝名
dinamakan Vajraraja yang paling unggul nama Nya diantara yg teratas
金剛薩埵定  一切諸佛母
samadhi Vajrasattva Ibu para Buddha
復說扇底迦  五種印相應
Ku babarkan Santika beryukta dengan panca mudra


Tambahan:


INTISARI DHARMADESANA MAHAGURU 15 Maret 2009

HOMA RAGAVIDYARAJA
(Vihara Vajragarbha Rainbow)

Sembah sujud kepada Biksu Liaoming, Acarya Sakya Zhengkong, Karmapa ke-16, Acarya Tubten Dhargye. Sembah sujud pada Tri Ratna mandala, sembah sujud pada Adinata Homa Raga Vidyaraja, sembah sujud pada Para Adinata Merah kerabat Ragaraja. Gurudhara, para Acarya, para Biksu, Dharmacarya, Pandita Dharmaduta, Pandita Lokapalasraya, ketua vihara, para umat sekalian serta para umat yang menonton secara online di internet, salam manggala !
Hari ini kita melakukan ritual api homa Raga Vidyaraja, mudra Nya adalah menggenggam ke dalam, kemudian jari tengah berdiri bersilangan ; Makna dari jari tengah yang bersilangan adalah “Terdapat kekeruhan batin” ; Bila (jari tengahnya) di pisahkan maka menjadi mudra Ksitigarbha Bodhisattva yang bermakna “Tiada kekeruhan batin” ; Bila disatukan berarti adalah mudra Yamantakavajra ; Saling bersilangan bermakna terdapat kekeruhan batin, karena kebanyakan Ksitigarbha Bodhisattva adalah berwujud selibat, maka (mudra jari tengahnya) terpisah. Ragaraja bagaikan kobaran api, mudra Ragaraja jari tengahnya adalah bersilangan, saat mengundang kehadiran Ragaraja harus menggunakan “Zha Hum Ban Huo” , “Zha Hum Ban Huo”, “Zha Hum Ban Huo”….kemudian tangan membentuk mudra Ragaraja, saat jari tengah bersilangan harus di gesekkan, artinya adalah menggetarkan hati Vidyaraja, maka Beliau akan hadir. Homa Raga Vidyaraja kali ini, Beliau turun hadir dua kali (tepuk tangan hadirin), lebih spesial, makna dari dua kali kehadiran Nya adalah menambahkan Dharmabala, yaitu Dharmabala yang Anda sekalian mohonkan kepada Raga Vidyaraja supaya Beliau dapat memberkahi dengan cinta kasih, Dharmabala Vasikarana bertambah kuat, supaya semuanya saling mengasihi dan saling menghormati.
Dulu saya sudah mengajarkan banyak Sadhana Raga Vidyaraja, diantaranya adalah Sadhana bususr dan panah. Barusan saat homa, Anda sekalian juga melihat Saya melepaskan anak panah, anak panah ini bukannya benar benar dapat melukai orang, karena bagian depannya terdapat sekuntum bunga yaitu bunga Utpala, di ujung anak panah terdapat bungan Utpala, saat dilepaskan bervisualisasi bunga merah vasikarana memasuki hati pihak lain, supaya salam hatinya timbul rasa cinta, maka rasa cinta itu akan muncul. Ragaraja mempunyai banyak macam sadhana, tangan Nya memegang padma merah, di dalam padma merah ada batang demi batang putik, asalkan tiap melakukan sadhana homa, tiap kali homa memasukkan putik satu batang padma merah ke dalam tungku, maka pihak lawan akan timbul rasa kasih sayang , ini adalah salah satu bentuk vasikarana dan cara penaklukkan (abhicaruka). Maka, saat kita melakukan homa Raga Vidyaraja, mengharapkan supaya para insan memperoleh adhistana Raga Vidyaraja, semua memiliki hati yang saling menghormati dan mengasihi, yang paling kecil yaitu perorangan, yang besar bisa satu perkumpulan kebaktian, cetya, vihara bahkan rumah tangga, supaya semua orang memperoleh vasikarana yang sempurna. (tepuk tangan hadirin)
Meskipun rupa Raga Vidyaraja adalah garang, namun sebenarnya Beliau adalah adinata merah, mengeluarkan kekuatan wibawa yang besar, yaitu kekuatan wibawa besar dari vasikarana. Raga Vidyaraja berwarna merah yang bermakna vasikarana, merupakan golongan adinata merah. Amitabha Buddha juga berwarna merah, termasuk golongan adinata merah. Kurukulla Baghavati juga berwarna merah, juga termasuk adinata merah. Maka para Dewi yang memakai jubah merah, semua termasuk sebagai adinata merah. Raga Vidyaraja memiliki banyak kerabat, semuanya disebut sebagai adinata merah. Homa Ragaraja kita kali ini ada penyeberangan arwah, ada vasikarana, ada santika, juga ada abhicaruka, ada juga paustika, kemudian ada penyembuhan penyakit, Beliau mempunyai sadhana penyembuhan penyakit. Bila semua orang mengasihi Anda, maka dengan alamiah akan menambah manfaat bagi Anda ; Bila semuanya mengasihi Anda, maka dengan alamiah Anda akan memperoleh kebijaksanaan dari mereka semua. Maka manfaat dari menekuni sadhana Raga Vidyaraja adalah termasuk menambah berkah dan prajna, sama dengan manfaat menekuni sadhana Kurukulla Baghavati. Raga Vidyaraja tampil dalam rupa angkara murka berarti kemampuan Vasikarana Nya sangat kuat.